Teknik Dasar Bulu Tangkis

Teknik dasar bulu tangkis– Indonesia mempunyai berbagai macam cabang olahraga yang begitu diminati, bulu tangkis menjadi salah satunya. Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang sangat dikenal luas oleh masyarakat lintas generasi. Baik muda maupun dewasa, pria maupun wanita, dan lainnya pernah melakukan aktivitas tersebut.

Permainan ini dimainkan dengan menggunakan raket dan kok, tujuan dari permainan ini adalah memukul kok melewati jaring supaya jatuh di area lawan dan meyentuh tanah.

Sebagai modal dasar untuk menjadi pemain bulu tangkis, tentu harus paham teknik dasar dalam bermain bulu tangkis. Karna dalam bermain bulu tangkis di butuhkan ketangkasan, kekuatan, dan kecepatan. Yuk pelajari teknik dasar bulu tangkis yang wajib dikuasai untuk pemula.

Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Sebelum mejadi pemain bulu tangkis secara profesional, pada awal karir pemain bulu tangkis wajib menjalani dan melewati masa pelatihan dan pembinaan terlebih dahulu.

Tujuannya untuk mempersiapkan dan juga menjadi bekal untuk para pemain dengan berbagai ilmu yang harus di ketahui dan dikuasai sampai akhirnya sudah dianggap layak untuk terjun ke pertandingan.

Dalam masa pembinaan para pemain diberikan pelatihan tentang ilmu teori dan praktek untuk bisa bermain secara benar sesuai peraturan permainan bulu tangkis.

Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, itu menjadi modal awal untuk menjadi pemain bulu tangkis profesional. Berikut ini teknik-teknik dasar permainan bulu tangkis beserta penjelasannya.

1. Cara Memegang Raket (Grip)

Cara Memegang Raket (Grip)

Teknik dasar pertama adalah cara memegang raket, teknik ini menjadi teknik yang paling dasar yang harus dikuasai.

Kualitas pukulan akan maksimal ketika sang pemain bisa menguasai teknik ini. Oleh sebab itu teknik memegang raket merupakan teknik yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pukulan. Teknik memegang raket ada 4, berikut ini penjelasannya.

American Grip

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk melakukan Teknik American grip. Hal yang pertama, pastikan tangan memegang bagian ujung dari raket. Kedua, letakkan ibu jari dan telunjuk menempel pada handle raket.

American grip merupakan teknik yang sering digunakan oleh banyak pemain, kelebihan dari teknik ini yaitu lebih mudah untuk mengoper kok ke lawan.

Backhand Grip

Teknik backhand Grip caranya dengan memegang raket dengan keadaan posisi miring dan ketika memegang raket pastikan jari-jari tangan berada di bagian depan. Kelebihan dari teknik ini, arah kok yang sedang dipukul sulit diduga oleh lawan main.

Forehand Grip

Forehand Grip merupakan teknik yang begitu populer dan sangat umum dipakai oleh pemain bulu tangkis. Untuk melakukan teknik ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Jika teknik backhand grip menggunakan ibu jari sebagi penyokongnya, teknik forehand grip menggunakan jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking sebagai penyokongnya. Pada dasarnya teknik ini dilakukan untuk gerakan permainan yang lincah.

Combination Grip

Teknik combination grip yaitu menggabungkan berbagai macam teknik pegangan yang ada. Cara melakukannya, genggam raket seperti baisanya, posisikan jari telunjuk ke arah ujung raket.

Sementara itu, ibu jari menyokong tangkai raket dan sisa jari lainnya diposisikan di bagian bawah tangkai.

Berikut video cara memegang raket yang benar.

2. Sikap atau Posisi Tubuh (Stance)

Sikap atau Posisi Tubuh

Keseimbangan dalam olahraga menjadi unsur yang sangat penting, sikap dan posisi tubuh-lah yang nantinya akan menjaga keseimbangan ketika bermain.

Sikap yang benar dapat memudahkan gerakan dan kelihaian tubuhmu dalam bermain bulu tangkis.

Ada 3 sikap ketika bermain badminton, posisi ketika menyerang, posisi ketika bertahan, dan posisi ketika melawan/netting.

Posisi Menyerang (Attacking Stance)

Untuk melakukan posisi menyerang, pertama gerakkan tubuhmu pada garis lapangan atau area serang dan mulai lebarkan kuda-kuda kakimu.

Dan setalh itu, mulai angkat kedua lenganmu untuk menyiapkan kekutan pada daya pukulan.

Posisi Bertahan (Defensive Stance)

Untuk menerapkan posisi defensif, Anda harus mengarahkan tubuh Anda menghadap pada net dan raket ditempatkan di depan pinggang / perut.

Posisi Melawan/Membalikkan Netting (Net Stance)

Net stance biasanya dilakukan saat lawan tampaknya ingin melakukan netting. Dalam mengantisipasi netting, kamu harus dekat dengan net.

Setelah itu, raket harus ditempatkan di depan tubuh sementara tubuh dimajukan sedikit sehingga sangat siap untuk membuat lompatan ke depan.

3. Gerak Kaki (Footwork)

Gerak Kaki

Teknik selanjutnya adalah gerakan pada kaki. Tidak hanya tangan saja yang berpengaruh pada kelincahan, gerakan kaki juga perlu.

Sangat penting melatih harmonisasi antara kaki dan anggota tubuh ketika bermain bulu tangkis. Harmonisasi yang baik sangat membantu ketika melakukan serangan pukulan dan ketika bertahan dari serangan lawan. Agar bisa terlatih, kamu harus secara rutin berlatih dan menjadikan hal tersebut sudah terbiasa.

4. Servis (Serve)

Servis

Servis merupakan hal sepele dalam bermain bulu tangkis. Teknik servis merupakan penanda bahwa permaiann sudha dimulai.

Ada dua teknik servis yang bisa dilakukan, servis ke bawah dan servis ke atas. Berikut penjelasannya

Servis Bawah (Low Serve)

Servis bawah dilakukan dengan cara kok dipukul dengan raket yang posisinya di bahu atau dada. Servis ini akan membuat kok cenderung melambung ke atas.

Servis Atas (High Serve)

Untuk melakukan servis atas, melakukannya dengan memukul kok dengan posisi raket yang sedang dipegang diatas bahu atau kepala. Dengan teknik ini kok akan cenderung lurus ketika di pukul.

5. Teknik Mengembalikan servis

Teknik Mengembalikan Servis

Teknik mengembalikan servis merupakan teknik dasar dalam permainan bulu tangkis. Ketika lawan melakukan servis, kamu harus mengembalikan dengan melakukan dropshot atau netting.

Jangan pernah langsung melakukan smash ketika mengembalikan servis dari lawan. Hal ini akan mengakibatkan smash tersebut akan cenderung tidak efektif, dan lawan akan merasa sangat diuntungkan.

6. Smash

Smash

Smash adalah teknik dalam bermain bulu tangkis yang fungsinya untuk menyerang dan mematikan gerakan lawan. Smash yang baik dan benar dengan melakukan pukulan yang kuat serta melakukan lompatan yang tinggi.

Gerakan dari smash yang sempurna akan menghasilkan gerakan shuttlecock yang begitu tajam. Untuk dapat melakukan smash yang baik, kamu harus melatihnya terus menerus dan menjadikannya terbiasa. Beriku ini beberapa macam mengenai teknik smash

Forehand Smash

Forehand smash yaitu memukul kok dengan kuat ketika kok tersebut di atas kepala.

Backhand Smash

Cara melakukan teknik ini, kamu harus menggunakan teknik genggaman backhand grip, lalu melepaskan pukulan yang kuat pada arae lawan.

Teknik ini jarang sekali digunakan oleh pemain bulu tangkis profesional sekalipun, dikarenakan cukup sulit untuk melakukannya.

Jumping Smash

Sebetulnya, teknik ini sama seperti teknik forehand smash yang dilakukan dengan melompat. Cara memukulnya juga persis dengan teknik forehand smash.

7. Drop Shot

Drop Shot

Dropshot adalah salah satu teknik untuk menggembalikan servis dari lawan. Teknik ini mirip dengan teknik smash yaitu untuk mematikan gerakan lawannya.

Namun ada yang berbeda, dropshot dilakukan dengan tidak terlalu kuat namun sedikit dengan adanya dorongan kepada kok. Teknik ini bertujuan agar kok jatuh tidak jauh dari net.

Berikut ini beberapa faktor yang saling berkaitan satu sama lain dan berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya pukulan dropshot tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pukulan dropshot :

  1. Posisi Tubuh
  2. Pegangan Raket
  3. Pergerakan Kaki
  4. Perpindahan berat badan yang bergerak secara harmonis

8. Clear atau Lob

Clear atau Lob

Drop shot dapat dilakukan yaitu dengan cara memukul kok sampai ke arah tengah atu ke arah depan secara cepat maupun standar.

Teknik ini tujuannya agar lawan bergerak kedepan areanya, sehingga kamu bisa menyerang area tengah atau area belakang lawan.

9. Netting

Netting

Teknik netting ini tergolong teknik yang cukup sulit ketika dilakukan, bisa juga akan gagal meski pemain bulu tangkis professional sekalipun. Netting sangat membutuhkan kecermatan dan intuisi yang sangat bagus dan tepat.

Teknik ini melakukannya dengan cara kok dipukul pelan dengan tujuan kok tersebut jatuh dekat dengan net. Tujuan dari netting agar lawan tidak bisa mengembalikan servis atau pukulan balasan.

10. Overhead

Overhead

Teknik overhead cara melakukannya yaitu ketika posisi kok jatuh di belakang posisi tubuh ketika berdiri. Pukulah kok seperti melempar dengan memegang raket teknik forehand.

Namun untuk melakukan teknik ini dibutuhkan tenaga yang kuat dan maksimal. Agar mudah melakukan teknik overhead latihlah fisik kamu agar stamina tetap terjaga.

11. Drive

Drive

Teknik dasar bulu tangkis terakhir yaitu drive. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara memukul kok dengan cepat namun mendatar. Teknik ini biasanya dilakukan oleh pemain ganda.

Tujuan dari teknik ini adalah agar lawan berada pada posisi bertahan dan tidak bisa mengangkat raketnya.

Akhir Kata

Demikian artikel ini tentang teknik dasar bulu tangkis yang perlu kamu ketahui. Selain itu, kamu pun harus tetap berlatih agar bisa menjadi pemain bulu tangkis professional. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih, salam olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like