Stadion Batakan

Stadion Batakan

Bukan hanya di beberapa daerah Pulau Jawa saja, tetapi stadion olahraga atau gelanggang olahraga juga terdapat di luar Pulau Jawa, tepatnya di Pulau Kalimantan. Stadion yang berlokasi di Balikpapan Kalimantan Timur ini, bernama Stadion Batakan. Stadion ini termasuk salah satu stadion yang megah, mewah, serta bertaraf internasional.

Stadion yang memiliki kapasitas maksimal sekitar 40000 penonton ini, memiliki desain yang mirip dengan Stadion Emirates dan berlokasi di London. Pada stadion ini tidak ada lintasan atletik, sehingga jarak antara lapangan dengan tribune cukup dekat. Seperti halnya beberapa stadion yang berada di Eropa. Itulah yang menjadi keunggulan dari Batakan.

Sejarah Stadion Batakan

Sejarah Stadion Batakan

Stadion yang berlokasi di Balikpapan Kalimantan Timur ini mulai dibangun pada tahun 2010 lalu. Stadion ini telah menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur. Stadion ini juga menjadi markas Persiba, salah satu tim sepak bola Balikpapan. Stadion bertaraf internasional ini juga berharap menjadi salah satu stadion yang dipilih sebagai venue di piala dunia 2021 mendatang.

Stadion ini sudah cukup lama menjadi gelanggang olahraga untuk beberapa pertandingan kompetitif yang sifatnya resmi. Ada satu pertandingan yang akhirnya mampu mencetak sejarah bagi stadion ini. Sejarah itu adalah ketika Batakan dijadikan venue untuk turnamen sepak bola pada kelas/level pelajar yang paling besar di Asian School Football Championship (ASFC) U-18.

Walaupun hanya sebatas level pelajar, tetapi pertandingan tersebut mampu menjadi tolak ukur dalam hal perkembangan sepak bola yang ada di Asia. Bahkan saat itu, turnamen ini juga mengawali kemajuan sepak bola Asia. Selain itu, pemerintah Balikpapan juga dipercaya sebagai tuan rumah yang baik dalam turnamen tersebut.

Oleh sebab itu, stadion ini juga telah menjadi saksi sejarah untuk timnas pelajar kala itu. Stadion Balikpapan ini dipilih karena memiliki sederet fasilitas yang memadai, ditambah dengan dukungan penuh dari pemerintah setempat. Hal itulah yang membuat Balikpapan berhasil menjadi tuan rumah ASFC U-18.

Fungsi Stadion Batakan

Fungsi Stadion Batakan

Jika ditanya apa saja fungsi dari stadion? Maka jawabannya tentu sebagai sarana olahraga, khususnya pertandingan sepak bola. Namun, selain digunakan sebagai tempat atau kegiatan berolahraga, Batakan juga menjadi hiburan bagi masyarakat setempat, karena memiliki atraksi lampu yang berwarna-warni dan menyala dengan indah di malam hari.

Atraksi tersebut mirip dengan lampu warna-warni yang ada di Alianz Arena. Sehingga, stadion ini berfungi juga untuk kebutuhan/kegiatan entertainment atau menjadi venue bagi kegiatan yang lainnya. Sehingga sistem pencahayaan yang bagus di malam hari, akan mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan di sana.

Bahkan, Batakan juga seringkali disamakan dengan mall yang fungsinya bisa bermacam-macam. Fungsinya yaitu bisa menjadi tempat berbelanja dan tempat hiburan. Stadion ini sering juga menjadi tempat acara/kegiatan big box sport games. Selain itu, Batakan juga sering menjadi tempat bagi kegiatan olahraga atau pertandingan fan base suatu klub tertentu.

Pemerintah Balikpapan juga mengupayakan ada banyak kegiatan lagi yang bisa dilakukan di sana. Misalnya untuk kepentingan/kebutuhan konser musik, kebutuhan kampanye dalam bidang politik, dan kegiatan lainnya di luar kegiatan olahraga. Hal itulah yang akan menambah penghasilan bagi stadion itu sendiri.

Fasilitas Stadion Batakan

Fasilitas Stadion Batakan

Taraf internasional ini, tentunya membuat Stadion Batakan sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Namun, stadion ini tetap memerlukan banyak perombakan atau renovasi dengan menambah fasilitas yang belum ada atau membenahi fasilitas yang sudah ada. Apalagi, jika stadion ini rencananya akan dipilih sebagai salah satu venue untuk acara piala dunia tahun 2021.

