Stadion Pakansari

Stadion Pakansari

Selain stadion Gelora Bung Karno, Indonesia masih memiliki beberapa stadion olahraga yang digunakan untuk berbagai jenis event olahraga atau pertandingan sepak bola. Salah satunya yaitu Stadion Pakansari yang lokasinya berada di kawasan Cibinong Jawa Barat. Selama ini stadion olahraga Pakansari sudah menjadi markas PS TNI pada kompetisi ISC.

Bahkan stadion ini juga sempat menjadi salah satu arena untuk pertandingan sepak bola di acara Sea Games tahun 2018 lalu. Ada beberapa stadion yang dijadikan tempat untuk pertandingan sepak bola di acara Sea Games tersebut. Diantaranya yaitu Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Patriot Bekasi, Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung dan salah satunya yaitu Pakansari.

Sejarah Stadion

Sejarah Stadion

Stadion yang berlokasi di Cibinong ini resmi dibuka di tahun 2014 lalu. Stadion ini telah menjadi salah satu kebanggaan, bagi masyarakat Bogor sampai saat ini. Stadion tersebut dianggap sebagai stadion olahraga yang mutifungsi. Karena stadion ini bisa digunakan untuk beragam acara dan kegiatan. Seperti misalnya kegiatan drumband, kompetisi atletik, sampai pertandingan sepak bola.

Pertandingan sepak bola yang diadakan di stadion ini, biasanya berasal dari beragam acara olahraga tertentu seperti PON atau Sea Games. Salah satu prestasi yang dimiliki oleh stadion ini adalah menjadi nominasi terbaik dunia di tahun 2016, dan berhasil bersaing dengan 29 stadion olahraga lainnya yang tersebar di Indonesia.

Ada banyak kejuaraan olahraga sepak bola yang juga pernah diselenggarakan di stadion ini. Konstruksi pembangunan Pakansari dimulai dari Januari 2012 hingga akhirnya selesai di tahun 2014. Biaya pembangunan stadion ini mencapai 282 milyar. Pengguna tetap stadion ini, tak lain adalah Persikabo yaitu tim sepak bola yang berasal dari Bogor.

Fungsi Stadion

Fungsi Stadion

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pakansari ini merupakan stadion yang multifungsi. Karena tak hanya digunakan untuk bermain sepak bola saja. Siapa saja yang datang ke stadion, bahkan bisa melakukan hal menarik lainnya misalnya berswafoto atau tempat berkumpul dengan beberapa teman yang juga menyukai olahraga sepak bola.

Mengapa bisa berswafoto di sana? Karena tempatnya sangat bersih dan nyaman. Sehingga dua hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung ke sana, khususnya bagi masyarakat Bogor. Namun, fungsi utama dari Stadion Pakansari adalah sebagai tempat bermain atau dilaksanakannya pertandingan sepak bola bagi Klub Persikabo.

Bahkan kini, stadion ini sudah menjadi markas klub bola yang berasal dari Kota Bogor tersebut. Fungsi lainnya dari Pakansari ini adalah, menjadi tempat berolahraga misalnya jogging bagi masyarakat sekitar. Tak jarang di sekitar wilayah stadion, banyak orang yang sekaligus berkuliner ria karena ada banyak orang yang berjualan makanan, pakaian dan kebutuhan lainnya.

Karena stadion ini memiliki kapasitas penonton yang jumlahnya cukup besar, maka sering dilaksanakan berbagai kegiatan/acara olahraga bertaraf internasional. Hal ini disesuaikan juga dengan fasilitasnya yang cukup lengkap. Tak heran jika Pakansari juga dijadikan sport center di kawasan Cibinong Bogor.

Fasilitas Stadion

Fasilitas Stadion

Kemegahan yang dimiliki stadion ini terlihat dari beberapa fasilitasnya yang cukup lengkap. Pakansari telah menjadi warisan dalam hal fasilitas olahraga di Indonesia. Salah satu keunggulan Pakansari adalah menjadi salah satu stadion yang bertaraf internasional di Jawa Barat Indonesia.

Berikut ini beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Stadion Pakansari :

Memiliki Sistem Kursi Single Seat

Dianggap sebagai salah satu stadion dengan taraf internasional, maka Pakansari telah menggunakan sistem kursi yang modelnya juga mengacu pada stadion internasional di luar negeri. Yaitu menggunakan jenis kursi single seat, sehingga setiap penonton akan duduk sesuai nomor kursi yang tertera pada tiket masuk.

