Stadion Papua Bangkit

Stadion Papua Bangkit

Ada banyaknya tim sepak bola di Indonesia, membuat hampir setiap daerah di Indonesia memiliki stadionnya masing-masing. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan penggunaan dari stadion itu sendiri, bagi setiap pertandingan bola dan kegiatan olahraga lainnya. Papua menjadi salah satu daerah di Indonesia, yang juga membangun stadion megah dan mewah yaitu Stadion Papua Bangkit.

Stadion ini bahkan dianggap lebih mewah dari Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta. Serta menjadi stadion berkelas dunia. Karena dibangun dengan sangat megah, maka stadion ini mampu menampung ribuan orang dengan ukuran yang memang sangat luas. Selain itu, fasilitas stadion ini juga pastinya lengkap dan memiliki kualitas jempolan.

Sejarah Stadion Papua Bangkit

Sejarah Stadion Papua Bangkit

Diam-diam, wilayah paling Timur Indonesia ini membangun stadion olahraga yang sangat megah. Stadion Papua ini memiliki ukuran yang sangat luas sekali, dengan ukuran yang mencapai 71.697 m2. Sedangkan luas lahannya sendiri mencapai 13 hektar. Karena memiliki ukuran yang sangat luas, maka stadion ini mampu menampung puluhan ribu penonton, sekitar 40.000 penonton.

Namun dengan luas dan megahnya stadion Papua ini, segala jenis kegiatan olahraga apapun juga bisa dilakukan di sini. Ada beragam venue olahraga yang dapat diadakan di Stadion Papua Bangkit

Awal dibangunnya Stadion Papua ini yaitu di tahun 2016 tepatnya di tanggal 29 Desember. Baru di tahun 2018 silam stadion ini pun rampung dan dapat digunakan. Akhirnya, stadion yang megah dan memiliki etnik Papua ini selesai dibangun. Uniknya, di samping kiri dan kanan stadion terdapat ukiran yang bentuknya plengkung.

Fungsi Stadion Papua Bangkit

Fungsi Stadion Papua Bangkit

Fungsi utama dari stadion ini tentu untuk melaksanakan segala arena olahraga, khususnya pertandingan bola. Namun fungsi lain dari dibangunnya Stadion Papua ini adalah untuk diselenggarakannya PON atau Pekan Olahraga Nasional, yang rencananya akan diselenggarakan di tahun 2020. 

Sayangnya, pelaksanaan pertandingan sepak bola di acara PON nanti tidak akan digelar secara langsung di Stadion Papua. Karena acara pembukaan dan penutupan PON saja yang akan diselenggarakan di stadion tersebut. Event di luar itu tidak dilaksanakan di sana. 

Bahkan, walaupun Stadion Papua memiliki trek lari atau lapangan yang luas untuk cabang olahraga atletik tetapi pelaksanaan bidang olahraga tersebut hanya akan dilaksanakan di Timika. Walaupun begitu, stadion ini tetap akan menarik perhatian banyak orang bahkan dunia jika pelaksanaan dalam pembukaan dan penutupan PON nanti dilaksanakan di sana.

Fasilitas Stadion Papua Bangkit

Fasilitas Stadion Papua Bangkit

Fasilitas apa saja yang terdapat di Stadion Papua ini? Pertanyaan berikut tentu mewakili pertanyaan banyak orang. Karena tempatnya yang sangat mewah dan berkelas, maka fasilitasnya pun tentu akan disesuaikan. Berikut ini fasilitas yang terdapat di Stadion Papua Bangkit :

Memiliki Kualitas Rumput Sesuai Standar FIFA

Gelanggang mewah yang satu ini memiliki kualitas rumput yang berkelas dunia, yaitu sesuai dengan standar FIFA. Karena stadion ini telah dilengkapi dengan rumput berjenis Zoysia Matrella yang sudah termasuk standar rumput internasional.

Harga pasaran dari jenis rumput tersebut mencapai Rp.90.000/m2. Tak heran bila gelanggang ini menelan biaya yang tidak sedikit dalam pembangunannya.

Memiliki Beberapa Sarana Olahraga Lengkap

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa stadion ini sudah dilengkapi dengan beberapa venue untuk beberapa cabang olahraga lainnya. Bahkan Stadion Papua ini telah dilengkapi dengan sarana aquatik dan gelar untuk pertandingan atletik. Kapasitas lintasannya pun mencapai 45.000-48.000.

Tak mengherankan jika akan ada banyak event sekelas internasional yang nantinya digelar di stadion tersebut. 

Data Stadion Papua Bangkit

Data Stadion Papua Bangkit

Karena stadion ini termasuk jenis stadion yang baru dibangun, maka kejuaraan atau acara olahraga apapun belum pernah dilaksanakan di sana. Rencananya memang akan dijadikan tempat untuk pembukaan serta penutupan PON 2020. Namun, lebih dari itu belum dilangsungkan acara apapun. 

