Stadion Mandala Krida

Stadion Mandala Krida

Selain Stadion Maguwoharjo, masih ada juga stadion lainnya yang lokasinya di Yogyakarta. Yaitu Stadion Mandala Krida.

Stadion ini merupakan salah satu fasilitas atau sarana olahraga bagi seluruh masyarakat Yogyakarta, yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Yogyakarta. Lokasi stadion ini terbilang cukup strategis, karena dengan dengan bandara dan ada di tengah Kota Yogya.

Lokasi yang strategis pada sebuah stadion atau sarana olahraga, akan memudahkan akomodasi bagi para peserta olahraga atau tim sepak bola yang akan bertanding. Sehingga, perjalanan yang ditempuh dari hotel ke lokasi juga cukup dekat.

Rencananya, Stadion Mandala ini akan dijadikan tempat/venue untuk piala dunia mendatang. 

Sejarah Stadion Mandala Krida

Sejarah Stadion Mandala Krida

Stadion yang berlokasi di daerah Semaki Umbulharjo Yogyakarta ini, dikelilingi oleh tiga jalan utama di Yogya yaitu Jl. Gondosuli dari sebelah timur, Jl. Andung dari sebelah barat dan Jl. Kenari dari sebelah Selatan.

Awalnya PSS dari Kabupaten Sleman juga menggunakan stadion ini untuk latihan serta pertandingan sepak bola.

Kapasitas maksimal penonton pada Stadion Mandala ini adalah sekitar 20.000 sampai 25.000 penonton. Pengelola stadion ini diantaranya yaitu Pemuda dan Olahraga Istimewa Yogyakarta, serta Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan. Ada banyak pertandingan serta event olahraga yang diselenggarakan di Stadion Mandala Krida tersebut.

Bahkan Stadion Mandala telah melalui perombakan secara total yang menghabiskan dana sekitar 158 milyar. Karena stadion ini dipilih menjadi salah satu venue untuk acara piala dunia mendatang.

Kini, pengguna Stadion Mandala ini adalah PSIM Yogyakarta dan Persikarta Yogyakarta. Selain Stadion Maguwoharjo, Stadion Mandala juga menjadi kebanggaan masyarakat Yogyakarta.

Fungsi Stadion Mandala Krida

Fungsi Stadion Mandala Krida

Pada umumnya Stadion Mandala digunakan untuk pertandingan sepak bola, dan beberapa acara besar di Yogya seperti misalnya konser band besar-besaran, acara kampanye calon presiden, bahkan shalat ID. Stadion ini memang cukup luas untuk menampung acara-acara tersebut. Bahkan, Stadion Mandala juga digunakan sebagai markas PSIM Yogyakarta.

Masih ada banyak lagi kegiatan lainnya yang biasa dilakukan di Stadion Mandala. Seperti misalnya acara bersepatu roda, atletik, balap motor, basket, voli, panjat tebing, dan sebagainya. Untuk kegiatan diluar kegiatan olahraga yaitu pentas musik, bazar, upacara-upacara penting, pameran dan sebagainya. Stadion Mandala memang memiliki lebih banyak kegiatan dibanding stadion lainnya.

Karena biasanya stadion hanya digunakan sebagai tempat untuk kegiatan olahraga saja, atau sebagai sarana olahraga saja. Namun, Stadion Mandala memberi izin untuk diselenggarakannya beragam acara di luar kegiatan olahraga. Bahkan beberapa ruangan/bangunannya pun disewakan pada masyarakat umum. 

Bukan hanya untuk pertandingan/kegiatan olahraganya saja. Tapi Stadion Mandala Krida juga bisa digunakan untuk latihan, bagi masyarakat yang ingin berlatih olahraga di sana. Misalnya latihan atletik/jogging, latihan basket, latihan panjat tebing, serta latihan sepatu roda untuk pemerintah daerah setempat atau klub nasional dan non nasionalnya.

Fasilitas Stadion Mandala Krida

Fasilitas Stadion Mandala Krida

Setiap stadion tentu harus memiliki sejumlah fasilitas yang akan menunjang kegiatan/acara yang diselenggarakan di sana. Fasilitas ini tentu harus dibuat selengkap dan senyaman mungkin. Sehingga siapapun yang menggunakan Stadion Mandala merasa puas dengan segala fasilitas yang tersedia di sana. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Stadion Mandala :

  1. Lapangan Sepak Bola
  2. Lintasan Lari/jogging Track
  3. Tribun Penontong dengan Kapasitas Maksimal Sekitar 25000 orang
  4. Ruang Ganti bagi Para Pemain yang Dilengkapi dengan Toilet
  5. Ruang Wasit
  6. Toilet untuk Umum

Selain itu, ada juga fasilitas yang letaknya berada di lingkungan kompleks stadion tersebut. Seperti :

  1. Lapangan Voli Pasir
  2. Area Parkir
  3. Dinding untuk Panjat Tebing
  4. Toilet
  5. Mushala

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Stadion Mandala Krida akan dijadikan venue untuk acara piala dunia tahun 2021 nanti. Maka dilakukanlah renovasi pada stadion ini, untuk menambah/memperbaiki fasilitas yang telah tersedia di sana. Hal itu dilakukan untuk menunjang acara besar seperti piala dunia mendatang.

