Ukuran lapangan Tenis Meja

Ukuran lapangan Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu olahraga yang cukup favorit di Indonesia, permainan ini menggunakan bola berukuran kecil yang dimainkan pada lapangan khusus berbentuk meja.

Tenis meja dapat dimainkan secara individu maupun ganda seperti cabang olahraga tenis atau bulu tangkis.

Untuk induk organisasi tenis meja dunia sendiri yaitu ITTF ( International Table Tennis Federation ).

Jadi adanya organisasi tersebut salah satunya untuk mengatur dan menentukan ukuran lapangan tenis meja sesuai standar internasional.

Di Indonesia sendiri ada juga induk organisasi cabang olahraga ini yang bernama PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).

Nah berikut ini olahraganesia akan membahas informasi mengenai ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar International.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Ukuran lapangan Tenis Meja

Lapangan tenis meja mempunyai standarnya sendiri, karena hal tersebut sudah diatur oleh ITTF (International Table Tennis Federation).

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai ukuran lapangan tenis meja, net tenis meja, bet tenis meja, bola tenis meja, warna lapangan tenis meja dan cara membuat lapangan tenis meja.

Ukuran Meja

Ukuran Meja

Berikut standar ukuran lapangan tenis meja:

  • Lebar Meja : 152,5 cm
  • Panjang Meja : 274 cm
  • Tinggi Meja : 76 cm
  • Luas : 4,1785 m2

Untuk bahan baku yang digunakan dalam membuat lapangan tenis meja yaitu menggunakan kayu atau multiplek, dan bisa juga menggunakan bahan yang sejenis.

Untuk menilai permukaan meja standar umumnya yaitu dengan memantulkan bola ping pong pada ketinggian 30 cm dan menghasilkan pantulan sekitar 23 cm dari permukaan meja.

Ukuran Net Tenis Meja

Ukuran Net Tenis Meja

Seperti permainan tenis, lapangan tenis meja pun menggunakan net dan posisinya ditengah lapangan, sehingga menjadikan dua area pemain yang mempunyai panjang atau luas yang sama persis.

Seperti halnya cabang olahraga lainnya, ukuran lapangan yang memiliki standarnya masing-masing, begitu juga net yang memiliki standarnya sendiri:

Berikut ukuran net tenis meja :

  • Panjang jaring : 1,83 meter
  • Lebar jaring : 15,25 cm
  • Tinggi Jaring dari permukaan lapangan: 15,25 cm
  • Jarak ujung jaring dengan tepi lapangan : 15,25 cm

Ada sedikit yang harus diperhatikan dalam pemasangan net, usahakan bagian ujungnya mendekati permukaan meja, hal tersebut bertujuan agar bola tersebut tidak melewati bawah net.

Ukuran Bola Tenis Meja

Ukuran Bola Tenis Meja

Berikut ukuran bola yang digunakan pada permainan tenis meja yang sesuai dengan standar nasional maupun standar internasional :

  • Diameter bola : 40 mm
  • Berat Bola : 2,7 g
  • Bola harus berbentuk bulat.
  • Bahan pembuatan bola terbuat dari seluloid atau semacam plastik.
  • Warna bola harus berwarna putih atau oranye.

Warna Lapangan Tenis Meja

Warna Lapangan Tenis Meja

Pada umumnya lapangan tenis meja warnanya menggunakan biru gelap atau warna hijau gelap, karena warna tersebut sudah ditentukan oleh Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF). dan permukaannya tidak boleh mengkilap.

Selain warna meja yang berwarna hijau dan biru, terdapat juga garis yang berwarna putih, berikut ukuran garis dan sebutannya:

  1. Garis putih dengan lebar 2 cm pada kedua ujung meja.
  2. Garis panjang yang disebut garis tepi panjang.
  3. Garis pendek disebut garis akhir.
  4. Garis putih selebar 2 mm (1/8 inci) pada tengah meja yang disebut garis tengah.

Ukuran Bet Tenis Meja

Ukuran Bet Tenis Meja

Peralatan yang tidak kalah penting yaitu bet yang digunakan untuk memukul bola, sebenarnya untuk ukuran dari bet tersebut tidak ada standar khusus, namun komponen pembuatannya memiliki ketentuan yang sesuai, berikut gambaran ukuran dan tebal bet:

  • Berat bet tenis meja kurang lebih : 150 gram
  • Daun bet datar dan dan 85% dari kayu
  • Tebal bet busa karet biasa adalah 2 mm
  • Tebal bet karet bintik maksimal 4 mm

Cara Membuat Lapangan Tenis Meja

Cara Membuat Lapangan Tenis Meja

Cara membuat lapangan tenis meja cukup mudah, hal terpenting yaitu harus paham mengenai ukuran lapangan tenis meja yang sudah dibahas diatas, namun sebelum tahap pembuatan lapangan tenis meja ada hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu yaitu bahan baku dalam pembuatannya.

Berikut bahan baku yang perlu dipersiapkan untuk membuat lapangan tenis meja :

  1. Siapkan dua lembar kayu lapis atau multiplek dengan ketebalan sekitar 15 mm, pilihlah permukaan yang datar bersih yang memiliki ukuran 1525 x 1525 mm.
  2. Siapkan balok kayu yang memiliki dimensi 50×50 mm dan juga papan 100×25 mm, siapkan paling tidak dengan panjang 10 meter.
  3. Siapkan hardware, sudut-sudut baja yang memiliki ukuran 30×30 mm, bantalan sudut baja, skrup kayu dan beberapa baut.
  4. Untuk melapisi permukaan lapangan siapkan cat-promer akrilik, enamel putih dan biru.

Pemotongan Material Sesuai Ukuran Lapangan Tenis

Sudah dijelaskan diatas untuk ukuran lapangan tenis meja mempunyai standar yang sudah ditentukan, sehingga untuk pemotongan bahan baku harus dilakukan secara sesuai, untuk lenih jelas berikut:

  • Untuk bagian meja lapangan memiliki panjang dan lebar masing-masing 1370 x 1525 mm, karena bahan bakunya memiliki dimensi 1525 x 1525 maka potong salah satu sisi pada masing-masing multiplek dengan lebar 155 mm.
  • Gunakan alat pemotong atau gergaji listrik agar bagian tepi-tepi multiplek tidak hancur atau kasar.
  • Potong papan dengan ukuran 100 x 25 mm yang kedepan akan digunakan sebagai penyangga permukaan lapangan.
  • Untuk pembuatan kaki meja, potong balok yang telah disiapkan sebelumnya dengan panjang 750 mm.

Perakitan Lapangan Tenis Meja

Satukan papan yang sudah dipotong pada permukaan lapangan dengan menggunakan plat baja yang sudah disiapkan sebelumnya.

Siapkan kaki-kaki meja yang sebelumnya sudah dipotong dan pasang pada plat baja menggunakan baut-baut.

Selanjutnya ke tahap finishing taitu perataan pada kaki-kaki meja, untuk tahap ini pastikan tinggi meja sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Untuk memperjelas batas-batas lapangan maka coba memberi warna meja tenis dengan permukaan yang berwarna gelap dan garis-garisnya berwarna terang.

Setelah lapangan atau meja sudah jadi, selanjutnya tahap pemasangan net, setelah net terpasang maka lapangan tenis sudah siap untuk dibuat bermain.

Akhir Kata

Demikian pembahasan artikel mengenai gambar lapangan tenis meja disertai ukuran dan cara membuatnya, semoga informasi ini dapat membantu tugas anda atau untuk sekedar menambah wawasan anda. Terimakasih. Semoga bermanfaat. Salam olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like