Stadion Barombong

Stadion Barombong

Stadion Barombong merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, yang dibangun sebagai sarana untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat disamping untuk meningkatkan prestasi olahraga. Baik untuk generasi masa kini maupun untuk generasi mendatang, hadirnya stadion ini diharapkan dapat membentuk kader-kader olahragawan terbaik.

Lokasi Stadion Barombong 

Stadion bertaraf internasional ini berlokasi di Jalan Mallombasi, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Letak Stadion Barombong ini memang bisa dikatakan strategis karena memiliki view pinggir laut yang indah yaitu sekitar 200 meter dari bibir pantai Barombong.

Selain pemandangan yang menakjubkan, pengunjung dapat merasakan udara yang sejuk, hembusan angin sejuk, dan gelombang air laut yang nampak sehingga menambah suasana kedamaian. Apalagi jika menjelang terbenamnya matahari, view pantai pun semakin nampak menakjubkan.

Sejarah Stadion Barombong 

Sejarah Stadion Barombong 

Stadion Barombong yang dicanangkan Pemprov Sulsel dan dibantu Pemerintah Pusat ini mulai dibangun pada 31 Januari 2011 pada masa gubernur Syahrul Yasin Limpo dan mulai dibuka pada 7 April 2018. 

Stadion ini dikerjakan oleh 546 pekerja dari kontraktor PT Usaha Subur Sejahtera dan telah menelan anggaran sebanyak 240 miliar dari total yang disediakan 500 miliar yang bersumber dari APBN. Hingga kini, pembangunan stadion masih berlanjut bahkan sempat mandek.

Fungsi Stadion Barombong 

Fungsi Stadion Barombong 

Stadion ini telah digunakan sebagai tempat bermain bola baik oleh pemuda, warga setempat, maupun pegawai dari instansi pemerintahan misalnya pegawai PDAM yang pernah melakukannya. Fungsi utama stadion barombong sendiri adalah sebagai markas baru tim sepakbola PSM Makassar.

Fasilitas Stadion Barombong 

Fasilitas Stadion Barombong 

Awal direncanakan, stadion ini mampu menampung hingga 45.000 penonton. Kemudian direvisi hingga kapasitasnya menjadi 35.000 penonton. Hal tersebut dilakukan karena demi memenuhi standar internasional stadion, dimana agar ruang gerak antar penonton bisa lebih longgar.

Stadion bertaraf internasional memiliki kriteria tempat duduk sebagai berikut :

  • Para penonton bisa berjalan baik dari samping maupun dari depan
  • Lebih lapang sehingga antar penonton tidak bersentuhan
  • Terdapat spesifikasi kursi di area stadion

Di stadion ini sendiri memiliki spesifikasi kursi sebagai berikut seperti yang disampaikan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan.

  • Kursi penonton kelas ekonomi : berada di sisi selatan dan utara stadion, dan berbahan fiber standar.
  • Kursi penonton kelas VIP : berada di area stadion sebelah barat, kursi memiliki alas untuk lengan dan sandaran yang nyaman.VIP disediakan hanya sebanyak 5000 kursi.

Di kantor UPT pengelola stadion, terdapat master plan yang menyebutkan fasilitas lainnya di stadion ini antara lain :

  • Area keluar-masuk stadion
  • Masjid
  • Zona hotel dan wisma atlet
  • Kolam eksisling
  • Kawasan olahraga rekreasi atau pariwisata
  • Fasilitas penunjang tim misalnya ruang ganti
  • Area parkir
  • Dan lain-lain.

Stadion ini memang dilengkapi dengan kolam renang yang mengarah ke bibir pantai atau tepat di depan stadion. Area ini sangat ramai dikunjungi oleh warga baik untuk berekreasi, berolahraga, maupun untuk bersantai sambil menikmati pemandangan indah.

Data Stadion Barombong 

Data Stadion Barombong 

Kehadiran stadion bertaraf internasional di Kota Makassar memang sangat diharapkan, terutama bagi pihak PSM Makassar. Bahkan pada pergelaran AFC 2019 lalu, Makassar berkesempatan besar untuk menggelar event bertaraf internasional tersebut.

Sayangnya di tahun yang sama, pembangunan stadion ini sempat dihentikan karena pengumuman hasil audit oleh Kepala Inspektorat Sulawesi Selatan. Hingga akhirnya PSM Makassar melakukan tanding pergelaran AFC 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Pada 2020 lalu, event AQUA Danone Nations Cup (AQUA DNC) 2020 diadakan di stadion ini. Dengan tim yang berhasil keluar sebagai pemenang sebagai berikut :

  • Dari tim putra : Ternate Merah dan SSB Abadi Putra Minang
  • Dari tim putri : SSB Gallarang

Mereka berhasil mengungguli 45 tim lainnya sehingga berhasil menjuarai Final Regional AQUA Danone Nations Cup (AQUA DNC) 2020 di Makassar.