Terletak di Lokasi yang Menarik

Lokasi Pakansari berada di Cibinong Bogor dengan luas area yang sangat luas. Sehingga di sekitar area stadion ini hawanya sangat sejuk, karena dikelilingi oleh segala hal yang hijau seperti bukit serta pepohonan lengkap dengan pemandangannya yang indah. Bahkan bila cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat indahnya siluet Gunung Salak dari kejauhan.

Memiliki Jumlah Kapasitas Penonton Sebanyak 30.000 Penonton

Walaupun jumlahnya masih kalah jauh dengan kapasitas penonton Stadion Gelora Bung Karno, tetapi jumlah kapasitas 30.000 ini sejauh ini masih cukup memadai dalam menampung penontong khususnya ketika pertandingan sepak bola tiba. Karena biasanya saat pertandingan berlangsung, jumlah penonton bisa membludak.

Menggunakan Jenis Rumput yang Cukup Berkualitas

Hampir setiap stadion dengan taraf internasional, jenis rumputnya pun dibuat dari jenis rumput berkualitas. Sama halnya dengan Pakansari, yang menggunakan jenis rumput Cynodon Dactylon yang juga sering disebut dengan rumput bermuda. Bahkan biaya perawatannya saja bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Memiliki Berbagai Sarana Atletik

Ada beberapa sarana atletik yang tersedia di Pakansari, diantaranya yaitu lapangan sepak bola, arena lempar lembing, lintasan lari dan arena lompat jauh.

Data Stadion

Sejauh ini sudah banyak sekali acara/kegiatan yang diselenggarakan di Stadion Pakansari. Misalnya semifinal AFF tahun 2016, saat itu timnas dari Indonesia melawan Vietnam. Karena Pakansari dianggap sudah lolos verifikasi dan layak digunakan dalam melaksanakan semifinal AFF tersebut.

Event olahraga lainnya yang diselenggarakan di stadion tersebut yaitu kejurnas atletik pada tahun 2019. Pertandingan itu bahkan diikuti oleh ribuat atlet yang berasal dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Masih ada juga pertandingan lainnya yaitu kejuaraan panjat tebing se-Asia khusus putri dalam rangka Asia Championship tahun 2019 kemarin.

Acara lainnya yang dilaksanakan di stadion ini di luar dari event olahraga adalah acara food festival. Namun meskipun begitu, acara ini masih berkaitan dengan event yang sedang berlangsung. Karena diadakan ketika Asian Championsip berlangsung.

Rencananya, Pakansari juga akan menjadi tempat penyambutan piala dunia tahun 2021 mendatang. Untuk itu, segala fasilitas yang sudah terbilang lengkap di stadion ini pun semakin bertambah.

Harga Tiket Stadion

Harga tiket masuk setiap pertandingan apapun di hampir setiap stadion biasanya berbeda-beda. Harganya akan disesuaikan dengan jenis pertandingan yang digelar. Harga tiket masuk rata-rata pada stadion yang terletak di Cibinong ini, sekitar 75-150 ribu. Harga tersebut terbilang cukup murah, dan masih terjangkau untuk setiap kalangan para pecinta bola.

Akhir Kata

Arsitektur bangunan Pakansari terbilang sudah modern, tetapi sebagian besar model bangunannya masih menggunakan kearifan lokal Kota Bogor. Sehingga hal itu menjadi ciri khas stadion ini. Selain itu, stadion ini juga sangat mengutamakan kebersihan di setiap tempatnya.

Baik di dalam maupun di luar stadion, itulah sebabnya banyak orang yang sengaja datang ke sana untuk menikmati keindahan stadionnya. Bentuknya yang atraktif dengan aneka warna cerah, juga menjadi ciri yang cukup mencolok pada Stadion Pakansari.

Stadion ini juga telah resmi digunakan di tahun 2014, sehingga sudah ada banyak kejuaraan dan pertandingan yang diselenggarakan di sana. Masih akan ada banyak kejuaraan dan event olahraga lainnya yang direncanakan untuk diselenggarakan di Pakansari, dan tentunya akan disambut meriah oleh masyarakat Kota Bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion Wibawa Mukti
Baca Aja

Stadion Wibawa Mukti

Bekasi bukan hanya memiliki Stadion Patriot saja, tapi juga memiliki stadion kebanggan lainnya yaitu Stadion Wibawa Mukti. Stadion…
Stadion Batakan
Baca Aja

Stadion Batakan

Bukan hanya di beberapa daerah Pulau Jawa saja, tetapi stadion olahraga atau gelanggang olahraga juga terdapat di luar…
Stadion GBK
Baca Aja

Stadion GBK

Stadion GBK – Ada beberapa stadion yang bertaraf internasional di Indonesia, tetapi stadion di Indonesia masih dianggap tertinggal…