Fasilitas Mandala Krida

Rencananya, penambahan fasilitas yang akan ditambahan pada Stadion Mandala ini adalah kursi penonton serta pembatas diantara penonton dengan lapangan sepak bola.

Fasilitas lainnya tentu akan ditambahkan, karena selain sebagai venue acara piala dunia Stadion Mandala juga akan menjadi tempat pertandingan pertama bagi timnas U-20 di acara piala dunia.

Hal itu akan menjadi catatan sejarah bagi timnas U-20 dalam penampilan perdananya di Stadion Mandala. Serta menjadi kebanggaan utama bagi Kota Yogyakarta. Ruangan lainnya yang belum tersedia di Stadion Mandala ini adalah ruang VVIP.

Karena pertandingan piala dunia ini akan dihadiri oleh berbagai tamu penting dari seluruh dunia, maka ruangan VVIP ini tentu harus ada.

Selain itu, toilet yang tersedia di Stadion Mandala juga belum terbilang mewah seperti stadion lainnya di beberapa daerah di Indonesia yang telah bertaraf internasional. Belum lagi daya lampu di lapangan yang juga masih dianggap kurang. Bagi suatu pertandingan kelas dunia, daya lampu menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Ditambah lagi dengan kondisi rumput yang digunakan di lapangan sepak bola juga masih harus dicek kembali apakah harus diganti dengan jenis rumput yang paling bagus.

Data Stadion Mandala Krida

Data Stadion Mandala Krida

Ada beberapa pertandingan penting dan juga besar yang pernah diselenggarakan di Stadion Mandala Yogyakarta. Seperti misalnya pertandingan empat besar dalam event olahraga Liga Medco di tahun 2008 lalu. Ada dua musim kompetisi yang pernah dilakukan oleh PSS Sleman di Stadion Mandala, yaitu Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2002 dan tahun 2003.

Bukan hanya pertandingan sepak bola, masih ada juga kejuaraan/lomba atletik pada lintasan internasional yang ada di sana. Lintasan yang bagus dan megah menjadi keistimewaan Stadion Mandala. Sirkuit atletik yang ada di Stadion Mandala juga sudah bersertifikat. Tahun 2019 kemarin, Stadion Mandala juga menggelar acara PORDA atau Pekan Olahraga Daerah.

Salah satu perusahaan Asuransi terbesar di Indonesia, juga pernah menggelar acara wisata gowes di Yogyakarta yang dilakukan di Stadion Mandala. Acara tersebut diikuti oleh para pecinta olahraga sepeda di Yogyakarta bahkan dari luar daerah Yogya.

Harga Tiket Stadion Mandala Krida

Setiap kali diadakan pertandingan olahraga di Stadion Mandala Krida  atau kegiatan olahraga lainnya, tentu akan diberlakukan harga tiket masuk bagi para penonton. Harga yang tertera pada tiket Stadion Mandala tersebut adalah 150 ribu untuk VIP, tibun tertutup yang berada di sisi utara dan juga selatan dibandrol dengan harga 75 ribu.

Sedangkan untuk tribun yang berada di sisi timur 45 ribu. Harga tiket stadion yang berada di tribun sisi selatan yaitu 35 ribu rupiah. Harga tersebut adalah harga baru atau harga setelah ada kenaikan. Harga baru pada tiket masuk Stadion Mandala ini telah diberlakukan sejak akhir tahun 2019 kemarin.

Akhir Kata

Kelengkapan ruangan/bangunan pada Stadion Mandala ini sudah terbilang lengkap. Karena banyak sekali kegiatan olahraga selain sepakbola dan non olahraga yang diselenggarakan di sini.

Sedangkan untuk fasilitasnya masih terbilang kurang jumlahnya dan kurang mewah. Namun, dengan adanya acara piala dunia tahun 2021 mendatang maka fasilitas di Stadion Mandala akan semakin lengkap.√

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion GBK
Baca Aja

Stadion GBK

Stadion GBK – Ada beberapa stadion yang bertaraf internasional di Indonesia, tetapi stadion di Indonesia masih dianggap tertinggal…
Stadion Barombong
Baca Aja

Stadion Barombong

Stadion Barombong merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, yang dibangun sebagai sarana untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat…