Program Latihan Sepak Bola

Program Latian Sepak Bola

Program Latihan Sepak bola – Sepak bola merupakan permainan kelompok yang sangat digemari masyarakat dunia. Permainan ini pertama kali di Tiongkok oleh para tentara Tiongkok tersebut.

Olahraga ini awalnya hanya sebagai latihan fisik para tentara agar tetap terjaga fisik dan ketahanan tubuhnya. Namun seiring perkembangan zaman, olahraga ini semakin sering mengalami perubahan yang baik.

Dimana setiap gerakan yang di sajikan oleh para pengolah si kulit bundar ini sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya.

Namun setiap gerakan indah tersebut dibutuhkan program-program yang dibuat untuk meningkatkan skill seorang pemain.

Berikut ini olahraganesia akan memberikan penjelasan mengenai beberapa program latihan yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill bermain Sepak bola kamu.

Perencanaan Program Latihan Sepak bola

Perencanaan Program Latihan Sepak Bola

Penyusunan perencanaan merupakan proses menyusun program latihan yang dilakukan diawal sebelum program tersebut dijalankan.

Jadi seorang pelatih Sepak bola harus terlebih dahulu melakukan perencanaan ini dan menentukan program latihan Sepak bola seperti apakah yang harus dia berikan kepada pemain didikannya.

Tentunya ini sangat penting bagi seorang pelatih, agar pelatih tersebut tidak bingung dalam memberikan materi kepada pemain yang dilatih.

Metode Program Latihan Sepak Bola

Metode Program Latihan Sepak Bola

Metode program latihan merupakan cara pelatih melatih anak-anak didikannya. Ini menjadi kunci karena dengan metode yang tepat pemain akan menerima dengan sempurna apa saja yang diberikan pelatih.

Berikut ini beberapa metode program latihan yang wajib diketahui oleh pelatih Sepak bola.

  • Metode Berhenti – Beku

Sesuai dengan namanya, metode Stop – Freeze ialah suatu metode latihan Sepak bola yang dilakukan oleh seorang pelatih Sepak bola dengan cara langsung memberhentikan permainan apabila ada pemain yang melakukan kesalahan dalam menjalankan program latihan.

Misalkan dalam latihan Sepak bola dengan program 2vs1, kedua pemain yang bermain menyerang melakukan permainan yang monoton dan bukan keinginan pelatih. Maka pelatih akan langsung memberhentikan permainan tersebut.

Bukan hanya itu, pelatih juga akan langsung membenarkan dan membimbing kedua pemain tersebut dan menunjukkan kesalahan dari kedua pemain tersebut.

  • Metode Coaching on The Run

Metode ini lebih kearah bagaimana pemain mengaplikasikan program latihan yang diberikan oleh pelatih.

Jadi seorang pelatih hanya akan menginstruksikan sedikit target dan pemain tersebut harus bisa mengaplikasikannya dengan cara apapun.

Misalkan seorang pelatih menginginkan pemain mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan keadaan pemain 2vs1, maka pemain tersebut harus pintar dan cerdas untuk mencetalk gol sebanyak-banyaknya.

Tahap Program Latihan Sepak bola

Tahap Program Latihan Sepak bola

Tahapan program latihan ini sangat berpengaruh dalam perkembangan pemain. Pemain yang melakukan tahapan dengan benar akan mendapatkan hasil yang memuaskan dalam pertandingan.

Berikut ini tahapan dalam program latihan Sepak bola.

  • Pemanasan (10 Menit)

Sebelum melakukan program latihan, pemain harus terlebih dahulu melakukan pemanasan. Pemanasan ini bertujuan agar pada saat latihan pemain tidak mengalami kram otot.

  • Latihan Fisik (15 Menit)

Latihan fisik ini berguna untuk mengembangkan kebugaran pemain tersebut, seperti kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan yang lainnya.

  • Latihan Teknik (20 Menit)

Selama 20 menit melakukan latihan teknik, pemain harus melakukannya dengan benar. Sehebat apapun skill yang dimiliki oleh seorang pemain, dia juga harus tetap melakukan tahapan latihan ini.

Latihan teknik ini bertujuan untuk menunjang taktik yang akan diterapkan oleh pelatih. Latihan teknik ini meliputi seperti, latihan passing, dribbling, controling dan lainnya.

  • Latihan Taktik (15 Menit)

Disinilah kemampuan seorang pelatih ditunjukkan, latihan taktik yang dilakukan selama 15 menit ini bertujuan agar pada saat pertandingan pemain tidak bingung dalam menerapkna skema yang diinginkan pelatih.

  • Game (20 Menit)

Game selama 20 menit dengan pemain 8vs8 bisa menjadi bahan evaluasi pelatih dalam menerapkan skemanya. Pada saat game ini juga pelatih bisa melihat pemain mana saja yang cocok ia turunkan untuk menerapkan skema permainan yang diinginkan.

  • Cooling Down (5 Menit)

Tahapan ini merupakan tahapan akhir yang bertujuan untuk meregangkan kembali otot yang telah digunakan sebelumnya.

Pada tahap ini sangat penting agar pemain tidak merasakan kelelahan pada saat dirumah dan untuk melakukan latihan pada keesokan harinya.

Baca Juga: Apa Itu VAR

Akhir Kata

Program latihan dalam sepak bola sangatlah penting dikuasai oleh pelatih. Selain itu, pemain juga harus paham dengan apa saja yang diarahkan oleh pelatih.

Dengan program latihan, maka tim tersebut akan semakin terarah dan mencapai targetnya dalam sebuah pertandingan.

Demikian penjelasan olahraganesia mengenai program latihan Sepak bola ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan mu berkaitan dengan olahraga khususnya Sepak bola. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Tugas Wasit Sepak Bola

Tugas Wasit Sepak Bola- Dalam pertandingan sepak bola wasit merupakan peran yang begitu penting dalam melancarkan sebauh pertandingan sepak…