Stadion Patriot

Stadion Patriot Bekasi

Salah satu stadion yang juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Jawa Barat adalah Stadion Patriot yang lokasinya berada di Bekasi. Stadion ini termasuk jenis stadion di Indonesia yang usianya tua, karena dibangun sejak tahun 1980. Saat itu Stadion yang berlokasi di Bekasi ini telah menjadi tuan rumah pada acara PORDA yang ke-IV di Jawa Barat pada tahun 1984.

Pada tahun 2012 mulailah dibangun/direnovasi ulang, tapi baru mulai diresmikan pada tahun 2014. Kapasitas penontonnya pun sudah mencapai 30000 penonton. Kini, stadion ini telah menjadi tempat/markas bagi Patriot Candrabhaga FC, Persipasi Bekasi, dan menjadi markas sementara Persija Jakarta.

Sejarah Stadion Patriot Bekasi

Sejarah Stadion Patriot Bekasi

Pada tahun 2012, Patriot mulai direnovasi, baru di tahun 2014 stadion ini diresmikan secara langsung oleh walikota Bekasi dan walinya. Peresmian tersebut bertepatan secara langsung dengan Hari Ulang Tahun Kota Bekasi. Bahkan saat itu, Pemerintah Bekasi menggelar acara yang cukup besar dengan mengundang beberapa band lokal Indonesia ternama.

Pada hari yang sama dilaksanakan juga pertandingan uji coba, yang dilakukan oleh Persipasi Bekasi dengan melawan Persija Jakarta. Pertandingan tersebut menghasilkan skor akhir yaitu 2-0 bagi tim tamu. 

Awalnya, stadion ini hanya berupa rawa-rawa yang disebut dengan Rawa Tembaga oleh pemerintah setempat. Setelah itu, dibangunlah Stadion Patriot Bekasi. Hingga saat ini pusat pemerintahan Bekasi disebut Kompleks Pemerintahan Kota Bekasi.

Pembangunan stadion dimulai pada tahun 1980. Pada tahun yang sama, dilaksanakan juga pembangunan pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi. 

Namun setelah menjadi gelanggang atau sarana olahraga, namanya diubah menjadi Stadion Bekasi yang kemudian digunakan oleh Persipasi Bekasi sebagai markas. Renovasi yang dimulai pada tahun 2012 silam, menghabiskan dana sebesar 400 milyar rupiah. Dananya berasal dari APBD Pemprov Jabar dan Pemkot Bekasi.

Ada dua pilihan nama pada stadion ini yaitu Patriot Bhagasasi dan Gelora Candrabhaga. Nama Bhagasasi dengan Candrabhaga memiliki filosofinya sendiri, yang diambil dari sebutan untuk Kota Bekasi. Sebutan itu berasal dari zaman Kerajaan Tarumanegara di masa lalu. Namun akhirnya, dipilihlah nama Patriot Candrabhaga.

Fungsi Stadion Patriot

Fungsi Stadion Patriot

Seperti biasa, fungsi stadion secara umum adalah sebagai gelanggang olahraga untuk diselenggarakannya beragam kegiatan/acara olahraga. Khususnya untuk penyelenggaraan pertandingan sepak bola, terutama bagi Persipasi Bekasi dalam melakukan pertandingan-pertandingan sepak bola. Namun, ada beberapa fungsi lainnya yang terdapat pada Stadion Patriot ini. Diantaranya yaitu :

  1. Pertandingan Sepak Bola
  2. Pelantikan PNS bagi Pemkot Bekasi
  3. Pengajian/Tablig Akbar
  4. Pertandingan Event Olahraga lainnya
  5. Apel Kesiagaan Suatu Ormas Tertentu
  6. Pertandingan Sepak Bola antar Selebritis

Masih ada banyak lagi fungsi lainnya dari Patriot ini. Ada banyak kegiatan di luar kegiatan olahraga yang diselenggarakan di sini. Untuk acara/event olahraganya sendiri, Patriot ini sering juga dijadikan venue bagi pertandingan-pertandingan besar.

Lokasi stadion ini cukup strategis karena berada di pusat Kota Bekasi, sehingga dekat dengan pusat perbelanjaan dan transportasi umum.

Hal itu tentu memudahkan masyarakat Bekasi dan sekitarnya yang ingin melakukan olahraga di stadion tersebut. Bisa juga untuk tempat bersantai saja bagi masyarakat Bekasi. Atau bagi para pemain dan tim sepak bola yang akan bertanding, sehingga tidak menghabiskan waktu banyak dari perjalanan hotel ke stadion.