Sejauh ini masih menjadi arena olahraga baru yang ditunjang dengan tempat wisata baru di Papua, karena pemandangan di sekitarnya pun begitu indah sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata khususnya bagi Anda yang senang dengan dunia olahraga.

Pembangunan Stadion Papua Terinspirasi oleh Stadion Ajax

Stadion Ajax Amsterdam

Tahukah Anda, kandang Belanda Ajax menjadi inspirasi dalam pembangunan Stadion Papua yang bertaraf internasional ini. Stadion ini memiliki jarak sekitar 10 Km saja dari Bandara Jayapura dan memiliki kapasitas maksium penonton sebanyak 40.000. Bukan hanya bangunannya yang sangat bagus dan megah, tetapi akses jalan untuk menuju ke sana juga sudah bagus.

Pada saat masuk ke dalam stadion, rumputnya sudah tertanam dengan baik, ditambah dengan tiang gawang yang telah berdiri dengan kokohnya. Fasilitas tambahan yang bisa Anda temukan di Stadion Papua ini diantaranya yaitu media center, ruangan VIP, kamar ganti bagi setiap pemain, ruangan untuk wasit, ruangan untuk konferensi pers dan ruangan untuk para panita pelaksana.

Masih ada juga ruangan lainnya yang cukup memukau, yaitu ruangan ball boy, area pemanasan bagi para atlet, dan ruang escort kid yang nantinya akan menemani para pemain untuk berjalan di lapangan pada saat pemain/atlet akan mulai bertanding. Perkiraan dana yang dikeluarkan untuk membangun stadion ini, yaitu sekitar 1,3 milyar.

Maka tak heran bila Ajax Amsterdam menjadi acuan dalam pembangunan stadion ini. Kemegahannya dan lengkapnya fasilitas di sana, sesuai dengan stadion yang berada di Amsterdam tersebut. 

Tujuan Pembangunan Stadion

Tujuan Pembangunan Stadion Papua

Tujuan dari dibangunnya Stadion Papua ini adalah untuk penyelenggaraan acara PON dan agar wilayah Indonesia bagian timur ini memiliki kemajuan/perkembangan dalam hal pembangunannya. Sehingga pembangunan stadion ini sengaja dibuat dengan taraf internasional, dan diharapkan akan ikut berperan dalam kemajuan dari Papua itu sendiri.

Sehingga dengan adanya Stadion Papua ini, wilayah Indonesia bagian timur dapat mengejar ketertinggalan dari wilayah lainnya di Indonesia. Jika sudah ada stadion olahraga dengan fasilitas yang lengkap dan mewah di Papua, maka pembangunan bagi tempat lainnya akan mengikuti. Sehingga, Papua secara keseluruhan akan menjadi lebih maju dan berkembang.

Jelas sudah bahwa stadion ini telah berhasil menjadi kebanggaan orang Indonesia, khususnya wilayah Indonesia bagian timur. Hal ini menjadi kabar gembira bagi para pecinta olahraga terutama pecinta sepak bola Indonesia.

Harga Tiket Stadion

Harga Tiket Stadion Papua Bangkit

Harga tiket masuk ke Stadion Papua Bangkit ini juga belum tertera, karena memang belum ada satu pun kegiatan/acara yang diselenggarakan di sana.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Stadion Papua Bangkit ini menjadi kebanggaan baru bagi Indonesia. Kini, Indonesia memiliki gelanggang megah dan mewah di Papua. Papua tidak lagi dianggap sebagai pulau tertinggal di Indonesia, tapi dengan adanya stadion ini maka Papua juga memiliki keunikannya sendiri.

Selain itu, stadion mewah ini juga akan bermanfaat banyak bagi Indonesia terutama dalam bidang olahraga. Apalagi stadion ini juga tampak sangat menakjubkan karena bangunannya merupakan paduan antara alam dan budaya Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Papua identik dengan alamnya yang natural, indah dann menakjubkan. Sehingga ukiran yang menjadi hiasan di Stadion Papua ini juga melengkapi kemewahan pada gelanggang tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion Pakansari
Read More

Stadion Pakansari

Selain stadion Gelora Bung Karno, Indonesia masih memiliki beberapa stadion olahraga yang digunakan untuk berbagai jenis event olahraga…
Stadion Manahan Solo
Read More

Stadion Manahan Solo

Solo juga memiliki stadion andalan, yang digunakan untuk berbagai aktivitas/kegiatan atau segala hal yang berkaitan dengan olahraga. Stadion…
Stadion Maguwoharjo
Read More

Stadion Maguwoharjo

Hampir di setiap wilayah Indonesia, terdapat stadion yang khusus digunakan untuk kegiatan/event olahraga serta kegiatan pertandingan sepak bola.…
Stadion Mandala Krida
Read More

Stadion Mandala Krida

Selain Stadion Maguwoharjo, masih ada juga stadion lainnya yang lokasinya di Yogyakarta. Yaitu Stadion Mandala Krida. Stadion ini…