Sejarah Futsal

Sejarah Futsal

Sejarah futsal– Di era yang sudah modern ini futsal merupakan jenis olahraga yang digandrungi oleh masyarakat umum, terutama di kalangan anak muda.

Jenis olahraga ini merupakan jenis olahraga yang simpel, atau dapat dikatakan futsal merupakan miniatur dari sepakbola.

Ukuran lapangan futsal juga tidak seluas lapangan sepakbola, jadi bermain futsal tidak membutuhkan lapangan yang luas.

Nah tentunya Anda harus paham lebih dalam mengenai futsal, termasuk sejarah futsal juga.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan futsal dan sejarah futsal. Yuk baca sampai selesai!

Pengertian Futsal

Pengertian Futsal

Futsal merupakan jenis olahraga yang hampir sama dengan sepakbola. Futsal dan sepakbola sama-sama menggunakan media seperti lapangan, bola, gawang, dan dua tim dalam melangsungkan sebuah pertandingan.

Pengertian futsal sendiri ialah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim beranggotakan 5 orang dengan tujuan memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Sedangkan menurut bahasa, futsal diambil dari Bahasa Spanyol yaitu Futbol yang berarti sepakbola dan Sala yang berarti ruangan. Maka bila digabungkan futsal ialah sepakbola di dalam ruangan.

Jadi pengertian futsal ialah sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang setiap tim beranggotakan 5 pemain dan beberapa pemain cadangan dengan tujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Pengertian Futsal Menurut Para Ahli

Pengertian Futsal Menurut Para Ahli

Selain pengertian diatas, beberapa ahli juga menjabarkan hasil pemikiran mereka terkait dengan pengertian futsal.

Berikut ini beberapa pengertian futsal menurut beberapa ahli.

John D. Tenang

Menurut John, yang dimaksud dengan futsal ialah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang setip masing-masing tim beranggotakan 5 pemain. Selain dari lima pemain tersebut, setiap tim juga diizinkan untuk mempunyai pemain cadangan.

Roeslan Hatta

Roeslan Hatta berpendapat bahwa pengertian futsal ialah sepakbola mini yang dimainkan dalam sebuah ruangan dengan ukuran lapangan panjang38 sampai 42 meter dan lebar 15 sampai 25 meter.

Dendy Sugono

Selain itu, Dendy Sugono juga berpendapat bahwa futsal adalah olahraga permainan sepakbola yang menggunakan lapangan dan gawang lebih kecil yang dimainkan oleh lima orang pemain.

Justinus Lhaksana

Pendapat Justinur mengenai pengertian futsal ialah permainan bola yang dipertandingan secara cepat dengan segi lapangan yang kecil.

Nah dari beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwasanya pengertian futsal ialah jenis permainan bola yang dipertandingkan oleh dua tim, yang setiap tim beranggotakan 5 orang pemain yang dimainkan di lapangan yang lebih kecil.

Sejarah Futsal Singkat

Sejarah Futsal Singkat

Berbicara mengenai futsal, pertama kali olahraga ini dipopulerkan oleh orang berkebangsaan Uruguay yaitu Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay.

Beberapa keunikan yang ada di futsal mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga mendapatkan perhatian lebih di seluruh Amerika Selatan, terutama Brasil.

Mungkin Anda tau dengan Pele ? Ya, legenda Brasil satu ini merupakan pemain sepakbola profesional yang mengembangkan bakatnya di futsal.

Bahkan sampai saat ini Brasil merupakan negara yang menjadi pusat futsal dunia dan beberapa kali pemainnya menjadi pemain futsal terbaik dunia, salah satunya ialah Falcao.

Sejarah Futsal Dunia

Sejarah Futsal Dunia

Seperti sudah dikatakan diatas, futsal pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930 di Uruguay oleh seorang yang bernama Juan Carlos Ceriani.

Pada tahun 1950-an, futsal diperkenalkan di Italia oleh salah satu pemain sepakbola impor dari Amerika Latin yang bermain di Serie A. dan akhirnya futsal pun menjadi terkenal dan sering dimainkan oleh masyarakat Italia.

Di Inggris, futsal dikenal karena awalnya para pemain sepakbola yang sering memainkan pertandingan enam lawan enam diatas rumput. Sampai pada akhirnya turnamen futsal di Inggris pertama dipertandingkan.

Sedangkan futsal berkembang cepat di Spanyol, hal tersebut dikarenakan gaya permainan Spanyol yang hampir mirip dengan gaya permainan sepakbola Amerika Latin.

Sedangkan untuk pertandingan internasional pertama futsal terjadi pada tahun 1965 untuk memperebutkan Piala Amerika Selatan, dan yang berhasil keluar sebagai juara ialah Paraguay.

Setelah itu, enam perebutan piala Amerika Selatan disapu habis oleh Brasil yang memang sudah menjadi kiblat futsal sejak dulu.

Dan Brasil terus-terusan mendominasi perfutsalan Amerika dengan menjuarai Piala Pan Amerika pada tahun 1980 dan 1984.

Dan untuk kejuaraan dunia futsal pertama diadakan pada tahun 1982 di Sao Paolo, Brasil. Dan tuan rumah Brasil lah yang keluar menjadi kampiun dalam gelaran tersebut.

Pertemuan di Sao Paolo menjadi cikal bakal di bentuknya organisasi futsal dunia yaitu FIFUSA ( The Federecao Internationale de Futebol de Salao) atau Federasi Futsal AS.

