Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti

Bekasi bukan hanya memiliki Stadion Patriot saja, tapi juga memiliki stadion kebanggan lainnya yaitu Stadion Wibawa Mukti.

Stadion ini sering diolok-olok oleh netizen karena lokasinya yang berada di Kota Bekasi yang dianggap sebagai salah satu kota di planet lain. Namun sebenarnya, ada banyak keunggulan dari Stadion Wibawa Bekasi ini.

Lokasi stadion ini berada di Jl. Science Boulevard Cikarang Timur. Stadion ini cukup mudah dijangkau oleh masyarakat yang ingin datang ke stadion tersebut, atau bagi para penonton pertandingan dan pecinta sepak bola.

Masyarakat bisa menggunakan Tol Cikarang untuk sampai ke stadion ini jika menggunakan mobil pribadi. Jika menggunakan angkutan umum bisa naik KRL yang menuju ke Stasiun Cikarang.

Sejarah Stadion Wibawa Mukti

Sejarah Stadion Wibawa Mukti

Nama Stadion Wibawa Mukti ini sebelumnya yaitu Stadion Utama Kabupaten Bekasi. Stadion ini baru didirikan pada tahun 2014 lalu. Karena saat itu Stadion Wibawa Bekasi dipercaya untuk menjadi tuan rumah bagi acara PON XII Jawa Barat.

Bahkan dua tahun kemudian tepatnya di tahun 2016, Stadion Wibawa kembali menjadi tuan rumah untuk acara PON XIX Jawa Barat.

Kapasitas maksimum Stadion Wibawa adalah 30000 orang penonton, dan sudah menggunakan jenis kursi single seat. Sekitar tahun 2017 dan 2018, Stadion Wibawa Bekasi mengalami renovasi secara besar-besaran yang kemudian menjadikan stadion ini menjadi tempat diselenggarakannya pertandingan persahabatan oleh Timnas Indonesia.

Sayangnya, stadion ini memiliki lahan parkir terbatas walaupun ada dua tempat parkir yang terdapat di Stadion Wibawa tersebut. Yaitu di tribun barat tepatnya di samping Taman sehati, dan tempat parkir lainnya yaitu di tribun timur. Kapasitas maksimalnya hanya sekitar 100 mobil saja.

Fungsi Stadion Wibawa Mukti

Fungsi Stadion Wibawa Mukti

Semua orang tentu tahu bahwa fungsi utama stadion adalah sebagai tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan bertema olahraga, terutama untuk pertandingan sepak bola baik tingkat nasional maupun internasional.

Untuk sementara, Stadion Wibawa Mukti ini dijadikan markas bagi Timnas Indonesia untuk pertandingan laga internasional. Ketika Stadion GBK sedang direnovasi.

Mengapa dipilih Stadion Wibawa? Karena menurut PSSI, stadion ini lebih aman dan juga nyaman jika dilihat dari berbagai aspek yang ada. Misalnya jika melihat secara teknis lapangannya dan bagaimana kontrol aksesnya yang mudah dan cukup efisien. Sebelumnya, Timnas Indonesia lebih sering bertanding di Stadion Patriot Bekasi.

Namun stadion tersebut dianggap kurang support dalam hal kontrol areanya dan akses dalam pengaturan pemain serta media yang datang ke stadion saat pertandingan berlangsung. Sehingga Stadion Wibawa lah yang dipilih Timnas Indonesia.

Ada banyak kegiatan yang biasa diselenggarakan di Stadion Wibawa ini. Bukan hanya pertandingan sepak bola atau kegiatan olahraga saja. Ada banyak kegiatan festival kebudayaan dan seni yang diselenggarakan di wilayah Cikarang Bekasi. Hal itu membuat banyak orang atau pengunjung yang juga datang ke Stadion Wibawa Bekasi.

Ajang tersebut juga bisa menjadi perkenalan bagi stadion terkemuka di Indonesia yang lokasinya berada di Cikarang tersebut. Fungsi lainnya dari stadion ini selain sebagai sarana olahraga, juga bisa menjadi tempat bermain bagi masyarakat di sekitarnya.

Stadion Wibawa juga telah menjadi ikon kebanggaan masyarakat Bekasi.

Karena stadion ini telah menjadi pusat kegiatan olahraga bagi masyarakat Bekasi, seperti misalnya olahraga ringan, jalan santai, jogging, bersantai, bermain dan sebagainya. Karena di stadion ini juga terdapat sarana bermain bagi anak-anak.

