Tugas Wasit Sepak Bola

Tugas Wasit Sepak Bola- Dalam pertandingan sepak bola wasit merupakan peran yang begitu penting dalam melancarkan sebauh pertandingan sepak bola.

Wasitlah yang menjadi pengatur untuk  dimulai dan berakhirnya pertandingan sepak bola. Wasit mempunyai hak penuh selama pertandingan berlangsung.

Federasi Internasiaonal Sepak Bola alias FIFA ternyat memberikan perlindungan penuh kepada wasit.

FIFA menyadari bahwa terselenggaranya sebuah pertandingan resmi sepak bola tak akan sukses dan teratur tanpa adanya wasit, maka dari itu kita harus mengerti dan paham betul dari tugas wasit itu sendiri.

Berikut ini olehraganesia akan memberikan informasi mengenai macam-macam tugas dari wasit, hakim garis, wasit cadangan beserta perlengkapan yang digunakan oleh wasit ketika bertugas memimpin pertandingan.

Definisi Seorang Wasit

Definisi Seorang Wasit

Dalam sejarah permainan sepak bola, wasit mempunyai peran yang begitu penting dalam pertandingan, itu sebabnya wasit Federasi Internasional ketika pertandingan dapat perlindungan khusus dari FIFA.

Pertandingan yang sifatnya resmi tidak dapat berlangsung tanpa kehadiran dari wasit, nah dari itu wasit dari sepak bola sangatlah penting dan begitu menentukan dalam pertandingan.

Tugas Wasit Utama Sepak Bola

Tugas Wasit Utama Sepak Bola
Tugas Wasit Sepak Bola

Seorang wasit utama ketika pertandingan sepak bola tugasnya adalah memipin jalannya pertandingan. Bukan hanya hakim garis, wasit utama juga wajib bekerja sama dengan baik selama berjalannya pertandingan. Tugas dan wewenang dari wasit utama diberikan ketika pertandingan sudah dimulai.

Untuk Anda yang katanya penggemar sepak bola harus paham betul tugas dari wasit utama. Jangan salah paham antara tugas wasit utama dan hakim garis, berikut ini macam-macam dari tugas wasit utama.

Macam Macam Tugas dari Wasit

Macam Macam Tugas Wasit
Tugas Wasit Sepak Bola

Menentukan Kelayakan Bola

Menantukan kelayakan bola termasuk bagian dari tugas wasit, wasit mempunyai wewenang dalam menentukan bolanya apakah layak untuk dipakai dalam pertandingan tersebut.

Wasit biasanya akan memeriksa bolanya sebelum pertandingan dimulai, apakah sudah memenuhi syaratt atau tidak untuk digunakan dalam pertandiunagan.

Jadi wasitlah yang menentukan bola bisa digunakan atau tidak.

Menentukan Kelayakan Lapangan

Tidak hanya menentukan bola, wasit juga menentukan apakah lapangan yang sedang digunakan nanti layak dan memenuhi syarat untuk digunakan dalam pertandingan nanti.

Terkadang kelayakan lapangan ditentukan dari rumput dan alarin bola yang sedang bergulir, pemeriksaan tersebut biasanya dilakukan ketika dalam kondisi hujan.

Memberi Isyarat supaya Pertandingan Dimulai

Berjalan dan dimulainya pertandingan itu merupakan tugas utama dari seorang wasit dengan memberikan isyarat, yaitu dengan meniup peluit yang sedang dibawanya.

Memberikan isyarat tidak hanya dalam memulai pertandingan saja, memeberikan isyarat melanjutkan pertandingan yang sempat terhenti juga hal yang harus dilakukan oleh seorang wasit, sebab terhentinya pertandingan disebabkan adanya beberapa faktor, entah itu pelanggaran, offside, atau bisa juga terjadinya kerusuhan dari supporter.

Menjaga dan Menjalankan Aturan Permainan

Wasit ada bukan tanpa alasan, karena pada dasarnya wasitlah yang selalu menjaga dan menjalankan aturan permainan. Menjaga agar setiap pemain mengikuti peraturan dengan benar, tujuannya agar pertandingan berjalan dengan aman, terkendali, lancar, dan adil bagi kedua tim.

Berhak Memberikan Peringatan Kepada Pemain Jika Bersalah

Di pertandingan sepak bola anda pasti melihat sorang wasit memberikan peringatan kepada pemain dalam pertandingan.

Tentunya dalam memberikan peringatan kepada pemain wasit tidak asal-asalan. Wasit selalu punya alasan dalam memberikan peringatan kepada pemain.

Peringatannya pun banyak caranya dengan memanggil pemain lalu ditegur secara langsung, atau bisa memberikan peringatan dengan memberi pemain kartu kuning agar tidak mengulangi kesalahannya lagi, dan yang terakhir dengan memberikan kartu merah karna melakukan kesalahan yang sama.

Menentukan Gol

Dalam melihat pertandingan sepak bola tentunya sebagai seorang penonton, pastinya Anda pernah merasakan keraguan ketika bola yang ditendang sebeneranya sudah melewati garis gawang atau belum.

Mungki bertanya-tanya Gol atau tidak ya? Atau melihat bola yang membentur tiang dan memantul, da kondisinya tidak jelas apakah sudah melwati garis atau belum ya?

Nah itulah yang tugas wasit untuk menetukan apkaha bola tersebut memang dianggap sudah masuk atau tidak.Jadi gol tidaknya bola, wasitlah yang memiliki hak sepenuh dalam menentukannya.

Memutuskan Perselisihan atau Gangguan

Inilah yang membuat sepak bola semakin menarik, walupun sudah secara jelas bahwa peraturan sepakk bola sepeti apa, teteap saja ada sebagia pemain yang menjadi penggangu.

Rntah bagaimana jika pertandinagan tanpa adanya wasit, bisa dibayangkan banyaknya perselisihan dan pelanggaran dapat berlanjut dan bisa mengacaukan pertandingan.

Bisa jadi masalah dan kerugian bagi setiap tim jika wasit tidak bertindak dengan cepat dan adil.

Oleh karena itu, wasit akan menyelesaikan setiap perselisihan atau gangguan yang terjadi antara tim masing-masing agar tidak menjadi serius dan serius.

Menyelesaikan Pertandingan

Seorang wasit diberikan kekuasaan penuh dan bahkan tidak terbatas untuk menentukan keputusan-keputusan dalam pertandingan. Wasit punya hak penuh untuk menghentikan sebuah pertandingan apabila memang adanya kerusuhan yang sedang terjadi.

Mencatat Seluruh Kejadian Selama Pertandingan

Selama permainan berlangsung, wasit juga, bertugas untuk mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam permainan.

Seluruh kejadian selama pertandingan wasit harus mencatatnya, karena wasit adalah seorang pemimpin pertandingan sepak bola. Membuat catatan adalah adalah salah satu tanggung jawab utamanya sehingga perlu mengawasi secara ketat.

Tugas Seorang Hakim Garis

Tugas Seorang Hakim Garis

Pernakah kalian memperhatikan tugas dari asisten wasit (hakim garis) dalam pertandingan sepak bola? Mirim seperti asisten rumah tangga, dalam pertandingan sepak bola, kehadiran hakim garis merupakan hal yang penting seperti halnya wasit utama.

Aasisten wasit ini terdiri dari dua orang untuk tugasnya untuk membantu wasit utama dalam memimpin pertandingan.

Hakim Garis atau asisten wasit ketika pertandingan selalu membawa alat berupa bendera kecil, tugasnya untuk membantu wasit utama dalam menegakkan Laws of The Game.

Berikut adalah Tugas-Tugas seorang Hakim Garis dalam memimpin Pertandingan Sepak Bola :

  • Pada mumnya tugas dari hakim garis dalam pertandingan sepak bola adalah mengamati bola yang meninggalkan garis lapangan pertandingan.
  • Memberikan Isyarat kepada Wasit saat terjadi offside.
  • Bertugas membantu wasit utama dalam memutuskan sebuah pelanggaran yang telah diamati secara objektif.
  • Membantu tugas wasit dalam berpegang teguh pada Peraturan-peraturan yang berlaku.

