Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo

Hampir di setiap wilayah Indonesia, terdapat stadion yang khusus digunakan untuk kegiatan/event olahraga serta kegiatan pertandingan sepak bola. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki tim/klub sepak bolanya masing-masing. Salah satu stadion yang cukup dibanggakan oleh Indonesia adalah Stadion Maguwoharjo yang terletak di Sleman Yogyakarta.

Sarana olahraga yang tersedia di stadion ini sudah cukup lengkap. Apalagi stadion ini telah dibangun cukup lama, sehingga sudah ada banyak kejuaraan/pertandingan sepak bola yang diselenggarakan di sana. Pada awal tahun 2020 ada beberapa perbaikan yang dilakukan Maguwoharjo, seperti penggantian kursi bench penonton dan merubah warnanya dari merah biru menjadi merah hitam.

Sejarah Stadion Maguwoharjo

Sejarah Stadion Maguwoharjo

Stadion ini juga menjadi markas bagi klub sepak bola Yogyakarta yaitu PSS Sleman. Stadion ini telah dibangun sejak tahun 2005, kemudian di tahun 2006 terjadi bencana gempa bumi. Maka dilakukan-lah perbaikan/renovasi di tahun 2007 silam. Kapasitas maksimal penonton Maguwoharjo yaitu 40.000 penonton.

Tipe stadion ini adalah modern dengan konsep Mini San Siro. Selain itu Maguwoharjo juga memiliki ciri khas yaitu menara yang letaknya di empat penjuru stadion yang memiliki tangga berputar. Seperti beberapa stadion modern lainnya yang ada di Eropa Inggris. Maguwoharjo tidak mempunyai lintasan atletik, sehingga hanya ada area untuk sepak bola saja.

Hal itu cenderung lebih membuat masyarakat nyaman, karena stadion tidak disatukan dengan lintasan atletik tersebut.

Menurut kabar yang beredar, dana yang telah dikeluarkan untuk pembangunan Stadion Maguwoharjo ini yaitu sekitar 100 milyar rupiah. Pada awal pembangunan stadion, belum terdapat fasilitas lampu. Walaupun pemasangan lampu ini sudah termasuk rencana dari pemerintah setempat, tetapi karena adanya bencana gempa bumi dana untuk pemasangan lampu dipending dahulu.

Namun, di awal tahun 2013 rencana pemasangan lampu stadion itu akhirnya terealisasi dan akhirnya dipasang di bagian sisi timur dan barat stadion yang jumlahnya yaitu 72 buah lampu.

Fungsi Stadion Maguwoharjo

Fungsi Stadion Maguwoharjo

Pada hakikatnya, fungsi stadion adalah sebagai sarana olahraga yang disediakan khusus untuk masyarakat. Begitu juga dengan Stadion Maguwoharjo ini yang juga digunakan sebagai tempat/arena pertandingan olahraga terutama untuk olahraga sepak bola. Stadion ini memiliki arsitektur yang indah, dan juga menjadi prasarana olahraga.

Maguwoharjo juga didesain khusus untuk pertandingan rugby, sepak bola, baseball serta atletik. Maguwoharjo juga menjadi tempat pertandingan atau suatu event olahraga tertentu. Tak heran jika fasilitas di dalam stadion ini terus ditambah dan dibuat dengan kondisi yang lebih baik lagi. Tak lain, hal itu ditujukan untuk kenyamanan para atlet dan pemain tapi juga untuk masyarakat sekitar.

Pada masa yang akan datang, stadion ini diharapkan bisa berkontribusi lebih. Artinya, tidak hanya digunakan sebagai tempat olahraga saja. Lebih dari itu, Maguwoharjo juga diharapkan bisa seperti stadion GBK yang dimana fungsinya bertambah menjadi sarana tepat untuk rekreasi atau yang berkaitan dengan bisnis dan sarana olahraga lainnya.

Walaupun begitu, fungsi utama stadion tetap dijadikan sebagai tempat olahraga. Yaitu sepak bola yang dilakukan di lapangan rumput, kemudian olahraga sepatu roda di area lapangan parkir sayap timur, dan dragbike/dragrace yang biasanya dilakukan di area parkir sayap barat.

Maka dari itu, ada beberapa perencanaan penambahan fasilitas lagi yang khusus untuk kegiatan olahraga lainnya selain sepak bola.

