Stadion GBK

Stadion GBK

Stadion GBK – Ada beberapa stadion yang bertaraf internasional di Indonesia, tetapi stadion di Indonesia masih dianggap tertinggal dibanding stadion yang ada di luar negeri, khususnya Eropa atau tertinggal dari beberapa negara maju di Asia seperti Korea, Jepang, dan sebagainya. Stadion kebanggaan Indonesia yaitu Stadion GBK yang sampai sekarang sudah dibangun dengan taraf/standar internasional.

Stadion yang lokasinya di Jakarta, Ibu Kota Indonesia ini, bahkan menjadi stadion paling besar di Indonesia dan memiliki kapasitas maksimum yaitu 110 ribu penonton. Jumlah tersebut menjadi rekor kapasitas dengan jumlah terbesar di dunia. Namun sayangnya, setelah mengalami renovasi yang terakhir kapasitasnya diturunkan menjadi sekitar 80 ribuan penonton saja.

Sejarah Stadion Gelora Bung Karno

Sejarah Stadion Gelora Bung Karno

Stadion yang letaknya ada di Jakarta Pusat ini dibangun sejak tahun 1960 yang kemudian diresmikan pada tahun 1962. Peresmian tersebut bertepatan juga dengan acara besar ASEAN Games di tahun yang sama, karena Indonesia telah menjadi tuan rumah pertama saat itu. Indonesia memang sudah terpilih menjadi tuan rumah, sejak tahun 1958.

Saat itu, Indonesia belum memiliki stadion atau gelanggang olahraga yang akan menjadi sarana bagi acara ASEAN Games tersebut. Baru di tahun 1960 bisa direalisasikan dengan pembangunan stadion tersebut, dan mulai berdiri di tahun 1962. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan stadion, berasal dari pinjaman dana dari Uni Sovyet sebesar 12,5 juta dolar US.

Sebulan menjelang acara ASEAN Games, Stadion Gelora Bung Karno atau GBK ini siap digunakan. Sejak awal pertama dibangun, stadion ini memang telah memiliki kapasitas penonton terbanyak yaitu 110 penonton dengan jumlah 24 sektor tribun yang memiliki 12 pintu masuk utama. Pada era kepemimpinan Soeharto, nama Gelora Bung Karno pernah mengalami perubahan nama.

Namanya menjadi Stadion Gelora Senayan karena Soeharto tidak ingin ada nama Soekarno di Indonesia. Baru di tahun 2001, di era kepemimpinan Abdurrahman Wahib atau Gusdur, Stadion Gelora Senayan diubah kembali namanya menjadi Stadion Gelora Bung Karno.

Indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah piala AFC pada tahun 2007, maka stadion ini pun mulai direnovasi. Bahkan, renovasi ini dibuat secara besar-besaran. Ukuran lapangannya dibuat menjadi lebih luas, sehingga kapasitas maksimum 110 ribu berkurang menjadi 88.084 penonton. Stadion ini tetap menjadi stadion bertaraf internasional hingga saat ini.

Fungsi Stadion Gelora Bung Karno

Fungsi Stadion Gelora Bung Karno

Fungsi utama dari stadion ini tentu adalah untuk berolahraga atau segala kegiatan yang berkaitan dengan olahraga. Namun, masih banyak hal yang bisa dilakukan di stadion terbesar ke-28 sedunia ini. Salah satu fungsi dari stadion di luar kegiatan olahraga adalah diadakannya konser musik dunia, atau konser musik yang dilakukan oleh beberapa artis dunia.

Hal itu karena kapasitasnya yang besar dan cukup menampung banyak orang. Tak heran bila stadion ini hampir selalu menjadi tempat untuk konser musik dunia. Acara lainnya yang juga pernah diselenggarakan di GBK adalah Go Food Festival yang letaknya dekat dengan area Masjid Al Bina yang ada di GBK. Event tahunan ini memang sering dilaksanakan di GBK.

Artinya, fungsi lain dari stadion ini memang bukan hanya sebagai tempat/sarana olahraga saja, tapi juga acara lainnya di luar kegiatan olahraga. Anda juga bisa berjalan-jalan atau berwisata ke GBK, karena lokasinya juga sangat strategis untuk berekreasi. Sekitar wilayah GBK juga terdapat banyak tempat kuliner atau tempat berbelanja.

Konsep yang diterapkan pada GBK ini memang multifungsi, atau bisa digunakan sebagai tempat apa saja selain tempat untuk berolahraga. Kegiatan lainnya yang sering dilakukan di sini, selain konser musik juga yaitu seni budaya, kampanye calon presiden, pameran seni, dan lain sebagainya.