Tugas Wasit Cadangan

Tugas Wasit Cadangan
Tugas Wasit Sepak Bola

Tugas wasit cadangan perannya jrang sekali diperhatikan. Karena wasit cadangan adalah salah satu pelengkap dalam pertandingan sepak bola. Wasit cadangan posisinya biasanya berada pada luar lapangan pertandingan.

meski tugas wasit utama jarang sekali diperhatikan, namun tugas mereka pun begittu penting dalam pertandingan sepak bola.

Berikut adalah tugas dari Wasit cadangan dalam memimpin Pertandingan Sepak Bola :

  1. Kelola Penggantian Pemain.
  2. Mengatur Official dalam pemain Pengganti.
  3. Menggantikan Wasit atau Hakim Garis apabila ada yang berhalangan.
  4. Memberi Isyarat pada Wasit jika pertandingan sudah Selesai.
  5. Menerima Isyarat dari wasit tentang penghentian pertandingan.
  6. Memberikan pendapatknya bila di minta oleh wasit utama.

Posisi Wasit Sepak Bola yang Tepat

Posisi Wasit Sepak Bola yang Tepat
Tugas Wasit Sepak Bola

Rasanya sangat penting untuk mengetahui posisi dari seorang wasit dalam pertandingan sepak bola. Selain harus paham akan tugas dari wasit, seharusnya sebagai seorang yang suka sepak bola anda harus megetahui juga posisi mereka.

Berikut ini simak posisi wasit dalam lapangan:

Posisi saat Permulaan Pertandingan

Ketika dalam memulai pertandingan, wasit posisinya dalam lingkaran atau tengah-tengah dari kedua tim. Wasit utama biasanya akan bergerak ikut dengan garis diagonal A-B menyesuaikan dengan arah serangan.

Posisi saat Tendangan Sudut

Ketika bola berada dipojok sebelum pemain melakukan tendangan sudut, pada umumnya posisi wasit berada pada titik potong antar garis gawang dan garis tendangan penalti.

Dari posisi tersebutlah wasit akan lebih mudah mengawasi pelanggaran yang biasa terjadi di area kotak penalti. Bahkan diposisi itu wasit bisa melihat kejanggalan pelanggaran oleh pemain yang biasanya nakal dalam pertandingan.

Posisi saat Tendangan Gawang

Wasit akan berada di tengah lapangan, lebih tepatnya di titik tengah diagonal. Sementara itu, hakim garis bertanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan pengambilan tendangan gawang dengan mengambil posisi sejajar dengan garis kaki area penalti.

Ada pula hakim garis kedua yang bersiap dengan posisi sebaris dengan pemain penahan kedua terakhir.

Posisi saat Tendangan Penalti

Pada saat tendangan penalti, posisi pemain sepak bola kedua tim, kecuali pemain yang akan menendang bola dan kiper lawan posisinya berada diluar kotak penalti.

Sementara itu, posisi wasit berada sejajar dengan bola, namun yang paling penting adalah dapat melihat dengan cermat, agar saat pemain menendang bola pemain lainnya tidak masuk kedalam kotak penalti.

Pergerakan Wasit di Lapangan

Pergerakan Wasit di Lapangan

Pada periode 1980-an mulai diperkenalkan sistem sepak bola dengan wasit yang terkordinasi. Sejak saat itu mulai adanya perkembangan beberapa sistem kontrol di lapangan, termasuk cara kerja antara wasit dan asistennya di pinggir lapangan.

Sistem Jalur Zig Zag

Dalam pertandingan amatir/junior yang tidak menggunakan asisten wasit atau pada lapangan kecil sistem ini biasanya akan dipakai. Karena pergerakan zigzag akan mengakibatkan terkurasnya energi.

Wasit harus berlari dari satu sisi ke sisi lainnya, dan terus mengikuti permainan yang berpindah dari area tim A ke tin B secara berulang. Dan juga sesekali bergerak secara dinamis saat terjadinya hal-hal tertentu seperti tendangan bebas/tendangan pojok.

Sistem Linear

Sistem ini mirip dengan cara yang dilakukan oleh wasit pada permainan futsal. Wasit hanya bergerak hanya satu sisi lapangan dengan asistennya yang berada di sisi lainnya.

Sistem ini pernah dipakai di negara Rsuia dan negar dari pecahan Uni Soviet lainnya.

Sebenarnay sistem ini dianggap mengganggu pergerakan pemain yang posisinya berada di sayap.

Sistem Diagonal

Sistem ini paling ideal dalam sepak bola modern, serta menjadi standar bagi pergerakan wasit. Sang wasit utama akan bergerak secara diagonal menjauh dari posisi kedua asistennya.

Maka dalam satu kejadian mak akan terjadi sudut pandang yang berbed, yaitu pandangan wasit utama dan asisten wasit.

Selain itu wasit tidak perlu lagi bergerak terlalu jauh karena adanya asisten wasit untuk membantu, seperti mengatur pagar betis/penempatan saat tendangan bebas.

Peralatan Seorang Wasit Sepak Bola

Peralatan Seorang Wasit Sepak Bola
Tugas Wasit Sepak Bola
Peluit
Alat utama dari seorang wasit dalam mengatur pertandingan adalah peluit. Dengan peluit, wasit dapat memberika instruksi untuk pemain dan tentunya berbagai hal ketika dala lapangan seperti diantaranya, memulai laga, menghentikan laga, terdapat pelanggaran, protes keras dari offisial pelatih tim, cuaca yang tak mendukung, dan lain sebagainya.
Jam Tangan
Wasit harus memakai jam tangan atau stopwatch. Alat ini berfungsi untuk mengatur panjang pertandingan atau durasi pertandingan.

Menurut ketentuan, pertandingan berjalan dalam dua babak dan setiap babak berlangsung 45 menit.

Umumnya, wasit menggunakan dua jam ditempatkan di tangan mereka. Satu jam tangan terus berjalan (nonstop) selama satu pertandingan penuh dan satunya lagi ketika laga berhenti karena pelanggaran dan juga berguna untuk menghintung injury.

Kartu & Buku
Selain itu, alat ini tidak kalah penting adalah kartu dan sebuah buku kecil. Kartu sendiri terdiri dari dua, yaitu, kuning dan merah.

Kartu kuning untuk menghukum pemain yang membuat pelanggaran ringan dan kartu merah untuk pelanggaran serius yang bisa berbahaya.

Sementara buku kecil, penggunaan-nya untuk mencatat segala sesuatu yang terjadi di dalam lapangan, seperti pemain yang mencetak gol, melakukan pelanggaran, pergantian pemain dan lain sebagainya.

Alat Komunikasi
Di era modern, wasit juga menggunakan beberapa alat komunikasi untuk mendukung pekerjaan mereka di lapangan, seperti headset, mikrofon, dan sebagainya.

Peralatan Asisten Wasit

Peralatan Asisten Wasit

Bendera Kecil
Berbeda dengan wasit utama, asisten wasit membawa bendera, bendera tersebut umumnya bercorak segi empat atau diamond dengan warna kuning dan merah yang berseberangan.

Namun, ada beberapa hakim garis yang menggunakan bendera bercorak polos.

Bendera tersebut berguna untuk memberikan sinyal kepada wasit utama apabila terjadi offiside, pergantian pemain, menentukan lemparan bola dan membantu melihat pelanggaran.

Peralatan Wasit Cadangan

Peralatan Wasit Cadangan

Papan Elektronik
Fungsi wasit cadangan untuk menggantikan wasit setiap saat ketika wasit utama mengalami sesuatu masalah, seperti sakit atau cedera.

Selain itu, untuk mengatur kedua pelatih dari masing-masing tim jika ia tidak menerima keputusan wasit.

Wasit cadangan juga memiliki peralatan untuk digunakan, yaitu papan elektronik. Fungsinya untuk memberikan instruksi pemain pengganti dan memberikan petunjuk tambahan waktu.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai tugas wasit sepak bola beserta juga posisi mereka dalam berbagai situasi.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tugas wasit dalam permainan sepak bola dan beberapa posisi, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di olahraganesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like