Strategi Futsal

Strategi Futsal

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain dan dengan beberapa pemain cadangan. Maka dari itu diperlukan strategi futsal yang tepat untuk bisa memenangkan pertandingan.

Banyak sekali jenis strategi yang biasa dipakai dalam setiap pertandingan futsal. Namun tidak semua strategi cocok dan bisa diterapkan di setiap pertandingan.

Jadi pelatih harus paham dengan kualitas tim lawan. Hal tersebut bertujuan agar tim dan pemainnya bisa menguasai pertandingan yang ada dengan menjalankan strategi futsal yang tepat.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai strategi futsal dan beberapa hal yang berkaitan dengan strategi futsal tersebut.

Strategi Futsal untuk Menyerang

Strategi Futsal untuk Menyerang

Menyerang merupakan keharusan dalam bermain futsal. Dengan menyerang kamu dan timmu akan berhasil menciptakan gol dan bisa meraih kemenangan.

Ada banyak strategi futsal yang bisa diterapkan oleh pelatih dalam sebuah pertandingan futsal.

Berikut ini beberapa strategi futsal yang bisa kamu terapkan dalam pertandingan.

1. Gunakan Lebar Lapangan

Walaupun ukuran lapangan futsal tidak begitu luas, setiap pemain harus bisa memanfaatkan lebar lapangan yang ada.

Dengan memanfaatkan lebar lapangan, kamu dan timmu akan semakin jelas melihat seluruh lapangan dan akan lebih leluasa mengarahkan bola sesuai dengan tujuan.

Dengan lebar lapangan juga, pemain lawan akan mudah kelelahan untuk mengejar bola dan kamu akan lebih mudah untuk melewatinya.

2. Prinsip 3 Detik

Maksud dari strategi ini ialah setiap pemain tidak boleh terlalu lama memegang bola. Atau bisa dikatakan, bola harus selalu mengalir dari kaki ke kaki.

Prinsip 3 detik tersebut maksudnya ialah maksimal pemain hanya boleh memegang bola selama 3 detik. Dan pemain boleh saja memegang bola lebih dari itu bila berada di posisi terdesak oleh pemain lawan.

3. Mencari Ruang / Rotasi Pemain

Strategi ini juga tidak kalah penting bagi setiap pemain. Setiap pemain harus selalu bergerak mencari ruang yang kosong.

Setiap pemain juga harus selalu berotasi dengan pemain lain. Hal tersebut bertujuan agar pemain lawan kebingungan dalam menjaga pemain tim dan terkecoh dengan pergerakan timmu.

4. Menekan Pemain Bertahan Lawan ke Daerah Pertahanannya

Menekan pemain lawan ke daerah pertahanannya sendiri akan memudahkan kamu dan timmu untuk mencetak gola.

Dengan pemain lawan berada di daerah pertahanannya, itu berarti pemain timmu akan berada di depan dan lebih dekat dengan gawang lawan.

5. Mendukung Rekan yang Menguasai Bola

Strategi ini berkaitan dengan strategi rotasi pemain yang tadi sudah dijelaskan. Semua pemain yang ada di lapangan harus mendukung pemain yang sedang menguasai bola dengan cara mencari ruang yang kosong.

Hal tersebut akan memudahkan kamu dan timmu untuk selalu menguasai bola dan mengalirkannya kedepan sampai bisa mencetak gol.

6. Fokus dengan Bola dan Rekan yang Menguasai Bola

Setiap pemain juga harus fokus dengan apa yang ada dilapangan. Fokus terhadap bola dan rekan yang sedang menguasai bola.

Dengan fokus tersebut, pemain akan selalu siap kapan saja ia akan diberikan bola oleh tim lawan.

7. Oper dan Bergerak

Dalam bermain futsal juga harus memahami strategi yang satu ini. Pemain yang berada di lapangan harus selalu bergerak setelah mengumpan bola kepada teman satu timnya.

Hal ini bertujuan agar permainan futsal lebih menarik dan bola tidak mudah untuk direbut oleh tim lawan.

