Posisi Pemain Futsal

Posisi Pemain Futsal

Futsal merupakan permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 5 pemain. Walaupun kini futsal lebih banyak digemari dibandingkan sepakbola, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengenal istilah-istilah dalam futsal, termasuk yaitu posisi pemain futsal.

Dari kelima pemain tersebut ada posisi pemain futsal yang menempati posnya masing-masing. Dalam futsal kita mengenal 4 posisi pemain futsal, walaupun setiap pertandingan sebuah tim diwakili oleh 5 pemain.

Posisi pemain futsal tersebut ialah kiper, anchor, flank atau ala, dan pivot. Setiap posisi mempunyai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Maka dari itu kerjasama tim dan saling membantu satu sama lain akan membuat tim kamu memenangkan pertandingan.

Berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai posisi pemain futsal yang wajib kamu ketahui, baik pemain futsal profesional maupun bukan.

Kiper

Posisi Kiper

Sama seperti halnya dalam sepakbola, dalam futsal juga ada seorang kiper yang bertugas menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Kiper merupakan satu-satunya posisi pemain yang mempunyai privilese untuk memegang bola.

Biasanya dalam futsal, selain untuk menjaga gawang kiper juga sering maju kedepan untuk membantu tim mencetak gol atau yang biasa disebut strategi permainan four play.

Tugas Kiper

Seorang kiper mempunyai tugas dalam futsal seperti berikut ini.

  • Mengamankan bola

Ketika terjadi kemulut didepan gawang, seorang kiper harus sigap untuk mengamankan bola, karena hanya kiperlah yang diperbolehkan untuk memegang bola di daerah pertahanannya sendiri.

  • Menjaga musuh agar tidak mencetak gol

Kiper merupakan satu-satunya pemain yang boleh menggunakan seluruh tubuhnya untuk memegang bola, termasuk tangan. Maka dari itu seorang kiper juga bertugas untuk menjaga musuh agar tidak mencetak gol.

Hal yang Harus Dimiliki Kiper

Beberapa hal tentunya akan sangat penting bila ingin menjadi pemain dengan posisi kiper ini. Tidak sembarang orang bisa menempati posisi sebagai seorang kiper.

Harus pemain dengan keberanian yang tinggi untuk bisa menempati posisi ini. Selain itu insting bola juga harus menjadi hal yang diperhatikan untuk menjadi seorang kiper.

Seringkali tendangan dari lawan dilakukan secara tiba-tiba, nah maka dari itu refleks juga menjadi hal yang wajib dimiliki oleh seorang kiper dalam futsal.

Nah bagi kamu yang mempunyai refleks dan insting membaca bola dengan baik sangat cocok sekali untuk menjadi kiper dalam futsal.

Pemain Dengan Posisi Kiper

Berikut ini pemain yang berposisi sebagai kiper dalam futsal.

  1. Muhammad Albagir
  2. Nazil Purnama
  3. Teky Sarendra
  4. Ikhsan Rahadia
  5. Muhammad Nizar
  6. Leo Higuita
  7. Stefano Mammarella
  8. Paco Sedano

Anchor

Posisi Anchor

Nah posisi pemain futsal selanjutnya ialah anchor. Posisi yang bisa dikatakan otak dari serangan dan pemain yang bertugas juga menjaga pertahanan.

Pemain ini biasanya mempunyai skill yang mumpuni dalam mengalirkan bola kedepan. Maka dari itu seorang anchor harus pintar dan tau kapan timing yang tepat untuk menyerang dan kapan untuk bertahan.

Selain sebagai otak serangan, seorang anchor juga harus pandai dalam bertahan. Karena seorang anchor lah yang bertugas untuk bertahan ketika tim diserang.

Apabila disamakan dengan sepakbola, seoran anchor dalam futsal ini merupakan gabungan dari pemain bertahan atau defender dan gelandang atau midfielder.

Tugas Anchor

Seorang anchor dalam futsal mempunyai tugas diantaranya.

  • Membackup penjaga gawang

Agar pemain lawan tidak menendang bola yang membahayakan gawang tim, seorang anchor lah yang bertugas untuk menjaganya.

Anchor harus bisa menjaga agar pemain lawan tidak melepaskan tendangan ke arah gawang yang sulit untuk dihalau oleh kiper.

  • Membayang-bayangi musuh

Ketika diserang, seringkali pemain lawnag melakukan gerakan tanpa bola yang bisa membahayakan tim. Nah disini juga anchor berperan untuk membayang-bayanginya terus agar bola tidak dialirkan kepada pemain tersebut.