Walaupun begitu, tetap dilakukan beberapa perubahan pada stadion, seperti memasang pagar yang nantinya akan mengelilingi stadion serta landscape. Tadinya, eskalator dan lift hanya tersedia di bagian tribun baratnya saja, namun sekarang lahan lainnya juga sedang diupayakan untuk ditambahkan. Selain itu, area di luar stadion seperti area parkir juga akan ditambah luasnya.

Pemanfaatan lahan basement seluasnya kurang lebih 1 hektar yang berada di luar stadion, juga telah dilakukan pematangan. Jika pembangunan stadion sudah semakin maksimal, maka area parkir ini harus dievaluasi kembali. Batakan juga belum memiliki kursi penonton, dalam tahap renovasi ini, akhirnya ditambahkan juga kursi penonton single seat.

Fasilitas pendukung lainnya seperti toilet dan ruang ganti, bahkan sudah ditambahkan dan dibenahi sejak tahun 2017. Meskipun stadion yang ada sudah cukup lengkap, namun fasilitas tambahan di luar lapangan dianggap masih harus ditambahkan. Seperti lansekap, dan stadion yang digunakan untuk pelatihan serta pemanasan.

Standar internasional yang diterapkan di Batakan sejak awal dibangun, membuat tampilan stadion ini menjadi lebih modern dan juga megah. Bahkan, kemegahannya dianggap sebagai daya tarik, khususnya bagi para pecinta bola di Indonesia. Selain itu, Batakan juga memiliki lokasi strategis karena berada di tengah kota.

Data Stadion Batakan

Data Stadion Batakan

Sama seperti stadion lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia, Stadion Batakan juga telah menyelenggarakan beragam pertandingan nasional maupun internasional, khususnya pertandingan sepak bola. Laga perdana Persiba yang dilaksanakan di tahun 2017 dalam melawan Persegres Gresik juga menjadi salah satu pertandingan yang pernah dilaksanakan di Batakan.

Liga 2 di awal tahun 2020 ini, juga dilaksanakan di Batakan dengan melakoni dua jenis pertandingan sekaligus. Liga tersebut sebagai pertandingan pembuka dan laga perdana dalam melawan Kalimantan Tengah. Pada tahun 2019 lalu, laga timnas pelajar Indonesia dan ASFC semifinal yang dilakukan oleh Indonesia lawan Malaysia juga pernah diadakan di Batakan.

Pada tahun 2019 juga, pertandingan sepak bola antar Persebaya lawan Semen Padang juga pernah dilaksanakan di Batakan. Pertandingan sepak bola yang dilakukan oleh Persebaya ini juga sudah beberapa kali dilakukan di stadion ini. Misalnya, Persebaya melawan PSM, Arema, dan lain sebagainya yang telah diselenggarakan di Batakan pada tahun 2019 kemarin.

Biasanya, Batakan menjadi alternatif stadion pertandingan, jika stadion di Surabaya tidak dapat digunakan. Itulah sebabnya ada banyak pertandingan Persebaya yang dilaksanakan di stadion Balikpapan ini.

Harga Tiket Stadion

Harga tiket masuk stadion atau bagi para penonton yang ingin menontong pertandingan di Stadion Batakan ini, mengalami kenaikan dari harga di tahun kemarin. Harga tiket untuk tribun barat yaitu Rp 60.000, harga tiket tribun timur yaitu Rp 40.000, harga tiket tribun selatan yaitu Rp 30.000 dan harga tiket tribun utara hanya Rp 25.000 saja.

Harga tiket tribun barat dan timur mengalami kenaikannya yaitu Rp.10.000 dibanding tahun lalu. Sedangkan, harga tiket tribun selatan dan utara harganya masih sama. Kebanyakan penonton memang lebih senang menonton di tribun barat dan timur, karena menurut mereka posisi saat menonton di bagian tersebut lebih strategis.

Akhir Kata

Standar internasional yang diterapkan di stadion ini, sudah berlangsung dengan baik sesuai prosedur. Apalagi sekarang adanya penambahan beberapa fasilitas yang ada di dalamnya sudah dibenahi dengan baik.

Hal itu supaya tercapainya harapan pemerintah Balikpapan, yakni agar Batakan terpilih menjadi salah satu venue di acara piala dunia tahun 2021 mendatang terlaksana. Tamu-tamu yang hadir saat acara besar tersebut pun akan merasa terpuaskan dengan kelengkapan fasilitas yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion Barombong
Baca Aja

Stadion Barombong

Stadion Barombong merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, yang dibangun sebagai sarana untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat…
Stadion GBK
Baca Aja

Stadion GBK

Stadion GBK – Ada beberapa stadion yang bertaraf internasional di Indonesia, tetapi stadion di Indonesia masih dianggap tertinggal…