Stadion I Wayan Dipta

Stadion Bali United

Pulau Bali bukan hanya dikenal akan keindahannya saja. Namun, keunggulan lainnya yang dimiliki oleh pulau nan eksotis ini adalah sebuah stadion atau gelanggang olahraga yang sering digunakan untuk berbagai pertandingan olahraga. Stadion I Wayan Dipta adalah stadion olahraga yang berlokasi di Gianyar Bali yang memiliki kapasitas maksimal penonton yaitu 25000 penonton.

Selain digunakan untuk setiap pertandingan sepak bola, stadion ini juga menjadi markas tim kesebelasan Bali yaitu Bali United.

Sebagian besar stadion yang ada di Indonesia, memang digunakan juga sebagai markas tim/klub sepak bola masing-masing di daerahnya. Tampilan Stadion I Wayan Dipta ini terbilang mewah, megah, dan indah.

Sejarah Stadion I Wayan Dipta

Sejarah Stadion I Wayan Dipta

Stadion I Wayan Dipta memiliki sejarah yang panjang dalam hal pembangunan konstruksinya. Karena pembangunan dimulai sejak tahun 1977 silam, tetapi baru diresmikan dan mulai digunakan baru di tahun 2003. Awalnya, stadion ini adalah markas bagi kesebelasan Gianyar yaitu Persegi Gianyar.

Stadion ini sempat tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama karena sudah mulai tidak aktif. Ketika liga primer Indoneia dimulai kembali, Stadion I Wayan Dipta ini kembali digunakan dan difungsikan lagi. Pada saat itu, satu-satunya homebase bagi kesebelasan Pulau Bali tersebut yaitu Bali Devata FC.

Pada tahun 2015, Stadion I Wayan Dipta pun mulai direnovasi. Saat itulah Stadion I Wayan Dipta digunakan sebagai markas oleh Bali United. Pada tahun 2014, Dipta sempet menjadi markas Bali United Pusam yang juga bermain dalam kompetisi Indonesia Super League.

Sebelumnya tim tersebut bernama  Persisam Putra Samarinda, yang dimana markasnya berada di Samarinda Kalimantan Timur.

Nama dari stadion ini yaitu I Wayan Dipta diambil dari nama seorang Kapten atau pahlawan di zaman penjajahan. Namanya sangat dikenal oleh masyarakat Bali karena cara ia mati sangat kejam, sebelum dibunuh ia diperlakukan dengan sangat kasar dan tak senonoh.

Itulah sebabnya, stadion yang berdiri megah di Bali itu diambi dari namanya dan kemudian dikenal dengan nama Stadion Dipta.

Fungsi Stadion I Wayan Dipta

Fungsi Stadion I Wayan Dipta

Hampir seluruh kegiatan yang dilakukan di stadion ini, berkaitan dengan kegiatan olahraga atau pertandingan Sepak Bola. Stadion ini dianggap menjadi stadion yang mampu memberdayakan masyarakat, karena selama ini memang dikelola secara profesional.

Bahkan Bali United pun diberi izin untuk pemerintah setempat untuk ikut mengelola stadion agar lebih baik lagi dan lebih multiguna.

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di stadion ini adalah kegiatan olahraga atletik, karena stadion yang satu ini telah dilengkapi dengan lintasan atletik.

Bahkan pertandingan atletik pun bisa dilaksanakan di sana. Memang selama ini ada banyak kompetisi yang dilakukan di Stadion Dipta tersebut, tak heran bila stadion ini dianggap sebagai salah satu stadion tersibuk di Indonesia.

Kegiatan di luar olahraga memang tidak terlalu sering dilakukan di stadion ini. Namun, banyak juga masyarakat yang datang ke sana hanya untuk jogging atau olahraga ringan di gelanggang olahraga tersebut.

Kebanyakan event/acara yang berhubungan dengan olahraga yang diselenggarakan di sini, adalah event-event internasional khususnya sepak bola.

Fasilitas Stadion I Wayan Dipta

Fasilitas Stadion I Wayan Dipta

Jika disebut-sebut sebagai salah satu stadion yang tampilannya cukup megah, tentu banyak orang yang ingin tahu apa saja fasilitas yang tersedia di Stadion I Wayan Dipta tersebut. Berikut ini beberapa fasilitas yang terdapat di Stadion I Wayan Dipta :

  1. Tribun utamanya Megah dan Luas

Ukuran tribun utama stadion ini memang terbilang sangat luas, sehingga kemegahannya bisa terlihat jelas di sana. Hal itulah yang membuat para penonton betah berada di sana, ketika menonton pertandingan sepak bola nasional maupun internasional. Selain itu tribun penontonnya pun terlihat sangat gagah sekaligus anggun.

