Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo

Solo juga memiliki stadion andalan, yang digunakan untuk berbagai aktivitas/kegiatan atau segala hal yang berkaitan dengan olahraga. Stadion ini lokasinya berada di Surakarta Jawa Tengah, yang disebut dengan Stadion Manahan Solo. Stadion ini juga menjadi markas bagi klub sepak bola Persis Solo. Dari sekian banyak stadion yang ada di Indonesia, stadion yang satu ini juga memiliki keunggulannya sendiri.

Masing-masing stadion tentu memiliki fasilitas dan keunggulan yang berbeda-beda. Bahkan jumlah kapasitas maksimal penontonnya pun berbeda-beda. Seperti pada Stadion Manahan ini. Kini stadion megah ini menjadi salah satu ikon Kota Solo yang cukup membanggakan bagi sebagian besar masyarakat Solo.

Sejarah Stadion Manahan Solo

Sejarah Stadion Manahan Solo

Pada beberapa tahun terakhir, ada banyak stadion baru yang mulai bermunculan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Sedangkan Stadion Manahan yang berlokasi di Solo ini, termasuk jenis stadion lama. Awal dibangunnya stadion ini yaitu di tahun 1989 silam. Namun baru selesai dibangun dan mulai dibuka, beberapa tahun kemudian yaitu di tahun 1998.

Proses pembangunannya memang cukup lama, tetapi stadion ini juga sudah menorehkan banyak prestasi kejuaraan khususnya bagi tim sepak bola Solo. Tahukah Anda, bahwa stadion ini menjadi stadion pertama yang menjadi tuan rumah dalam event olahraga difabel paling besar se-Indonesia dan se-Asia Tenggara yaitu event ASEAN Para Games yang diselenggarakan tahun 2011.

Pada tahun 2008, Stadion Manahan melakukan renovasi pada sebagian besar bangunan dan penambahan fasilitasnya. Sehingga, untuk sementara stadion tutup dahulu dan tak ada aktivitas apapun di dalamnya. Renovasi dilakukan karena stadion ini cukup sering terkena banjir saat musim hujan tiba. Sehingga ada penambahan drainase pada renovasi tersebut.

Bahkan hampir seluruh bagian lapangannya pun mengalami perombakan. Renovasi tersebut akhirnya menghalau pendapat banyak orang mengenai stadion langganan banjir. Tepatnya di tahun 2009 rangkaian renovasi tersebut akhirnya selesai dilakukan. Stadion Manahan akhirnya dibuka kembali dan berfungsi seperti sedia kala.

Kemudian di tahun 2018 kemarin, dilakukan renovasi kembali bahkan lebih besar dibanding renovasi di tahun 2008. Hingga akhirnya, Stadion Manahan Solo dinobatkan sebagai salah satu stadion mewah di Indonesia.

Fungsi Stadion Manahan Solo

Fungsi Stadion

Sama dengan fungsi stadion pada umumnya, Stadion Manahan juga berfungsi sebagai tempat atau arena khusus untuk pertandingan sepak bola. Terutama bagi klub/tim sepak bola Solo. Selain itu, tempat ini juga banyak dijadikan sebagai venue untuk acara-acara besar misalnya piala dunia yang rencananya akan diselenggarakan di tahun 2021 mendatang.

Itulah sebabnya di tahun 2018 kemarin stadion ini dibangun lebih mewah dan lebih megah dengan tambahan fasilitas yang lebih canggih, sehingga tampilannya pun hampir menyerupai Stadion GBK mini. Maka dari itu, Stadion Manahan dianggap cocok menjadi venue untuk acara besar tersebut. 

Stadion Manahan juga dijadikan salah satu stadion di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Tengah, yang bertaraf internasional. Karena hal itu akan mendukung kemampuan stadion ini dalam menjadi venur terpilih, bagi acara olahraga internasional.

Fasilitas Stadion Manahan Solo

Fasilitas Stadion Manahan Solo

Sejak direnovasi, maka ada banyak fasilitas tambahan yang juga terbilang mewah pada Stadion Manahan tersebut. Ada banyak sekali perubahan pada stadion tersebut. Berikut ini beberapa fasilitas tambahan dari Stadion Manahan Solo yang dimana, biaya renovasinya mencapai angka ratusan milyar rupiah. Berikut penuturannya :

  • Adanya Jacuzi Pada Ruang Ganti

Bertujuan demi kenyamanan para atlet saat bertanding, Stadion Manahan memiliki fasilitas mewah yaitu jacuzi di ruang ganti. Jacuzi atau kolam air panas ini tersedia bagi masing-masing tim, dan ada juga di ruang pemanasan. 