8. Bedakan Pandangan Saat Mengoper Bola

Ini mungkin jarang sekali kita temukan oleh setiap pemain futsal. Padahal dengan teknik ini pemain lawan akan tertipu dengan arah bola yang kita tendang.

Pemain dengan posisi anchor akan sangat cocok menggunakan strategi yang satu ini. Dan pemain yang berada didepan harus paham kemana bola akan diarahkan.

9. Tipu Lawan dengan Gerakan

Selain dengan pandangan, pemain juga bisa menipu lawan menggunakan gerakan. Pemain akan kelelahan apabila kamu selalu bergerak dan mengecohnya dengan gerakan.

Dan hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk bisa dengan mudah agar mencetak gol ke gawang lawan.

10. Lakukan Operan Keras dan Tepat

Dalam futsal, passing yang lemah akan mudah dipotong oleh lawan. Dikarenakan lapangan futsal yang lebih kecil dari lapangan sepakbola, jadi lebih mudah untuk menjangkau bola yang tidak dikuasai oleh siapapun.

Maka dari itu passing yang keras dan juga tepat kepada teman satu tim akan sangat membantu kamu dan timmu menjalankan skema yang sudah diberikan pelatih.

11. Hati-hati Dalam Melakukan Passing Silang

Passing silang disini maksudnya ialah memberikan umpan dari sisi kanan ke sisi kiri, atau juga sebaliknya.

Nah dalam melakukan hal ini, kamu harus berhati-hati agar tidak mudah untuk dipotong oleh pemain lawan.

Selain mudah untuk dipotng lawan, passing silang ini juga biasanya susah untuk tepat kepada teman yang dituju.

12. Prinsip 5 Operan

Prinsip 5 operan ini bisa juga dipakai untuk membongkar pertahanan lawan. Sebelum melakukan tembakan ke gawang lawan, sebaiknya kamu dan timmu melakukan prinsip 5 operan ini.

Hal ini bertujuan agar pemain lawan memberikan ruang kepada tim untuk bisa melakukan tembakan.

13. Strategi Bergerombol

Untuk menghadapi lawan yang lebih berat, mungkin strategi ini bisa diterapkan untuk membobol pertahanannya.

Jadi satu pemain berhadapan dengan satu pemain lawan. Ini bisa memudahkan pemain yang memegang bola untuk menerobos pertahanan lawan dan mencetak gol.

14. Penjaga Gawang Mampu Mengontrol Tempo Permainan

Penjaga gawang yang berada di belakang ternyata merupakan pemain penting yang ada dalam sebuah tim.

Penjaga gawang harus bisa mengatur tempo permainan dengan cerdas. Penjaga gawang juga harus tau kapan harus menyerang dan kapan harus bermain sabar dari kaki ke kaki.

15. Jangan Lakukan Dribbling Dipertahanan Sendiri

Ini merupakan kesalahan yang sangat fatal jika dilakukan. Seringkali pemain melakukan dribbling di pertahanannya sendiri dan berhasil direbut oleh pemain lawan.

Dribbling boleh dilakukan oleh pemain hanya di daerah pertahanan lawan. Malah mendribbling juga sangat dibutuhkan oleh pemain agar bisa membongkar pertahanan lawan.

16. Lakukan Penyelesaian Akhir dengan Pasti

Nah setelah permainan sangat baik dilakukan dan bola sudah sampai di depan gawang lawan. Hal yang harus dilakukan ialah finshing yang baik, agar bola bisa masuk ke dalam gawang lawan.

Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan oleh semua pemain. Harus sering berlatih dan mencobanya agar bisa menghasilkan finishing yang baik saat pertandingan.

Strategi Futsal untuk Bertahan

Strategi Futsal untuk Bertahan

Selain untuk menyerang, bermain futsal juga harus fokus untuk melakukan pertahanan. Setelah unggul, tentunya timmu ingin mempertahankan keunggulannya agar bisa memenangkan pertandingan.

Bertahan juga sama seperti menyerang, mempunyai strategi khusus yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa strategi bertahan yang bisa kamu lakukan pada saat pertandingan futsal.

1. Agresif

Dalam bertahan kamu harus agresif melakukan pressing ke tim lawan. Ini bertujuan agar pemain lawan yang sedang menguasai bola kaget dan panik, sehingga ia tidak bisa lagi menguasai bole dengan baik.