Yang kemudian anggota pada organisasi tersebut menunjuk Joao Havelange sebagai ketua umum dari FIFUSA. Dan karena FIFUSA juga futsal semakin menyebarluas dan dikenal oleh masyarakat seluruh dunia.

Setelah beberapa tahun berdiri dan selalu berkembang dengan pesat, futsal menjadi lebih terorganisir dan FIFA pun tertarik dengan olahraga yang satu ini.

Akhirnya pada tahun 1989, FIFA resmi memasukkan futsal ke dalam bagian dari FIFA dan mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan futsal dunia.

Sejarah Futsal Nasional

Sejarah Futsal Nasional

 

Di Indonesia, futsal merupakan salah satu jenis olahraga yang diminati oleh masyarakat. Apalagi banyak kejuaraan-kejuaraan futsal mulai tingkat pelajar hingga tingkat umum.

Futsal masuk Indonesia yaitu sekitar tahun 1998 sampai 1999 yang dibawa oleh Justin Laksana, dan baru pada tahun 2000-an masyarakat Indonesia mengenal futsal sebagai jenis olahraga yang menarik.

Luar biasanya di tahun 2002 Indonesia di minta oleh AFC untuk menyelenggarakan Kejuaraan Piala Asia Futsal.

Sejarah futsal di Indonesia telah mencatatkan tinta emas dan beberapa legenda yang hadir disana. Sebut saja seperti Rolland Hermanus Pattinasarany atau yang dikenal dengan nama Ronny Pattinasarany.

Beliau menunjukkan dedikasinya dengan mendirikan Badan Futsal Nasional (BFN) yang menjadi organisasi pertama yang membuat futsal Indonesia berkembang pesat sampai sekarang.

Setelah BFN di bubarkan, maka dibentuklah organisasi baru yang bernama Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) yang saat ini sudah berganti nama menjadi Federasi Futsal Indonesia (FFI).

FFI merupakan badan resmi dibawah PSSI yang menangani segala kepentingan mengenai Futsal di Indonesia.

Induk Organisasi Futsal

Induk Organisasi Futsal

Sebenarnya induk organisasi futsal dan sepakbola sama saja, hanya saja ada organisasi dibawahnya yang lebih fokus untuk menangani kepentingan futsal ini.

Organisasi futsal dunia ialah Asociacion Mundial de Futsal (AMF) yang resmi berdiri pada tahun 2002, karena dibubarkannya FIFUSA sebagai organisasi futsal sebelum AMF.

Sedangkan induk organisasi futsal Indonesia ialah Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang sebelumnya bernama Asosiasi Futsal Indonesia (AFI).

FFI berdiri pada tahun 2014 untuk menggantikan Badan Futsal Nasional yang dibubarkan.

Sejak awal berdiri, AFI atau FFI diketuai oleh Hary Tanoesoedibjo yang sudah menjabat dari tahun 2014 sampai nanti tahun 2022.

Prestasi Terbaik Futsal Indonesia di Internasional

Prestasi Terbaik Futsal Indonesia di Internasional

Tim Nasional Futsal Indonesia memiliki catatan yang baik di dunia. Terakhir timnas futsal Indonesia U-20 berhasil menembus semifinal Piala AFC.

Berikut prestasi Timnas Futsal Indonesia di kejuaraan Internasional.

Piala AFF :

  • 2001 Absen
  • 2003 Peringkat ketiga
  • 2005 Peringkat ketiga
  • 2006 Runner-Up
  • 2007 penyisihan grup
  • 2008 Runner-up
  • 2009 Peringkat ketiga
  • 2010 Juara
  • 2012 Peringkat ketiga
  • 2013 Peringkat keempat
  • 2014 Peringkat keempat
  • 2015 Absen
  • 2016 Penyisihan grup
  • 2017 Penyisihan grup
  • 2018 Peringkat ketiga
  • 2019 Runner-Up

Piala AFC :

  • 1999 Absen
  • 2000 Absen
  • 2001 Absen
  • 2002 penyisihan grup
  • 2003 penyisihan grup
  • 2004 penyisihan grup
  • 2005 penyisihan grup
  • 2006 penyisihan grup
  • 2007 Absen
  • 2008 penyisihan grup
  • 2010 penyisihan grup
  • 2012 penyisihan grup
  • 2014 penyisihan grup
  • 2016 Absen
  • 2018 Absen

Saat ini Timnas Futsal Indonesia berada di rangking 50 dunia diatas Inggris dan Jerman yang menguasai dunia di olahraga sepakbola.

Sedangkan di Asia, Indonesia berada di rangking 10 diatas negara macan Asia seperti Korea Selatan.

Tentu semua ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia mempunyai Timnas Futsal yang berada di rangking atas negara-negara Eropa.

Akhir Kata

Futsal merupakan jenis olahraga modern yang sampai saat ini perkembangannya begitu pesat baik di level Internasional maupun level Nasional.

Di level Nasional sendiri prestasi yang ditorehkan oleh Timnas futsal Indonesia berhasil membuat masyarakat Indonesia berdecak kagum.

Progres dari Timnas Indonesia juga dari tahun ke tahun selalu berkembang, terbukti di update terakhir FIFA, Indonesia mencapai rangking 50 dunia diatas negara besar sepakbola seperti Inggris dan Jerman.

Demikian penjelasan mengenai sejarah futsal dan beberapa hal terkait, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita di dunia futsal. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Strategi Futsal
Baca Aja

Strategi Futsal

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain dan dengan beberapa pemain cadangan. Maka dari itu diperlukan…