  • Fasilitas Tambahan yang Diubah

Fasilitas tambahan lainnya yang sudah ada tetapi dibenahi/ditambahkan adalah lintasan atletik yang diperbaiki. Setelah diperbaiki, lintasan tersebut akhirnya mendapat sertifikat kelas dua. Selain itu ada penambahan juga pada fasad stadion, yang digambar dengan motif batik Solo. Karena batik adalah salah satu ciri khas dari Kota Solo.

Belum lagi pada bagian kostruksi atap stadion, yang telah menggunakan space frame. Tambahan fasilitas lainnya yaitu lift yang terletak di tribun barat khusus VIP, dan 24 buah kursi khusus para penderita difabel.

  • Adanya Ruang Pemanasan

Ruangan lainnya yang menjadi salah satu fasilitas mewah di Stadion Manahan ini adalah ruang pemanasan. Ruangan ini khusus untuk para atlet/pemain bola yang menjadi ruang tertutup dengan rumput sintesis berkualitas. Dalam ruangan ini terdapat pula jaring pengaman dan pengatur AC.

Selain ruang pemanasan, ada pula ruangan lainnya yang ditujukan untuk para atlet. Seperti ruang toilet dan ganti baju dengan standar internasional, ruang pijat, serta kolam relaksasi.

  • Menggunakan Rumput Zoysia Japonica

Fasilitas mewah lainnya yang bisa Anda temui di Stadion Manahan ini adalah rumput lapangan yang digunakan oleh para pemain. Jenis rumput ini sama dengan jenis rumput yang digunakan di lapangan Stadion GBK. Keunggulan dari rumput ini adalah akarnya yang sangat kuat dan warnanya lebih hijau.

Lapangan akan terlihat lebih impresif dan lebih indah, apalagi ditambahkan juga garis selang seling warna hijau muda dan tua sebagai variasi agar tampilan lapangan lebih menarik.

  • Sistem Drainase yang Berkualitas

Sering terkena banjir, Stadion Manahan Solo ini pun melakukan renovasi besar-besaran. Salah satunya di bagian drainasenya. Sehingga setiap hujan tiba, stadion tidak terkena banjir kembali atau tak ada genangan yang muncul ketika hujan turun. Karena sistem drainase yang digunakan di stadion tersebut sudah jauh lebih baik.

Data Stadion Manahan Solo

Data Stadion Manahan Solo

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Stadion Manahan ini sudah dibangun dan berdiri sejak tahun 1998. Sehingga sudah ada begitu banyak kejuaraan, event olahraga dan pertandingan sepak bola yang diselenggarakan di sini. Salah satunya yang mencolok adalah, rencana untuk menjadikan Stadion Manahan ini sebagai venue acara Piala Dunia mendatang.

Karena dijadikan tuan rumah bagi salah satu agenda besar event olahraga sedunia, maka kini sudah tak ada lagi asap rokok yang mengganggu di stadion dan juga tak akan ada penonton yang berdesakan ketika menonton. Maka dari itu, Stadion Manahan sudah sangat siap mengambut acara piala dunia tahun 2021.

Harga Tiket Stadion Manahan Solo

Harga tiket yang diberlakukan untuk setiap pertandingan di Stadion Manahan ini cukup terjangkau. Untuk tiket ekonomi harganya hanya Rp.50.000 saja, sedangkan harga tiket untuk tribun VIP harganya hanya Rp.100.000 saja. Harga tiket tersebut bisa berubah menjadi lebih dari itu, jika pertandingan atau acaranya berbeda.

Akhir Kata

Stadion Manahan Solo yang telah dibangun sejak lama ini, akhirnya harus melakukan dua kali renovasi demi terciptanya stadion dengan taraf internasional. Bukan hanya para tamu yang akan dimanjakan di stadion ini saat pertandingan tiba, tapi juga para atlet dan tim yang ikut berpartisipasi di setiap acara olahraga yang diselenggarakan di sana.

Tak heran bila sekarang, Stadion Manahan ini menjadi ikon Kota Solo karena ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh stadion tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion Barombong
Baca Aja

Stadion Barombong

Stadion Barombong merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, yang dibangun sebagai sarana untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat…