Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar FIFA

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepak bola – Sepak bola merupakan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Tidak perlu membutuhkan hal yang rumit untuk memainkan olahraga yang satu ini.

Hal itulah yang membuat olahraga ini sangat dicintai oleh semua orang. Tak hanya anak muda saja, orangtua dan anak-anak pun tak luput ikut mencintai olahraga yang berasal dari Tiongkok ini.

Lapangan Sepak bola merupakan aspek penting dalam permainan Sepak bola. Tanpa adanya lapangan, maka pertandingan Sepak bola pun tidak akan terjadi.

Pada artikel kali ini, olahraganesia akan membahas mengenai salah satu media yang harus ada dalam permainan Sepak bola. Ya kali ini kami akan membahas tentang ukuran lapangan Sepak bola.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

Sepak bola Nasional Indonesia, mempunyai standar lapangan Sepak bola sendiri, dimana setiap pertandingan yang akan melangsungkan pertandingan resmi PSSI harus memenuhi standar tersebut.

PSSI selalu meng-upgrade standar lapangan Sepak bola yang layak untuk menjalani pertandingan nasional, namun PSSI belum pernah men-upgrade ukuran lapangan Sepak bola yang harus dipenuhi oleh stadion apabila ingin melangsungkan pertandingan Sepak bola.

Tentunya standar ukuran lapangan Sepak bola yang ditentukan oleh PSSI tetap menjadikan FIFA sebagai rujukannya.

Berikut ini standar ukuran lapangan Sepak bola nasional yang telah ditentukan oleh PSSI.

  • Panjang 90-120 meter
  • Lebar 45-90 meter
  • Lingkaran tengah radius 9,15 m
  • Kotak kiper 18. 30 m x 5,5 m
  • Kotak pinalti 40,3 m x 16,5 m
Baca Juga: Apa Itu VAR

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standard Internasional

Walaupun dalam memainkan Sepak bola sangatlah mudah dan hanya membutuhkan lapangan luas, namun dalam pertandingan resmi ukuran lapangan mempunyai standarnya sendiri.

Hanya lapangan yang memenuhi standar internasional sajalah yang boleh digunakan dalam pertandingan internasional.

Terkadang lapangan yang sudah memenuhi standar nasional akan tetapi tidak memenuhi standar internasional. Maka jenis lapangan seperti inilah tidak boleh digunakan untuk pertandingan internasional, dan hanya digunakan untuk Liga lokal saja.

FIFA sebagai induk organisasi Sepak bola dunia telah memberi standar bagi lapangan Sepak bola yang akan menggelar pertandingan internasional.

Berikut ini standar ukuran lapangan Sepak bola menurut FIFA.

  • Panjang 100-110 meter
  • Lebar 64-75 meter
  • Lingkaran tengah radius 9,15 meter
  • Kotak pinalti 40 m x 16,5 meter

Berikut ini simak video Sejarah Revolusi Lapangan Sepak Bola

Komponen yang Harus Ada dalam Lapangan Sepak bola

Komponen yang Harus Ada Dalam Lapangan Sepak bola

Apabila kita melihat sebuah pertandingan Sepak bola, dalam lapangan Sepak bola kita akan melihat beberapa garis putih yang berbentuk memanjang atau lingkaran.

Nah itu merupakan batas-batas yang dibuat, batas-batas tersebutlah yang membuat Sepak bola semakin menarik.

Ternyata garis dan batas tersebut juga sudah ditentukan ukuran-ukurannya oleh FIFA. Standar tersebut juga yang menunjang beberapa peraturan-peraturan dalam Sepak bola.

Berikut ini beberapa komponen yang harus ada dalam pertandingan Sepak bola, tanpa adanya salah satu komponen ini maka pertandingan di lapangan tersebut belum bisa dilaksanakan sampai lapangan tersebut melengkapi komponen standar yang ditentukan FIFA berikut ini.

Gawang

Gawang sebagai tempat terjadinya gol merupakan target yang harus dicapai oleh sebuah tim. Tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan akan menjadi pemenang dalam sebuah pertandingan.

Ternyata hal ini juga menjadi perhatian bagi FIFA. Organisasi tersebut juga membuat standar yang harus dipenuhi oleh sebuah lapangan Sepak bola.

Sebuah lapangan sepakbola harus memiliki gawang dengan tinggi 2,4 meter dan lebar 7,3 meter.

Selain itu, area gawang pun sudah ditentukan panjang dan lebar standar yang harus dipenuhi, yaitu untuk panjang area gawang 18,32 meter serta lebar area gawang 5,5 meter disetiap kanan dan kiri gawang.

Kotak Penalti

Kotak penalti juga merupakan area danger dimana setiap pemain bertahan harus hati-hati dalam melakukan pelanggaran atau yang lainnya. Apabila hal tersebut terjadi maka tim tersebut akan di beri hukuman sebuah tendangan penalti.

Nah jarak titik penalti ini pun juga memiliki standar FIFA, yaitu 11 meter dari garis gawang. Jadi pemain yang akan menendang penalti harus meletakkan bola di titik tersebut.

Sedangkan untuk panjang area kotak penalti harus memenuhi standar yaitu 40 meter serta lebar area penalti 16,5 meter.

Lingkaran Tengah

Apabila kamu sering melihat garis yang berbentuk lingkaran yang berada di tengah-tengah lapangan Sepak bola, itulah yang disebut sebagai lingkaran tengah.

Lingkaran tengah dalam Sepak bola juga tidak boleh asal dibuat. Walaupun hanya sebuah lingkaran, tetap saja ini tidak lupu dalam pemenuhan standar ukuran lapangan Sepak bola.

Ukuran lingkaran tengah yang harus dipenuhi ialah sekitar 9,5 meter. Ukuran inilah yang akan menjadi patokan dalam peraturan kick off nantinya. Dimana pemain lawan yang tidak melakukan kick off harus berada di luar lingkaran tengah ini.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

Yang sudah kita ketahui saat ini, banyak anak-anak yang sangat menggemari olahraga satu ini. Dan tidak mungkin bahwa anak-anak tersebut melakukan pertandingan Sepak bola di lapangan yang merupakan standar orang dewasa.

Selain tendangan mereka yang belum kuat, fisik mereka juga belum kuat untuk berlari di lapangan yang berukuran 120 Meter dengan lebar 90 meter tersebut.

Maka dari itu FIFA memberikan sendiri standar lapangan yang diperuntukkan bagi anak-anak dalam bermain Sepak bola. Sepak bola mini ini harus mempunyai panjang sekitar 60 meter dengan lebar 40 meter.

Sedangkan tinggi gawang Sepak bola mini juga berbeda dengan Sepak bola orang dewasa. Tinggi gawang Sepak bola mini ialah 2 meter dengan lebar 5 meter.

Jarak tendangan penalti mempunyai jarak 9 meter dan daerahnya memiliki panjang 12 meter dengan lebar 13 meter.

Dengan ukuran yang lebih kecil tersebut dirasa cukup apabila diperuntukkan untuk anak-anak. Tendangan dan fisiknya akan kuat dalam menopang permainannya dalam pertandingan Sepak bola.

Akhir Kata

Tentunya FIFA dan PSSI tidak semerta-merta dalam menentukan ukuran lapangan Sepak bola tersebut. Sudah pastinya banyak pertimbangan yang dilakukan oleh pihak terkait sebelum memutuskan standar tersebut.

Namun apabila kamu ingin bermain Sepak bola tapi tidak ingin ribet dengan standar-standar tersebut kamu tidak perlu khawatir. Bagi pertandingan non resmi tidak diwajibkan untuk memenuhi standar-standar tersebut. Dalam arti lain, standar-standar diatas merupakan standar yang diperuntukkan guna pertandingan resmi saja.

Demikian artikel ini dibuat, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu berkaitan dengan olahraga khususnya Sepak bola. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like