Fasilitas Stadion Wibawa Mukti

Fasilitas dari sebuah stadion tentu selalu menjadi hal yang paling penting. Karena kenyamanan pemain, atlet dan penonton bergantung pada fasilitas apa saja yang tersedia di sana. Pembenahan dan renovasi sudah pernah dilakukan oleh Stadion Wibawa ini, yang dimana fasilitasnya pun akan bertambah atau menjadi lebih baik lagi.

Sekitar tahun 2018 lalu, stadion mengalami pembenahan serta penataan ulang di bagian fasilitasnya. Beberapa fasilitas yang ditambahkan dibenahi diantaranya yaitu pembenahan untuk ruangan lobi, lantai dua tribun barat, lantai tiga tribun barat, lantai 1 tribun timur paket 2 dan 3, tenaga keamanan GOR, penataan lapangan parkir, lapangan parkir area panjat tebing, dan sebagainya.

Pemerintah setempat ingin membuat tampilan stadion menjadi lebih cantik. Lantai untuk tribun diganti menjadi lantai beralas keramik. Kemudian di tahun 2020 ini fasilitas stadion juga ditambah dan dibenahi kembali.

Pemerintah Bekasi mengeluarkan dana sekitar 25 milyar rupiah untuk renovasi fasilitas tersebut. Kini Stadion Wibawa Mukti dibuat menjadi stadion yang berstandar FIFA.

Karena rencananya, stadion ini akan menjadi salah satu venue bagi perhelatan besar piala dunia tahun 2021 mendatang. Sehingga perombakan harus dilakukan agar menjadi stadion yang bertaraf internasional. Apa saja yang diperbaiki? Diantaranya yaitu taman yang ada di luar stadion akan diperbaiki dan dibuat lebih indah.

Toilet yang ada stadion juga akan dibenahi kembali agar menjadi toilet dengan standar FIFA.

Bagian listrik serta lampu jalan dan bangku/kursi penonton juga akan dibongkar dan diganti. Setidaknya Stadion Wibawa Bekasi ini memiliki tampilan sekelas internasional dan berstandar FIFA.

Data Stadion Wibawa Mukti

Data Stadion Wibawa Mukti

Ada banyak pertandingan yang telah digelar di Stadion Wibawa ini. Contohnya di tahun 2018 lalu Stadion Wibawa pernah menjadi tempat uji coba empat pertandingan laga Timnas Indonesia, menjadi alternatif markas/kandang Timnas Indonesia, dan pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia melawan UEA di event internasional ASEAN Games tahun 2018.

Pada tahun 2019 kemarin, ada pula pertandingan antara Persija lawan Borneo. Saat itu Wibawa Mukti menjadi stadion pengganti. Karena tadinya pertandingan akan dilangsungkan di Stadion Patriot Bekasi. Pertandingan sepak bola antara Persija dalam melawan Bali United di tahun 2019, juga pernah diselenggarakan di Stadion Wibawa Bekasi tersebut.

Bahkan, Stadion Wibawa juga pernah menjadi tempat seleksi para pemain Timnas Indonesia U-19 pada bulan April 2019 lalu. Lalu latihan perdana bagi Timnas Indonesia untuk piala AFF juga pernah dilakukan di Stadion tersebut. Uji coba bagi Timnas Indonesia VS Hongkong pun dilaksanakan di Stadion Wibawa Bekasi.

Selama beberapa tahun stadion Wibawa berdiri, memang sudah ada banyak pertandingan dan event-event penting yang dilaksanakan di sana.

Stadion ini telah menuai banyak sejarah, dalam beberapa pertandingan sepak bola di Indonesia baik secara nasional maupun internasional.

Laga internasional Timnas Indonesia yang dilaksanakan di Stadion Wibawa, memang menjadi bahan evaluasi bagi timnas itu sendiri.

Harga Tiket Stadion Wibawa Mukti

Tiket yang tersedia di Stadion Wibawa Mukti ini diantaranya yaitu tiket ekonomi, kelas 1, VIP sampai VVIP. Harga tiket ekonomi hanya 20 ribu rupiah, tribun timur VIP hanya 30 ribu rupiah.

Namun bagi penonton yang memiliki tiket VIP tribun timur tersebut, masih bisa menonton di VIP tribun barat. Biasanya harga tiket ini naik setiap tahunnya, atau setelah stadion selesai direnovasi.

Akhir Kata

Sejauh ini, Stadion Wibawa Bekasi telah menjadi salah satu stadion kebanggan Indonesia khususnya bagi masyarakat Bekasi. Apalagi dengan ditambahnya fasilitas-fasilitas mumpuni, atau tambahan taman sehati yang menjadi daya tarik bagi stadion tersebut membuat stadion ini lebih dikenal banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion Barombong
Baca Aja

Stadion Barombong

Stadion Barombong merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, yang dibangun sebagai sarana untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat…