Tips Memilih Sepatu Futsal

Tips Memilih Sepatu Futsal

Sepatu dalam bermain futsal menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Sepatu futsal yang cocok akan membantu kamu bermain dengan baik. Maka dari itu tips memilih sepatu futsal juga harus dilakukan dengan baik.

Pemilihan sepatu futsal ini tidak bisa sembarangan, karena tidak semua sepatu akan cocok di kakimu. Kamu juga harus paham dengan sepatu jenis apa yang cocok dengan kakimu.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips memilih sepatu futsal agar kamu bisa nyaman bermain futsal.

Mempunyai Bahan yang Baik

Tips memilih sepatu futsal yang pertama yaitu dilihat dari bahannya. Sepatu futsal yang bagus umumnya mempunyai bahan dasar serat karbon yang sifat dan tidak cepat rusak.

Selain itu, memilih sepatu futsal yang berbahan kulit atau upper juga patut untuk di pertimbangkan, karena bahan ini bisa fleksibel mengikuti bentuk kaki.

Pilihan bahan untuk bagian dalam pilih yang bahannya empuk ketikan digunakan dan juga tidak slip on.

Jangan sekali-kali kamu memilih sepatu futsal dengan bahan imitasi, bahan ini mempunyai tekstur yang kaku.

Desain Atas Sepatu

Pada saat ini sepatu futsal dengan model yang menarik memang sudah banyak sekali beredar di pasaran, tapi pastikan desain tersebut memiliki kegunaan untuk permainan futsal kamu.

Hal ini sangat penting karena pemakaian sepatu futsal yang nyaman akan meminimalisir cedera pada kaki kamu.

Perhatikan juga apakah kaki kamu memiliki jenis kaki yang melebar atau ramping? Dari situlah kamu bisa tentukan model dan desain sepatu yang seperti apa yang akan kamu pilih.

Karena sekarang ini hampir semua produsen apparel olahraga memproduksi model sepatu yang didesain untuk jenis kaki tertentu.

Desain Belakang Sepatu

Desain belakang sepatu juga harus diperhatikan, karena bagian tumit merupakan bagian yang rawan cedera.

Tips memilih sepatu futsal pada bagian ini tidak bisa dianggap remeh, banyak cedera parah yang dikarenakan tumit dan sepatu yang tidak cocok, bahkan ada yang sampai tidak bisa bermain futsal lagi.

Jenis sepatu yang menggunakan bahan tebal dan melindungi kaki, akan tetapi tidak kaku bisa merupakan pemilihan yang tepat.

Jahitan Sepatu dan Sol

Bagian sol dan jahitan sepatu ini mempunyai pengaruh pada kekuatan sepatu. Sepatu dengan sol yang dijahit akan menciptakan kekuatan yang lebih untuk pemain futsal dibandingkan dengan sol yang hanya di lem.

Pilih juga sepatu futsal yang mempunyai jahitan rapi agar memberikan kenyamanan kamu pada saat menggunakannya.

Jenis Sol

Tips memilih sepatu futsal selanjutnya yaitu jenis sol. Kamu juga harus memilih sepatu yang sesuai dengan lapangan yang biasa kamu gunakan.

Biasanya akan berbeda pada bagian sol sepatunya saja, ada sepatu dengan model sol karet yang untuk di gunakan pada lapangan biasa dan ada juga sol khusus untuk di gunakan pada lapangan dengan rumput sintetis.

Kamu bisa pilih jenis sol yang sesuai dengan lapangan yang biasa kamu gunakan untuk pemakaian secara maksimal.

Menyesuaikan Bentuk Kaki

Penyesuaian dengan bentuk kaki juga menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Ada 2 macam bentuk kaki, yang pertama wide fit dan ada juga yang slim fit.

Pastinya kamu harus menyadari lebih dulu bentuk kakimu agar lebih mudah ketika akan membeli sepatu.

Nah bagi kamu yang belum paham dengan bentuk kakimu sendiri, kamu bisa coba tips berikut ini.

Coba kamu ambil selembar kertas, dan kemudian basahkan kakimu dengan air, terakhir letakkan kakimu diatas kertas yang sudah disiapkan tadi.

Dari bekas kakimu yang dikertaslah yang bisa kamu jadikan patokan jenis kakimu wide fit atau slim fit.

Menyesuaikan dengan Gaya Permainan

Tips memilih sepatu futsal yang terakhir yaitu pastikan sepatumu cocok dengan  gaya permainan futsal kamu.

Pasti teknik futsal dan peran kamu dalam permainan futsal menjadi salah satu faktor penting ketika memilih sepatu yang nyaman agar permainan futsalmu makin maksimal.