Harga Tiket Stadion Barombong 

Stadion ini pada dasarnya belum dioperasikan secara resmi sehingga untuk mengunjungi gedung olahraga ini Anda cukup membayar parkir saja.

Sempat Ambruk

Stadion Barombong Ambruk

Pada Desember 2017 bangunan stadion ini sempat ambruk khususnya di bagian tribun selatan, sehingga menghambat proses pembangunan yang saat itu seharusnya telah rampung 72 persen menjadi 62 persen. 

Stadion ambruk pada salah satu dari tiga segmen di tribun selatan, tepatnya di bagian tengah (undakan kedua) seluas 8 x 7 meter.

Kerugian yang ditimbulkan akibat ambruknya bagian tribun tersebut mencapai Rp 36 juta, karena material cor yang jatuh sebanyak 35 kubik. Penyebab keambrukan tersebut adalah karena faktor cuaca yang menurunkan kualitas kayu sebagai bahan penyangga. Selain itu, ambruknya stadion adalah karena tidak adanya pemeriksaan ulang kondisi saat pengecoran selesai dilakukan.

Gagal Dioperasikan Secara Resmi Di 2020 Karena Hasil Audit

Meskipun telah dibuka pada 2018 lalu, melalui banyak rintangan sampai mengalami keambrukan pada 2017, nampaknya masyarakat Sulawesi Selatan harus bersabar. Hal tersebut karena hasil audit yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel dengan menggandeng tenaga ahli dari Universitas Hasanudin.

Pengoperasian secara resmi pun terpaksa harus diundur dan molor sedangkan kontrak stadion tercatat masa berakhirnya pada awal 2020, sehingga harus dilakukan lanjutan audit.

Audit yang dilakukan oleh Tim Audit Konstruksi dari Fakultas Teknik UNHAS menghasilkan data sebagai berikut :

  • Secara umum aman namun perlu dilakukan penguatan dan perbaikan di beberapa titik
  • Penguatan bangunan harus dilakukan pada bagian tribun barat dan timur yaitu pada kolom lantai 1 tribun selatan dan utara dengan cara memperbesar dimensi kolom
  • Penguatan bangunan dilakukan dengan GFRP (Glass Fiber Reinforced Polymer)
  • Pada tribun barat dan timur dilakukan perbaikan dan penguatan geser dan penambahan kekakuan. Namun yang paling dibutuhkan adalah dilakukannya penguatan geser, karena adanya perubahan peta gempa secara nasional dan regulasi terkait hal tersebut.

Stadion Barombong memang sudah dilakukan audit sebelumnya oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan audit ini adalah audit lanjutannya.

Pembenahan Konstruksi Stadion

Pembenahan Konstruksi Stadion

Pada dasarnya, konstruksi bangunan stadion ini memang aman. Namun tetap saja secara keseluruhan stadion ini belum rampung. Dan perlu dibenahi pada bagian-bagian sebagai berikut :

  1. Lingkungan  Hidup

Pembenahan kondisi lingkungan hidup di sekeliling stadion perlu dilakukan untuk menambah keindahan dan daya tarik khususnya penghijauan (penanaman pohon dan rumput) sampai bibir pantai Barombong.

  1. Kondisi Fisik Stadion

Bagian luar dan dalam stadion perlu segera dirampungkan agar dapat digunakan dan dimanfaatkan secara resmi untuk pergelaran olahraga di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk merampungakan pembangunan stadion kebanggaan masyarakat Makassar ini, memang diperlukan kerjasama yang apik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Tokoh Masyarakat, dan pihak lainnya yang dapat membuat pembangunan stadion ini segera selesai.

Bagi Anda yang penasaran dan berminat untuk mengunjungi lokasi Stadion Barombong ini, silahkan datang bersama keluarga maupun teman-teman. Anda akan terkesan dengan stadion yang luas dan keindahannya karena udara yang sejuk dan area yang dekat dengan pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Stadion Batakan
Baca Aja

Stadion Batakan

Bukan hanya di beberapa daerah Pulau Jawa saja, tetapi stadion olahraga atau gelanggang olahraga juga terdapat di luar…
Stadion GBK
Baca Aja

Stadion GBK

Stadion GBK – Ada beberapa stadion yang bertaraf internasional di Indonesia, tetapi stadion di Indonesia masih dianggap tertinggal…
Stadion Bali United
Baca Aja

Stadion I Wayan Dipta

Pulau Bali bukan hanya dikenal akan keindahannya saja. Namun, keunggulan lainnya yang dimiliki oleh pulau nan eksotis ini…