  1. Menggunakan Rumput Berkualitas yang Indah dan Halus

Seperti biasa, rumput yang digunakan untuk lapangan pada sebuah stadion harus menggunakan jenis rumput yang berkualitas baik. Bukan hanya tampilannya yang indah dipandang mata, tapi jenis rumput yang digunakan di stadion ini memiliki struktur yang halus.

  1. Kualitas Lampu dan Pencahayaan yang Jelas dan Indah

Pencahayaan atau lampu yang menyinari lapangan tempat bertanding, juga menjadi salah satu keunggulan pada stadion ini. Karena dengan pencahayaan yang bagus dan jelas maka penonton dapat menikmati pertandingan dengan leluasa. Ditambah dengan hasil dari kamera yang jelas, jika kebetulan pertandingan disiarkan secara langsung di televisi.

  1. Loker Room yang Rapi dan Elegen

Bukan hanya bagian dalam stadionnya saja yang memiliki keunggulan. Namun di bagian luar lapangan seperti misalnya ruang ganti para pemain atau loker roomnya, juga sangat bagus dan rapi. Sehingga ruangan ini terlihat lebih elegan.

  1. Bentuk Tempat Duduk yang Menyerupai Kursi Pembalap

Jenis kursi yang digunakan di Stadion Dipta ini sangat unik, karena menggunakan jenis kursi yang bentuknya menyerupai kursi pembalap profesional atau kursi gaming. Kursi yang berkualitas bagus ini juga tentu sangat nyaman digunakan.

Data Stadion I Wayan Dipta

Data Stadion I Wayan Dipta

Seperti yang telah dibahas tersebut di atas, telah banyak diselenggarakan pertandingan sepak bola baik event nasional maupun internasional. Laga internasional yang diselenggarakan di Stadion I Wayan Dipta ini juga cukup banyak. misalnya ketika Dipta menjamu Timnas Timor Leste U-23 di dalam laga pertandingan persahabatan tahun 2019 kemarin.

Bali United juga pernah bertanding untuk beberapa laga internasional, salah satunya yaitu di Event Piala AFC pada tahun 2018. Hingga akhirnya Dipta berhasil menuai debutnya untuk pertandingan laga internasional FIFA.

Masih ada juga pertandingan laga Timnas Indonesia lawan Vietnam dengan kualifikasi piala dunia tahun 2022 yang juga diselenggarakan di stadion ini tahun 2019.

Untuk pertandingan nasional atau lokalnya, Stadion I Wayan Dipta juga pernah menggelar pertandingan Liga 3 dalam wilayah regional Bali di tahun 2019 kemarin.

Setelah itu, Dipta juga digunakan untuk pertandingan Liga 1 untuk U-20 masih di tahun yang sama. Bahkan klub Liga 2 Sulut United, juga pernah menggunakan Stadion I Wayan Dipta saat menjamu PSIM Yogya di tahun 2019.

Persib lawan Persebaya di event pertandingan Liga 1 juga pernah digelar di Stadion Dipta pada bulan Oktober tahun 2019 kemarin. Kemudian pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia U-19 lawan Cina U-19 juga pernah dilaksanakan di stadion ini.

Harga Tiket Stadion I Wayan Dipta

Harga Tiket Stadion I Wayan Dipta

Pada tahun 2020 sekarang, harga tiket di Stadion I Wayan Dipta mengalami kenaikan. Untuk tribun ekonomi harga tiketnya yaitu 80 ribu rupiah, untuk harga tiket tribun utara, selatan, timur dan sayap adalah 75 ribu rupiah. Sebelumnya, harga tiket untuk tribun tersebut hanya 50 ribu rupiah.

Kenaikan harga ini disebabkan juga oleh perubahan bentuk kursi menjadi single seat dan lebih nyaman dibanding sebelumnya.

Akhir Kata

Stadion I Wayan Dipta merupakan salah satu stadion yang megah di Indonesia, dan telah mengalami renovasi sehingga menjadi lebih bagus dan lebih baik lagi.

Fasilitas yang lengkap dan memadai tersebut akan memancing jumlah penonton ketika pertandingan sepak bola tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion GBK
Baca Aja

Stadion GBK

Stadion GBK – Ada beberapa stadion yang bertaraf internasional di Indonesia, tetapi stadion di Indonesia masih dianggap tertinggal…