Teknik Dasar Futsal

Teknik Dasar Futsal

Menjadi seorang pemain futsal profesional, teknik dasar futsal merupakan hal utama yang harus di kuasai oleh seorang pemain futsal.

Dengan teknik dasar tersebut, seorang pemain akan mudah menguasai bola dan mampu berkordinasi baik dengan teman satu timnya.

Selain itu juga, teknik dasar futsal menjadi penilaian utama bagi pelatih pada saat mencari pemain yang dibutuhkan untuk kepentingan timnya.

Berikut ini olahraganesia akan memberikan beberapa penjelasan berkaitan dengan teknik dasar futsal dan hal-hal yang masih terkait dengan teknik dasar.

Teknik Mengontrol Dalam Futsal

Teknik Mengontrol Dalam Futsal

Sebenarnya teknik dasar futsal tidak jauh berbeda dengan teknik dasar dalam sepakbola. Hanya dalam penerapan di lapangan ada sedikit perbedaan antara futsal dan sepakbola.

Sepatu futsal yang tidak mempunyai pul pada bagian bawahnya memudahkan pemain untuk mengontrol bola.

Beberapa cara mengontrol dalam futsal akan kami jabarkan berikut dengan penjelasannya.

Cara Mengontrol Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam merupakan cara mengontrol bola yang sangat umum digunakan dalam pertandingan futsal.

Cara melakukannya yang tidak terlalu sulit membuat para pemain futsal profesional lebih sering menggunakan teknik mengontrol ini pada saat menerima bola.

Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam juga akan memberikan kemudahan pemain futsal, sehingga bola yang datang mudah dikuasai dan tidak lepas jauh dari kaki.

Cara Mengontrol Bola dengan Kaki Bagian Luar

Selain dengan kaki bagian dalam, mengontrol bola dengan kaki bagian luar juga merupakan salah satu teknik dasar futsal dalam mengontrol bola.

Akan tetapi, mengontrol dengan teknik ini harus dengan skill yang tinggi dan sering latihan untuk melakukannya. Teknik ini terbilang sulit dikarenakan bola akan liar dan sulit dikontrol apabila pemain tersebut jarang melakukan latihan dengan teknik ini.

Cara Mengontrol Bola dengan Kaki Bagian Bawah

Teknik inilah yang menjadi pembeda antara futsal dan sepakbola. Teknik ini juga yang paling sering digunakan oleh para pemain futsal profesional. Bola sekencang apapun yang datang akan mudah dikuasai oleh pemain tersebut jika menggunakan teknik mengontrol yang satu ini.

Sol sepatu yang tanpa pul inilah yang membantu pemain futsal melakukan teknik ini. Akan tetapi walaupun terlihat mudah, ada saja pemain yang gagal melakukan teknik mengontrol dengan kaki bagian bawah ini.

Cara Mengontrol dengan Dada dan Paha

Teknik mengontrol yang satu ini juga bisa dibilang teknik yang lumayan sulit dilakukan. Namun walaupun sulit bukan berarti kamu tidak bisa melakukan teknik ini kan ?

Dibutuhkan latihan yang keras dan rajin untuk menguasai teknik yang satu ini. Bola yang datang apabila kita kontrol menggunakan dada atau paha maka bola itu akan sulit kita kuasai. Namun dengan latihan kamu pasti bisa menguasai teknik kontrol yang satu ini.

Teknik Passing Dalam Futsal

Teknik Passing Dalam Futsal

Seperti yang sudah kita ketahui, futsal merupakan olahraga yang menggunakan kaki sebagai alatnya. Maka dari itu menendang merupakan hal yang pasti ada dalam pertandingan futsal.

Nah dalam menendang juga ada beberapa pembagian sesuai dengan kekuatan tendangannya. Apabila kekuatan tendangan tersebut sedikit agak lemah dan menyesuaikan jarak dengan teman maka tendangan tersebut disebut sebagai passing atau tendangan operan.

Passing dalam futsal juga dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan bagian kaki sebelah mana yang mengenai bola. Passing ini juga bisa menopang berjalannya suatu strategi futsal yang diinginkan pelatih.

Passing dengan Kaki Bagian Dalam

Passing menggunakan kaki bagian ini merupakan teknik dasar futsal yang sangat umum digunakan. Teknik yang mudah dilakukan merupakan salah satu penyebab teknik ini sangat sering digunakan.