Fasilitas Stadion Patriot

Fasilitas Stadion Patriot

Bagaimana dengan fasilitas pada Stadion Patriot ini? Jawabannya tentu saja cukup banyak dan lengkap. Apalagi sejak direnovasi pada tahun 2017 karena menjadi salah satu venue Asian Games di tahun 2018, maka fasilitas pun semakin bertambah dan dibenahi kembali. Keunggulan dari fasilitas internal stadion ini ada pada jumlah kapasitas penontonnya yang mencapai 30000 penonton.

Kemudian rumput lapangan yang digunakan di stadion ini menggunakan rumput zoysia yang berstandar internasional. Ada beberapa fasilitas utama yang khusus diberikan pada para atlet, seperti misalnya penginapan dan rumah sakit. Fungsinya adalah, bagi mereka yang akan bertanding tak usah mencari hotel lainnya karena sudah disediakan.

Diantaranya yaitu Hotel Aston, Horison dan INASGOC. Sedangkan fungsi rumah sakit itu sendiri yaitu bagi para atlet yang cidera atau sakit bisa langsung dilarikan ke rumah sakit yang telah ditunjuk. Yaitu RS Hermina, Global, RS Mitra Keluarga dan RSU Bekasi. Ada beberapa sarana olahraga yang juga ditambahkan di Patriot ini. Yaitu lintasan atletik, lapangan basket, badminton dan sebagainya.

Renovasi yang dilakukan pada tahun 2017 kemarin menghasilkan beberapa fasilitas baru, yaitu rumput dengan standar OCA, adanya papan skor secara digital, sistem drainase, kursi tribun dengan tipe single seat, ditingkatkannya daya lampu di lapangan dari 1600 menjadi 2000 lux. Serta ditambahkannya jumlah CCTV dari 20 unit kini bertambah menjadi 60 unit.

Fasilitas Baru Stadion Patriot Bekasi

Kini, stadion ini telah memiliki wajah baru dengan fasilitas yang lebih baik dan bertambah. Karena ditetapkan sebagai salah satu stadion bertaraf internasional di Indonesia, maka Patriot juga menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Bekasi.

Data Stadion Patriot Bekasi

Data Stadion Patriot Bekasi

Seperti yang kita ketahui, tujuan direnovasinya Patriot adalah untuk acara Asian Games karena Patriot terpilih menjadi salah satu venuenya.

Otomatis, acara Asian Games tahun 2018 juga diselenggarakan di sini. Menjadi tempat pertandingan sepak bola piala presiden, laga sepak bola internasional, pertandingan sepak bola antara Persib dan Persija, sampai apel persiapan untuk pertandingan sepak bola lainnya.

Selain segala acara/kegiatan olahraga tersebut di atas, Patriot juga tentu selalu menjadi tempat pertandingan bagi Persipasi Bekasi. Bahkan rencananya, Patriot juga akan menjadi venue bagi acara piala dunia di tahun 2021 nanti. Tak heran jika ada banyak persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Bekasi, terkait dengan acara piala dunia tersebut.

Pertandingan liga 1 yang dilakukan pada tahun 2019 kemarin juga pernah diselenggarakan di Stadion Patriot. Piala Asia U-19, shoppee liga 1 tahun 2019, dan timnas Indonesia U-23 melawan Palestina pada tahun 2018 juga menjadi beberapa pertandingan sepak bola yang pernah diselenggarakan di Patriot. Ternyata, Patriot sudah ditempati oleh banyak pertandingan sepak bola dan event olahraga lainnya.

Harga Tiket Stadion Patriot

Berapapun jumlah tiket yang ditawarkan pada penonton di suatu stadion, tentu akan tetap diterima. Karena kecintaan mereka pada olahraga sepak bola. Lalu bagaimana dengan harga tiket di stadion ini? Harganya tentu beragam. Sesuai dengan tribun masing-masing untuk kursi penonton tersebut.

Harga tiket untuk menonton suatu pertandingan atau event olahraga di Patriot ini biasanya tergantung pada jenis acaranya. Misalnya pada acara Asian Games tahun 2018 kemarin, tiket paling murah yang ditawarkan adalah 75 ribu rupiah untuk kategori C. Untuk kategori B yaitu 150 ribu rupiah, untuk kategori A adalah 300 ribu rupiah, dan VIP yaitu 500 ribu rupiah.

Akhir Kata

Patriot telah menjadi stadion yang bertaraf internasional dengan fasilitas lengkap dan cukup mewah. Sehingga event olahraga besar apapun yang diselenggarakan di sini akan memuaskan setiap tamunya. Selain itu, Patriot juga dianggap telah berhasil menjadi stadion yang memiliki daya tarik di Indonesia. 

Misal, dengan lokasinya yang strategis dan fungsinya yang cukup luas tidak terbatas pada acara/pertandingan olahraga saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion GBK
Baca Aja

Stadion GBK

Stadion GBK – Ada beberapa stadion yang bertaraf internasional di Indonesia, tetapi stadion di Indonesia masih dianggap tertinggal…