Agresif dalam bertahan juga akan sangat membantu kamu dan timmu mendapatkan bola dari pemain lawan.

2. Kuat dalam Merebut Bola

Selain agresif, pemain juga harus kuat dalam merebut bola. Strategi futsal yang satu ini bisa kamu gunakan agar kamu bisa merebut bola dari pemain lawan.

Semakin kuat kamu dalam merebut bola, maka akan semakin mudah kamu untuk merebut bola dari lawan.

Sebaliknya, apabila kamu lemah dan sulit untuk menguasai dirimu kamu akan kesulitan dalam merebut bola dari pemain lawan.

3. Jangan Biarkan Lawan Memegang Bola Terlalu Lama

Agar pemain lawan tidak mudah berfikir dan melakukan tindakan yang merugikan timmu, kamu harus cepat melakukan pressing ke lawan. Hal tersebut agar pemain lawan tidak melakukan tipuan yanhg membahayakan tim.

4. Fokus Terhadap Bola dan Pergerakan Lawan

Selain fokus dengan bola, pergerakan lawan juga akan sangat berbahaya bagi tim apabila tidak diperhatikan.

Sudah banyak kejadian gol yang terjadi dikarenakan pemain hanya fokus dengan bola dan tidak fokus dengan pergerakan lawan.

5. Arahkan Lawan ke Sisi Lapangan

Nah ini juga penting mengarahkan pemain lawan ke sisi kanan atau kiri lapangan. Jangan biarkan lawan masuk ke daerah tengah lapangan.

Karena itu akan membuatnya leluasa untuk melakukan tembakan ke arah gawang. Dan jika pemain berada di sisi lapangan dia hanya mempunyai pilihan untuk menggiring bola dan mengoper bola.

Memang bisa saja dia mencetak gol dari sisi lapangan, namun hal itu sangat sulit dilakukan dan sangat jarang sekali terjadi gol dari sisi lapangan.

6. Jaga Lawan Terdekat

Agar bisa bertahan dengan baik, lebih bagus jika kamu menjaga lawan yang terdekat. Dalam futsal lebih baik jika satu pemain menjaga satu pemain lawan.

Dan kamu tidak perlu menjaga pemain yang berada jauh dari posisimu, karena hal itu hanya akan membuat lelah dan bisa saja dimanfaatkan oleh lawan untuk mencetak gol.

7. Tidak Istirahat Dalam Bertahan

Ketika timmu sedang diserang oleh tim lawan, kamu harus ekstra bekerja keras untuk merebut bola dari tim lawan

Kamu dan timmu tidak boleh beristirahat satu detikpun. Karena apabila kamu dan timmu lengah itu bisa dimanfaatkan oleh tim lawan untuk menerobos pertahanan dan mencetak gol ke gawang timmu.

8. Komunikasi Antar Satu Tim

Nah strategi futsal yang ini merupakan aspek utama yang sangat penting dalam bermain futsal.

Komunikasi antar pemain dalam satu tim dibutuhkan agar setiap pemain tau apa yang diinginkan oleh teman satu timmu.

Komunikasi ini juga sangat penting karena akan membantumu dalam bertahan, siapa jaga siapa dan siapa harus kemana itu biasanya komunikasi yang dilakukan oleh satu tim.

Akhir Kata

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain, maka dari itu strategi dibutuhkan untuk mencapai kemenangan.

Strategi futsal diatas yang sudah dijelaskan bisa saja kamu terapkan satu persatu sesuai dengan keadaan pertandingan yang ada.

Kamu juga harus paham dengan kondisi pertandingan dan kondisi pemain satu timmu. Itu bertujuan agar kamu bisa memilih dengan strategi mana kamu dan timmu bisa meraih kemenangan.

Demikian penjelasan mengenai strategi futsal ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam dunia perfutsalan. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pemain Terbaik Futsal
Baca Aja

Pemain Terbaik Futsal

Semakin populernya olahraga futsal, banyak sekali penghargaan-penghargaan yang diberikan oleh para pemain futsal. Selain gelar tim, gelar-gelar individu…