Selain itu, passing menggunakan kaki bagian dalam akan lebih tepat mengarah kepada teman yang akan dituju.

Passing dengan Kaki Bagian Luar

Passing dengan teknik ini akan terlihat lebih indah pada saat ditonton, tapi tahukah kamu teknik passing yang satu ini termasuk teknik passing yang sulit.

Bola akan sedikit berputar apabila passing menggunakan teknik ini, sehingga apabila tidak menggunakan hitungan pasti maka bola tidak akan mengarah kepada teman yang dituju.

Passing dengan Kaki Bagian Bawah

Bagian bawah sepatu yang rata merupakan nilai tambah bagi seorang pemain futsal. Dengan sepatu seperti ini pemain futsal juga bisa menggunakan bawah kakinya untuk melakukan passing.

Passing dengan teknik ini akan lebih menjamin bola sampai ke arah teman yang dituju, akan tetapi passing dengan jenis ini juga tidak bisa diarahkan kepada teman yang berada jauh dari posisi kita.

Teknik Mendribbling Dalam Futsal

Teknik Mendribbling Dalam Futsal

Mendribble atau dalam bahasa kita disebut dengan menggiring juga menjadi teknik dasar dalam futsal yang wajib kita kuasai.

Apalagi bagi seorang flank dalam futsal, menggiring bola yang baik akan menjadi kekuatannya untuk mengobrak-abrik pertahanan musuh.

Menggiring bola yang baik dalam futsal ialah menggunakan kaki bagian dalam atau kaki bagian bawah. Menggiring dengan teknik ini akan membuat bola tidak terlalu jauh dari kaki dan mudah untuk di kuasai.

Meskipun begitu, pemain flank atau pemain lainnya juga harus paham dengan ukuran lapangan futsal yang tidak terlalu lebar dan rawan bola keluar dari lapangan.

Maka dari itu latihan yang sering akan membuat kamu akan mudah melakukan teknik dasar futsal yang satu ini. Selain itu sering melakukan pengecekan pada lapangan juga akan berpengaruh kepada permainanmu ketika pertandingan.

Mendribbling bola juga dibagi menjadi beberapa cara lagi, yaitu.

  1. Mendribbling dengan kaki bagian dalam, pada teknik ini pemain akan mudah menguasai bola dan melindunginya dari lawan. Bola yang di dribble menggunakan kaki bagian dalam akan selalu dekat dengan pemain.
  2. Mendribbling dengan kaki bagian luar, teknik yang satu ini biasa digunakan untuk mengecoh musuh agar tidak bisa merebut bola dari tim kita.
  3. Mendribbling dengan telapak kaki, teknik ini juga yang menjadi pembeda antara sepakbola dan futsal. Sol sepatu futsal yang rata akan memudahkan pemain untuk melakukan dribbling.

Sebelum lanjut baca alangkah baiknya lihat vidio aksi dari Ricardinho sang penyihir lapangan futsal dari Portugal ini:

Teknik Shooting Dalam Futsal

Teknik Shooting Dalam Futsal

Gol menjadi tujuan utama dari sebuah tim agar bisa mencapai kemenangan. Nah agar tim bisa mencetak gol dibutuhkan tendangan keras ke arah gawang agar tidak bisa dihalau oleh kiper lawan.

Tendangan yang keras dengan teknik yang tepat menjadi kunci agar tendangan yang kita lepaskan tidak bisa dihalau oleh kiper lawan.

Teknik shooting ini juga dibagi menjadi beberapa cara, yaitu.

Shooting dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik shooting ini akan menghasilkan tendangan yang terukur dan terarah. Power yang dihasilkan dari tendangan ini juga akan maksimal.

Namun kelemahan dari tendangan dengan kaki bagian dalam ini akan mudah terbaca oleh lawan.

Meski begitu, tetap saja tendangan dengan teknik ini akan sulit terbendung oleh kiper lawan.

Shooting dengan Kaki Bagian Luar

Berbeda dengan teknik tendangan sebelumnya, teknik ini akan lebih mengecoh lawan dibandingkan power yang dihasilkan.