Fasilitas Stadion Maguwoharjo

Fasilitas Stadion Maguwoharjo

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di stadion ini, yang diantaranya yaitu :

  1. Dua buah ruang ganti para pemain yang terdiri dari 26 loker
  2. Dua buah bench pemain
  3. Toilet
  4. Ruang perlengkapan
  5. Tiga buah ruang mushola
  6. Gudang penyimpanan
  7. Enam ruangan untuk pembelian tiket
  8. Satu ruang kesehatan atau P3K
  9. Satu ruang konferensi pers
  10. Dua ruangan administrasi
  11. Satu lobi VIP

Sedangkan untuk fasilitas yang letaknya di luar stadion, diantaranya yaitu :

  1. Area parkir
  2. Ruangan yang (khusus) untuk disewakan berbagai event/kegiatan
  3. Area motorcross

Fasilitas yang disewakan diantaranya yaitu :

  1. Gokart
  2. Roadrace
  3. Motor cross
  4. Lapangan

Data Stadion Maguwoharjo

Data Stadion Maguwoharjo

Ada beberapa kejuaraan atau pertandingan yang pernah diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo ini. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Pertandingan Indonesia Vs Brunei Darussalam
  2. Pertandingan Indonesia Vs Malaysia
  3. Pertandingan Indonesia Vs Timor Leste
  4. Pertandingan Indonesia Vs Yaman
  5. Opening event DU 

Pernah Menjadi Venue Piala Presiden

Pernah Menjadi Venue Piala Presiden

Piala presiden yang diselenggarakan di tahun 2019 kemarin, menunjuk Maguwoharjo untuk menjadi salah satu venuenya. Sehingga sejak bulan Februari 2019 stadion sudah mulai direnovasi. Walaupun tadinya, perbaikan tersebut dilakukan untuk persiapan pertandingan PSS Sleman. Namun ternyata, pada bulan Maret-April 2019 stadion ini menjadi venue acara piala presiden tersebut.

Pertandingan sepak bola piala presiden yang dimenangkan oleh Persija kala itu, akhirnya diselenggarakan di lima kota dan salah satunya adalah Sleman yang menjadi lokasi venue tersebut. Perbaikan yang banyak dilakukan pada Maguwoharjo ini diutamakan oleh perbaikan rumput. Misalnya dilakukan pemupukan, kemudian pemotongan rumput sampai habis.

Perbaikan yang dilakukan sejak bulan Februari itu akhirnya selesai dilakukan pada bulan April. Perbaikan lainnya yang dilakukan pada Maguwoharjo ini adalah dilengkapinya beberapa fasilitas pendukung. Penambahan fasilitas yang paling utama adalah ruang kesehatan yang kini telah dilengkapi dengan kamar mandi, kemudian ruang wasit yang dipisah dengan ruang pengawas pertandingan.

Stadion ini telah menjadi kebanggaan bagi sebagian besar masyarakat Sleman. Apalagi dengan ditambahkannya beberapa fasilitas pendukung sehingga fasilitas di stadion tersebut terbilang lengkap. Stadion Maguwoharjo siap untuk event-event olahraga besar yang diadakan di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Namun, salah satu kendala bagi stadion ini adalah biaya perawatan bagian dalam stadion yang biayanya cukup tinggi. Padahal perawatan dan perbaikan sifatnya berkala, sehingga biaya perawatan stadion yang tidak sedikit ini masih memerlukan bantuan dari pemerintah.

Harga Tiket Stadion

Seperti biasa, harga tiket masuk untuk sekali pertandingan biasanya rata-rata sama dengan stadion lainnya. Misalnya pada salah satu pertandingan, untuk tribun hijau dan kuning harga tiketnya yaitu Rp.50.000 sedangkan untuk tribun merah harga tiket masuk ke studion adalah Rp.100.000. 

Selama pertandingan berlangsung, pengamanan selalu diutamakan oleh manajemen stadion tersebut. hal itu dimaksudkan agar para penonton tetap tertib baik sebelum maupun sesudah pertandingan. Sehingga harga tiket masuk pun sesuai dengan keamanan para penonton itu sendiri.

Akhir Kata

Stadion yang memiliki kapasitas jumlah penonton tribun umum dan VIP sekitar 40.000 penonton ini, memiliki perbaikan dan penambahan fasilitas secara bertahap. Walaupun belum banyak diselenggarakan event olahraga besar atau internasional, namun pertandingan sepak bola di dalam negeri masih banyak dilakukan bahkan hingga saat ini.

Sejauh ini, stadion di Sleman ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sehingga para pemain, masyarakat dan penonton masih bisa menikmati fasilitas stadion dengan nyaman. Perbaikan yang telah dilakukan oleh Maguwoharjo ini sejauh ini disebabkan oleh beberapa kerusakan, seperti misalnya peristiwa gempa bumi Jogja dan kebrutalan penonton di salah satu pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like