Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal – Futsal merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh para kaum milenial. Bagaimana tidak, cara bermainnya yang mudah dan lapangan yang digunakan juga tidak seluas lapangan Sepak bola, maka dari itu futsal menjadi tren olahraga masa kini.

Futsal merupakan pengaplikasian kecil dari Sepak bola. Pemain futsal yang berada di dalam lapangan juga hanya boleh 5 orang dalam satu tim. Sedangakn untuk cadangan biasanya satu tim memiliki 6 sampai 7 cadangan.

Berikut ini olahraganesia akan menjelaskan ukuran lapangan futsal dan beberapa komponen yang ada di dalamnya.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Indonesia merupakan negara dengan penghasil pemain futsal terbaik di Asia Tenggara. Bahkan di tingkat Asia, Indonesia memiliki rangking ke 10. Itu semua membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sangat menyukai olahraga yang satu ini.

Untuk ukuran lapangannya, Indonesia mempunyai standarnya sendiri. Standar Nasional lapangan futsal Indonesia ialah 15 sampai 25 meter untuk lebarnya, sedangkan panjangnya ialah 25 sampai 42 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Selain standar Nasional, lapangan futsal juga mempunyai standar Internasional yang dimana setiap lapangan harus mempunyai standar tersebut untuk melangsungkan pertandingan internasional seperti Piala Dunia futsal atau Piala Asia Futsal.

Induk Organisasi Futsal dunia juga berbeda dengan induk organisasi Sepak bola. Induk organisasi futsal ialah Asociacion Mundial de Futsal (AMF) yang didirikan pada Desember 2002.

Menurut AMF, standar lapangan futsal ialah 19 meter sampai 25 meter untuk lebarnya dan untuk panjangnya sekitar 38 meter sampai 42 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Mini

Ukuran Lapangan Futsal Mini

Bukan hanya para remaja yang menyukai olahraga ini, anak-anak juga sangat menyukai futsal. Terbukti sudah banyak akademi futsal yang sengaja dibentuk untuk membina anak-anak untuk menjadi pemain futsal profesional.

Tidak hanya itu, lapangan futsal bagi anak-anak juga berbeda dengan lapangan futsal orang dewasa. Untuk panjang lapangan futsal mini diantara 25 meter sampai 42 meter, sedangkan lebarnya ialah 15 sampai 22 meter.

Ukuran Area Penalti

Ukuran Area Penalti

Sama seperti Sepak bola, lapangan futsal juga mempunyai area penaltinya yang merupakan daerah milik kiper.

Berbeda dengan lapangan Sepak bola yang pada area penaltinya terdapat kotak didalam kotak penalti. Dalam lapangan futsal area penalti berbentuk setengah lingkaran saja tanpa ada setengan lingkaran lagi di dalamnya.

Untuk ukurannya sendiri area penalti pada lapangan futsal juga mempunyai standarnya tersendiri menurut AMF. Berikut ini beberapa ketentuannya.

  • Berjarak 6 meter yang diukur dari masing-masing kanan dan kiri gawang.
  • Ujung garis dari area penalti harus menempel pada garis gawang.
  • Dan yang ujung garis lainnya dihubungkan dengan garis lurus yang sejajar dengan garis gawang yang memiliki panjang 3,16 meter.

Ukuran Gawang Futsal

Ukuran Gawang Futsal

Setiap detail yang ada dalam lapangan futsal telah memiliki ukurannya masing-masing yang tentunya standar dari AMF.

Termasuk juga di dalamnya gawang yang menjadi target bagi pemain untuk mencetak gol. Gawang yang merupakan salah satu komponen penting dalam futsal mempunyai standar tersendiri yang sudah di atur AMF.

Standar ukuran tersebut ialah :

  • Panjang gawang : 3 meter
  • Lebar gawang : 1 meter
  • Tinggi gawang : 2 meter

Tanda Dalam Lapangan Futsal

Tanda Dalam Lapangan Futsal

Hampir sama dengan lapangan pada umumnya, lapangan futsal juga mempunyai tanda sebagai batas dari bidang permainannya.

  1. Yang berbeda biasanya hanyalah terletak pada ukuran pada setiap lapangannya. Dan garis yang berukuran lebih panjang yang berada di samping disebut sebagai touch line, sedangkan garis yang lebih pendek dan berada di sekitar gawang disebut sebagai garis gawang atau goal line.
  2. Dan juga garis yang dijadikan sebagai tanda tersebut mempunyai standarnya tersendiri. Garis yang menjadi tanda pada lapangan futsal harus mempunyai lebar sepanjang 8 cm.
  3. Lapangan futsal juga dibagi menjadi dua bidang permainan yang dipisahkan dengan garis yang disebut garis tengah.
  4. Sama seperti lapangan Sepak bola, pada titik tengah lapangan juga akan diberikan sebuah titik sebagai tanda yang menandakan pertengahan dari lapangan tersebut. Selain itu ada juga lingkaran yang mempunyai jari-jari 3 meter.

Hal yang Harus Ada Dalam Lapangan Futsal

Hal yang Harus Ada Dalam Lapangan Futsal

Beberapa hal harus dipenuhi lapangan futsal sebagai standar menjalani pertandingan futsal baik yang bersifat resmi maupun tidak resmi.

Beberapa perbedaan juga terlihat antara lapangan futsal dan lapangan Sepak bola. Berikut ini beberapa hal yang harus ada dalam lapangan futsal.

  • Titik Penalti Pertama

Titik penalti yang ada pada lapangan futsal berjarak lebih dekat dibandingkan dengan lapangan Sepak bola. Jaraknya ialah 6 meter dari gawang, dan posisinya harus tepat sejajar dengan tengah dari gawang tersebut.

  • Titik Penalti Kedua

Ada sedikit perbedaan, dimana pada lapangan futsal titik penalti yang digunakan ada dua. Dan titik penalti yang kedua ini berjarang 10 meter dari gawang. Titik penalti kedua ini digunakan apabila salah satu tim melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali dalam satu babak.

  • Daerah Tendangan Sudut

Dalam pertandingan futsal juga ada istilah tendangan sudut. Maka dari itu, pada lapangan futsal diberikan tempat untuk mengambil tendangan sudut tersebut. Bentuk dari daerah tendangan sudut ini ialah seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm.

  • Daerah Bebas

Pada artikel ukuran lapangan futsal mungkin daerah bebas merupakan hal yang jarang di dengar apalagi bagi orang yang kurang paham dengan futsal.

Daerah bebas pada lapangan futsal ialah daerah yang harus bebas pandangan ke lapangan atau tidak boleh apapun yang menghalangi daerah ini. Hal itu dilakukan karena untuk memberikan pandangan yang jelas kepada wasit ketiga.

Pada lapangan futsal, letak daerah bebas ini ialah lima meter di sekeliling garis tengah lapangan.

  • Daerah Pergantian Pemain

Dalam permainan futsal satu tim boleh melakukan pergantian pemain sepuasnya tanpa ada batas pergantian pemain. Hanya saja pergantian tersebut harus berada pada daerah yang sudah ditentukan.

Lebar garis tersebut ialah 8 cm dan panjangnya ialah 80 cm, yang masing-masing 40 cm di dalam dan luar lapangan.

Jenis Permukaan Lapangan Futsal

Bagi yang suka bermain futsal tentu sudah bukan hal yang baru apabila melihat lapangan futsal yang memiliki permukaan berbeda.

Pada artikel ukuran lapangan futsal ini olahraganesia akan menyajikan beberapa jenis permukaan lapangan futsal yang ada di dunia.

Vinyl

Vinyl

Jenis lapangan ini merupakan permukaan yang menyerupai karet. Jadi akan sangat aman bagi pemain yang suka dengan penyelamatan heroik atau bagi pemain yang sering melakukan diving.

Kelebihan dari jenis permukaan Vinyl ialah alur bola akan terarah karena lapangan dengan jenis ini akan rata. Permukaannya yang empuk juga menjadi kelebihan dari permukaan ini.

Sedangkan kekurangan dari jenis permukaan ini ialah apabila lapangan sudah terlalu sering digunakan, permukaan tersebut akan lepas dan membuat lapangan tidak rata lagi.

Parquette

Parquette

Jenis permukaan yang satu ini jarang digunakan di Indonesia, akan tetapi sangat populer di Amerika Eropa. Bahan yang berasal dari kayu membuat lapangan dengan jenis ini jarang ditemukan.

Kelebihan dari permukaan ini ialah tidak licin dan laju bolapun akan lancar karena kerataannya.

Sedangkan kekurangannya ialah lapangan dengan jenis permukaan ini harus sering dirawat karena bahannya yang berasal dari kayu.

Taraflex

Taraflex

Taraflex merupakan jenis permukaan lapangan futsal yang terbuat dari bahan polyethylen. Lapangan futsal dengan bahan ini akan mempunyai keawetan yang sangat baik.

Kelebihan dari jenis permukaan ini ialah tidak licin dan tingkat kerataannya maksimal. Sedangkan kelemahan dari jenis permukaan ini ialah mudah terlepas dari bagian lainnya.

Karpet Plastik

Karpet Plastik

Walaupun menggunakan bahan yang sama dengan tarfalex, lapangan futsal dengan jenis ini jelas berbeda. Dimana jenis permukaan ini akan lebih ekonomis karena terdiri dari banyak lembaran sehingga mudah di bongkar pasang dan juga mudah di pindahkan.

Kelebihan dari jenis permukaan ini ialah tidak licin dan relatif kesat. Sedangkan kelemahannya ialah ada bagian yang tidak rata karena banyak tumpukan lembaran tersebut.

Rumput Sintetis

Rumput Sintetis

Ini merupakan jenis permukaan yang sering kita jumpai pada lapangan-lapangan futsal yang tersebar di kota-kota.

Lapangan jenis ini mempunyai kelebihan diantaranya ialah lapangan menjadi lembut dan empuk. Selain itu bola juga akan mudah dikuasai karena aliran bola tersebut tidak akan terlalu cepat.

Sedangkan kelemahannya ialah bagi pemain yang sering terjatuh akan menyebabkan luka kulit dan juga lapangan dengan jenis ini termasuk ke dalam indoor soccer bukan futsal.

Semen

Semen

Ini juga merupakan jenis permukaan yang sering kita temui pada lapangan futsal. Lapangan ini sangat mudah dibuat pada tempat manapun.

Kelebihan dari jenis permukaan ini ialah bahan mudah ditemukan sehingga lapangan dengan jenis ini tidak terlalu sulit dalam membuatnya.

Sedangkan kelemahannya ialah apabila ada lapangan yang bolong akan mengganggu jalannya bola dan sangat berbahaya bagi pemain.

Ketetapan Dalam Futsal

Ketetapan Dalam Futsal

Beberapa ketetapan-ketetapan dalam futsal sudah menjadi ketentuan yang tidak bisa dilanggar oleh pemain manapun. Berikut ini beberapa ketetapan yang ada dalam futsal.

  1. Apabila haris gawang berada diantara 15 sampai 16 meter, maka radius seperempat lingkaran cukup diukur sebesar 4 meter. Dalam hal ini titik penalti tidak lagi berada pada garis daerah penalti. Akan tetapi berada pada 6 meter dari kedua tiang gawang.
  2. Garis dapat digambarkan pada luar lapangan, dengan jarak 5 meter dari sudut lapangan dan ini digunakan agar dapat diamati apabila tendangan sudut dilakukan.
  3. Ada juga dua garis sebagai tambahan yang masing-masing berjarak 5 meter pada kanan dan kiri titik penalti kedua. Hal ini ditujukan untuk memberikan jarak pengamatan apabila tendangan beba dilakukan pada titik penalti kedua.
  4. Tempat duduk pemain cadangan terletak pada belakang garis pembatas lapangan. Atau tepatnya berada disebelah daerah bebas.

Standar Fasilitas Lapangan Futsal

Standar Fasilitas Lapangan Futsal

Tentunya selain ukuran lapangan futsal, fasilitas pada lapangan futsal juga dijadikan penunjang berlangsungnya pertandingan futsal.

Beberapa fasilitas berikut ini harus ada pada lapangan futsal yang layak untuk melangsungkan pertandingan futsal secara resmi.

  1. Tribun
  2. Tempat parkir
  3. Toilet
  4. Ruang ganti
  5. Loker pemain
  6. Kantin
  7. Mushola
  8. Papan skor

Akhir Kata

Ukuran lapangan futsal yang sudah kami jelaskan merupakan ukuran lapangan futsal yang menjadi standar beberapa organisasi terkait. Mungkin saja beberapa waktu kedepan ketentuan-ketentuan tersebut bisa saja berubah sesuai dengan organisasi terkait yang memutuskan.

Demikian artikel mengenai ukuran lapangan futsal dan beberapa hal terkait ini kami jelaskan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita berkaitan dengan futsal. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Peraturan Umum dalam Futsal
Read More

Peraturan Futsal

Futsal merupakan olahraga yang sangat diminati oleh para remaja di Indonesia, apalagi pada saat sepakbola Indonesia di sanksi…