Bila kamu tipikal pemain shooter, sepatu yang bisa kamu pilih ialah sepatu ketat pada bagian sisi-sisi kakinya.

Sementara untuk pemain dribbler, sepatu futsal yang bisa kamu pilih ialah yang ringan, karena untuk membantu kamu melakukan pergerakan dan akselerasi.

Sedangkan untuk seorang passer, sepatu dengan sol lebar menjadi yang terbaik agar passing dan kontrol lebih mudah dilakukan.

Tips Merawat Sepatu Futsal Agar Awet

Setelah kamu membeli sepatu futsal yang tepat dan cocok dengan kakimu, tentunya kamu tidak ingin berpaling ke sepatu yang lain.

Cara merawat sepatu futsal juga tidak kalah penting dari tips memilih sepatu futsal. Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa tips merawat sepatu futsal agar awet.

  • Bersihkan Debu dengan Lap Halus dan Kering

Setelah sepatu futsal selesai digunakan, usahakan agar sepatu futsal selalu dibersihkan dari kotoran dan debu yang menempel.

Ini dilakukan agar sepatu terhindar dari bakteri yang bisa membuat sepatu mudah rusak. Membersihkannya juga tidak harus dicuci, cukup di bersihkan bagian luarnya saja menggunakan kain basah.

  • Longgarkan Tali Sepatu

Longgarkan tali sepatu pada saat akan dipakai dan setelah digunakan. Hal ini bertujuan agar sepatu terhindar dari kerusakan pada bagian lubang tempat memasukkan kaki kedalam sepatu.

Jangan lupa juga untuk mengeringkan bagian sepatu ketika sudah digunakan, agar tidak ada bakteri dan jamur yang membuat bau kaki karena disebabkan keringat kaki pada saat bermain futsal.

  • Keluarkan Kaos Kaki dari Sepatu

Tidak mengeluarkan kaos kaki dari dalam sepatu akan membuat sepatu berbau tidak sedap. Apalagi jika kaos kaki yang disimpan yaitu kaos kaki yang basah karena sudah bercampur dengan keringat.

Dan jika kaos kaki tidak dikeluarkan dari sepatu juga akan membuat sepatu menjadi lebih mudah rusak karena bakteri yang ada.

  • Bersihkan Bagian Sol Sepatu

Bagian sol menjadi bagian penting yang berguna untuk menjaga pijakan kaki agar tidak licin ketika berada di lapangan.

Membersihkan bagian solnya juga harus hati-hati dan tidak bisa asal menggosok, karena akan merusak bagian sol sepatu.

Kamu bisa membersihkannya menggunakan sikat dan jarum untuk bagian yang sulit dibersihkan dengan sikat.

  • Bersihkan Secara Berkala

Jika kamu merupakan orang yang sering bermain futsal, pembersihan sepatu futsal secara berkala akan sangat disarankan untuk menjaga keawetan sepatu kamu.

Kamu bisa membersihkan sepatu futsal sebulan sekali atau juga 2 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang bisa merusak sepatu.

  • Masukkan Silica Gel ke Dalam Sepatu

Sampai saat ini masih sedikit orang yang paham dan mengetahui fungsi dari silica gel yang biasanya ada pada kotak sepatu, sehingga silica gel ini terbuang sia-sia.

Padahal silica gel memiliki fungsi sebagai penghilang kelembaban pada sepatu. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya harus masukan silica gel berbentuk sachet tersebut kedalam sepatu.

Akhir Kata

Futsal akhir-akhir ini menjadi olahraga favorit bagi seluruh kalangan masyarakat, terutama Indonesia. Pemakaian sepatu futsal juga tidak bisa sembarangan.

Diatas tadi merupakan beberapa tips memilih sepatu futsal dan cara merawat sepatu futsal agar lebih awet lagi.

Demikian penjelasan mengenai tips memilih sepatu futsal diatas, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia olahraga. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Strategi Futsal
Baca Aja

Strategi Futsal

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain dan dengan beberapa pemain cadangan. Maka dari itu diperlukan…
Pemain Terbaik Futsal
Baca Aja

Pemain Terbaik Futsal

Semakin populernya olahraga futsal, banyak sekali penghargaan-penghargaan yang diberikan oleh para pemain futsal. Selain gelar tim, gelar-gelar individu…
Sejarah Futsal
Baca Aja

Sejarah Futsal

Sejarah futsal– Di era yang sudah modern ini futsal merupakan jenis olahraga yang digandrungi oleh masyarakat umum, terutama…