Akses untuk menuju ke Stadion GBK ini, juga terbilang cukup mudah, sehingga para penonton atau masyarakat lainnya yang ingin ke GBK tidak akan kesulitan dalam menempuh tempat tersebut. Angkutan umum yang menuju ke sana pun, sudah banyak tersedia.

Fasilitas Stadion Gelora Bung Karno

Untuk memenuhi standar internasional pada acara FIFA, maka ada banyak fasilitas tambahan di stadion ini. Di antaranya yaitu:

  1. Menggunakan Rumput Berkualitas Nomor 1

Kini kualitas rumput lapangan yang digunakan di GBK telah menggunakan rumput nomor satu standar FIFA. Rumput yang digunakan yaitu jenis zoysia matrella yang juga digunakan oleh sebagian besar stadion di Eropa. Fasilitasnya lengkap dengan sistem drainase pada rumputnya, untuk menghalau air yang menggenang saat hujan turun.

  1. Memiliki Pencahayaan yang Lebih Terang

Sistem pencahayaan yang digunakan di Stadion Gelora Bung Karno ini mencapai 3000 lux, sistem ini akan mendukung kualitas hasil di televise, ketika diadakan siaran langsung karena sudah menggunakan format HD atau High Definition.

  1. Menggunakan Listrik Tenaga Surya

Sistem listrik tenaga surya juga sudah digunakan oleh Stadion GBK. Sistemnya melalui atap panel surya dengan jumlah energi listrik sekitar 450 KW, sehingga pemakaian listrik menjadi lebih hemat.

  1. Jumlah Toiletnya Ada 100

Fasilitas unggulan lainnya yang dimiliki GBK adalah jumlah toiletnya yang sangat banyak. Jumlahnya cukup fantastis, karena mencapai angka 100 toilet yang telah dilengkapi dengan wastafel berstandar internasional.

  1. WIFI dan CCTV

Stadion ini juga telah dilengkapi oleh CCTV 7K yang sangat canggih dan mampu mendeteksi wajah. Selain itu, tersedianya juga WiFi yang kencang hampir di setiap sudut. Siapapun yang datang ke sana dapat mengakses internet.

Data Stadion Gelora Bung Karno

Data Stadion Gelora Bung Karno

Hampir seluruh pertandingan atau event olahraga internasional pernah diadakan di GBK. Stadion ini memang selalu menjadi venue utama bagi setiap perhelatan besar yang diselenggarakan di Indonesia. Beberapa kegiatan yang juga pernah diadakan di sini, di antaranya yaitu pesta olahraga Asia pada tahun 1962, pesta olahraga Asia pada tahun 2018, pesta olahraga difabel pada tahun 2018, dan sebagainya.

Stadion Gelora Bung Karno ini juga pernah dijadikan tempat pertandingan bulu tangkis, pertandingan basket, kejuaraan tinju tingkat dunia, piala thomas bulu tangkis, kejuaraan bulu tangkis BWF, piala sudirman tahun 1989, pertandingan sepak bola U-23, dan rencananya akan menjadi tempat piala dunia bola basket FIFA di tahun 2023 mendatang.

Harga Tiket Stadion Gelora Bung Karno

Harga Tiket Stadion Gelora Bung Karno

Stadion ini merupakan salah satu stadion berstandar internasional di Indonesia, maka stadion yang satu ini memiliki harga tiket yang jauh lebih mahal dibanding stadion lainnya. Harga tiketnya masih sama dengan tahun lalu.

Kategori yang pertama yaitu Rp 150.000, untuk VIP harganya Rp 250.000, sedangkan VVIP harganya mencapai Rp 500.000. Harga tiket lounge atau tempat eksklusif bagi para penonton yang ingin menonton dengan lebih nyaman, harganya mencapai 1 jua rupiah.

Kesimpulan

Stadion Gelora Bung Karno telah menjadi stadion yang paling dikenal oleh mancanegara, karena merupakan salah satu ikon stadion/gelanggang olahraga di Indonesia. Sederet fasilitas mewah di dalamnya sangat mendukung kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat dan penonton yang datang ke sana.

Sejauh ini, Stadion GBK selalu menjadi kebanggaan seluruh bangsa Indonesia. Perkembangan dari pembangunan dan perawatan stadion ini sudah jauh lebih baik lagi mulai dari renovasi, perawatan dan perbaikannya pun dilakukan dengan detail dan rapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like