Lawan yang menerima tendangan dengan teknik ini akan terkecoh karena bola yang dihasilkan dari tendangan ini akan melengkung.

Shooting dengan Punggung Kaki

Bisa dikatakan diantara teknik sebelumnya, teknik inilah yang paling berbahaya dan paling berpotensi menciptakan gol.

Teknik tendangan ini akan menghasilkan tendangan yang keras terukur dan mengecoh kiper lawan. Bisa dikatakan dua keunggulan tendangan dengan teknik sebelumnya ada pada teknik tendangan ini.

Namun bagi pemain yang jarang melatih teknik ini biasanya tendangan yang dihasilkan melambung tinggi diatas gawang.

Shooting dengan Ujung Kaki

Teknik menendang yang satu ini juga merupakan tendangan yang membahayakan bagi kiper lawan. Jalannya bola yang dihasilkan akan kencang dan sulit dihadang, itulah yang membuatnya sulit untuk dihalau.

Teknik ini juga harus dibutuhkan latihan khusus, karena tidak bisa sembarang orang bisa menggunakan teknik tendangan yang satu ini.

Memang semua orang bisa menggunakannya, namun tanpa latihan tidak akan mendapatkan hasil tendangan yang terarah dan sangat kencang.

Shooting dengan Tumit

Menendang bola dengan tumit ini biasa kita kenal dengan sebutan backheel. Tendangan ini akan mengejutkan kiper lawan, karena pasti kiper lawan tidak akan mengira kalau kamu menendang kearah gawang.

Teknik Menyundul Dalam Futsal

Teknik Menyundul Dalam Futsal

Baik futsal maupun sepakbola, menyundul merupakan hal yang pasti dilakukan disetiap pertandinga.

Menyundul ini akan sangat dibutuhkan pada saat bola melambung diatas. Teknik ini akan membantu tim untuk mendapatkan bola.

Teknik menyundul bola yang baik dan benar ialah menggunakan kepala bagian depan atau bagian kening.

Selain menggunakan teknik tersebut, kepala akan terasa sakit setelah menyundul bola. Apalagi kalau menyundul bola menggunakan kepala bagian atas.

Teknik Chipping Dalam Futsal

Teknik Chipping Dalam Futsal

Chipping ialah salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para pemain futsal. Karena dengan teknik ini, pelambungan bola dapat dilakukan naik ke atas sehingga mampu melalui pemain dari tim lawan.

Berbicara mengenai cara mengumpan bola lambung, pasti banyak yang berpikir bahwa cara ini sama dengan teknik passing.

Tak salah jika menganggapnya sama dengan teknik passing, namun keduanya berbeda karena chipping ini menggunakan kaki bagian atas atau ujung sepatu untuk mengumpan. Bukan hanya itu, tendangan juga mengenai bagian bawah bola.

Cara Melakukan Chipping

  • Pastikan bola tepat di depan kamu.
  • Posisikan kaki tumpuan berada di sisi bola.
  • Tarik ke belakang kaki yang akan di gunakan untuk menendang kemudian ayunkan ke depan.
  • Tempatkan ujung kaki di bagian bawah bola ketika mau menendang.
  • Ayun dan angkat bola ke arah yang akan kamu tuju.

Teknik Meningkatkan Kecepatan Dalam Futsal

Teknik Meningkatkan Kecepatan Dalam Futsal

Kecepatan merupakan elemen penting dalam futsal yang tidak boleh diabaikan. Apalagi bagi seorang ala atau flank, teknik ini sangat dibutuhkan dan menjadi tolak ukur baik atau tidaknya pemain tersebut dalam bermain futsal.

Tentunya latihan masih menjadi faktor timbulnya skill yang satu ini dalam diri pemain. Jenis latihannya juga bermacam-macam, diantaranya.

  • Lari zig-zag
  • Sprint berulang
  • Sprint menggunakan Ladder agility
  • Sprint menggunakan alat penahan
  • Sorint dijalan menanjak

Teknik Meningkatkan Fisik Dalam Futsal

Teknik Meningkatkan Fisik Dalam Futsal

Fisik dalam futsal sangat dibutuhkan, permainannya yang cepat menuntut pemainnya untuk selalu bergerak mencari ruang kosong. Selain itu formasi futsal terbaik juga harus dipahami oleh para pemain.

Mungkin dalam melatih fisik dalam futsal tidak jauh berbeda dengan melatih fisik pada sepakbola. Berikut ini beberapa cara dalam melatih fisik dalam futsal.

  1. Latihan daya tahun tubuh dengan cara jogging selama 40 sampai 60 menit dengan variasi kecepatan.
  2. Latihan kekuatan dengan cara push up, back up, pull up, squatrush, dan squat jump.
  3. Latihan kecepatan dengan cara shuttle run.
  4. Latihan kelenturan dengan cara sikap lilin.
  5. Menjaga asupan gizi dan pola makan.

Istilah Skill dalam Futsal

Istilah Skill dalam Futsal

Sama seperti sepakbola, dalam dunia futsal juga dikenal beberapa skill yang wajib kamu ketahui.

Berikut ini beberapa jenis skill yang ada dalam dunia futsal yang sering dipakai oleh para pemain profesional.

Fancy Footwork

Kemampuan mengontrol bola sangatlah penting dalam permainan futsal. Kamu harus bisa mengira-ngira saat yang tepat untuk mengecoh lawan, mengoper, ataupun menembak bola.

Play Nice and Take Turns

Selain kemampuan mendribbling bola, kerjasama tim juga tidak kalah penting dalam permainan futsal. Perhatikan kapan teman satu tim kamu akan mengoper bola, dan jangan terlalu lama menahan bola ketika kamu sudah dikepung oleh lawan.

Shoot and Score

Teknik dalam futsal yang satu ini juga sangat penting, karena jumlah gol lah yang menjadi penentu kemenangan suatu tim dalam futsal.

Kuasai juga cara mengecoh kiper dan timing dalam menembak bola. Jangan terlalu remehkan ground shoot juga, karena itu bisa saja menjadi titik lemah kiper.

Use your Head

Meskipun dalam permainan futsal melarang untuk menggunakan tangan, namun menyundul bola menggunakan kepala masih diperbolehkan. Kuasai juga teknik-tekniknya agar kamu bisa menang dalam duel udara.

Cara Meningkatkan Skill Dalam Futsal

Cara Meningkatkan Skill Dalam Futsal

Setiap pemain futsal sudah pasti mempunyai skill dasar yang bisa menjadi pembeda pemain tersebut dengan pemain lainnya.

Namun skill tersebut harus selalu ditingkatkan dan diasah. Hal tersebut bertujan agar skill yang dimiliki selalu meningkat.

Berikut ini cara meningkatkan skill dalam futsal yang wajib kamu ketahui.

Latihan Rutin

Berlatih rutin ini sangat dianjurkan bagi pemain yang ingin mempunyai skill diatas rata-rata dari pemain lain.

Semakin sering dia berlatih, maka semakin baik juga skill yang akan dimiliki pemain tersebut. Sebaliknya, semakin jarang skill untuk dilatih maka lama-kelamaan skill tersebut akan hilang.

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan skill. Agar tubuh selalu fit dan sehat, pola makan yang baik dan benar menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Menjaga Pola Tidur

Pola tidur yang cukup dalam sehari juga menjadi cara untuk meningkatkan skill yang kamu miliki. Sebaliknya, sering begadang dan kurang tidur juga akan mengurangi atau bahkan menghilangkan skill dan fisik yang sudah kamu miliki.

Akhir Kata

Sama seperti sepakbola, futsal juga mempunyai teknik dasar futsal yang harus dimiliki oleh para pemain futsal.

Teknik dasar futsal ini bisa menjadikan pemain biasa menjadi pemain profesional. Tentunya dengan latihan rutin, pola makan yang baik, dan istirahat yang cukup.

Ketiga hal tersebut akan membantumu untuk mendapatkan fisik dan skill yang baik dalam bermain futsal.

Teknik-teknik yang sudah dijelaskan diatas juga merupakan teknik dasar yang akan mudah dikuasai dengan latihan rutin. Maka dari itu latihan rutin merupakan aspek utama untuk menguasai teknik dasar futsal.

Demikian penjelasan mengenai teknik dasar futsal diatas, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam dunia olahraga khususnya futsal. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Strategi Futsal
Baca Aja

Strategi Futsal

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain dan dengan beberapa pemain cadangan. Maka dari itu diperlukan…