Dan apabila pemain yang melakukan pergerakan tanpa bola terus dibayangi, pemain lawan yang sedang memegang bola akan kesulitan dan bingung kemana bola akan diarahkan.

  • Menjadi otak serangan tim

Anchor merupakan pemain yang mempunyai tugas ganda dalam futsal. Selain bertahan, anchor juga harus bisa menjadi otak serangan dalam tim.

Seorang anchor harus cerdas dalam mengalirkan bola kedepan. Dia harus paham dengan situasi pertandingan dan peluang menyerang yang ada. Namun tak jarang juga, seorang anchor melakukan gocekan kedepan ketika ada peluang.

Hal yang Harus Dimiliki Anchor

Anchor merupakan posisi vital dalam sebuah tim, dirinya yang menjadi penghalau pemain depan lawan dan otak dari serangan tim harus mempunyai beberapa kriteria.

Tidak sembarang pemain juga bisa menempati posisi ini. Seorang anchor yang baik harus mempunyai passing yang berkualitas, agar umpan yang diberikan oleh anchor tepat kepada teman satu tim.

Selain itu, seorang anchor juga harus bisa menguasai bola dengan baik. Hal ini bertujuan agar anchor tidak melakukan kesalahan di daerah pertahanan sendiri.

Stamina seorang anchor juga harus diperhatikan, dirinya yang mempunyai peran ganda harus mampu dilakukan dengan baik dan sempurna.

Nah bagi kamu yang mempunyai skill penguasaan bola yang baik, passing yang sempurna, dan stamina yang kuat sangat cocok sekali untuk bermain di posisi anchor dalam futsal.

Nah, sebelum lanjut yuk simak dulu vidio tips menjadi anchor ketika deffense (Bertahan)

Pemain Dengan Posisi Anchor

Berikut ini beberapa pemain yang mempunyai posisi sebagai anchor dalam futsal.

  1. Sunny Rizky
  2. Rio Pangestu
  3. Marvin Alexa
  4. Jailani Ladjanibi
  5. Robinho

Flank / Ala

Posisi Flank

Flank atau kita juga bisa menyebutnya ala, yaitu posisi pemain futsal yang berada di sisi kanan dan kiri lapangan. Seorang yang mengisi posisi ini biasanya mempunyai skill dan teknik mumpuni.

Seorang flank ini akan menjadi penyambung antara anchor dan pivot. Selain itu pemain dengan posisi flank juga harus jeli dan pintar melihat peluang gol.

Dia harus tau kapan untuk memberikan umpan dan kapan untuk mengekskusi bola tersebut agar dijadikan gol.

Tugas Flank / Ala

Dalam futsal, flank atau ala mempunyai tugas sebagai berikut.

  • Menjadi penghubung anchor dan pivot

Posisinya yang berada di kanan dan kiri lapangan, membuat flank ini pemain yang fleksibel berada di depan atau belakang.

Maka dari itu, pemain ini bertugas sebagai penghubung antara anchor dan pivot. Seorang flank harus bisa membaca kemana bola akan dialirkan oleh anchor dan kemana seorang pivot akan bergerak.

Dirinya harus menjadi penghubung diantara kedua pemain yang berada di posisi tersebut.

  • Motor serangan tim

Ketika bola sudah dikuasai oleh flank, flank atau ala harus bisa memberikan tekanan kepada tim lawan. Dirinya harus mampu menciptakan peluang bagi tim agar bisa mencetak gol.

Maka dari itu, seorang yang berposisi flank harus mempunyai skill dan teknik bola diatas rata-rata.

Hal yang Harus Dimiliki Flank / Ala

Seorang flank mempunyai tugas yang berat, karenanya dirinya harus menjadi perantara antara anchor dan pivot.

Maka dari itu skill dan teknik yang mumpuni harus dikuasai oleh seorang flank. Selain itu, posisinya yang berada di sisi lapangan harus hati-hati ketika menerima bola dari anchor.

Dirinya harus bisa mengontrol bola dengan baik, agar bola tidak keluar dari lapangan. Kecepatan juga menjadi hal yang wajib dimiliki oleh seorang flank, agar dirinya mampu menipu lawan dengan teknik-tekniknya.

Kalau kamu mempunyai speed dan kontrol bola yang bagus, dan ditambah mempunyai skill bola yang mumpuni sangat cocok sekali untuk menempati posisi ini dalam futsal.

Pemain Dengan Posisi Flank / Ala

Berikut ini beberapa pemain yang berposisi sebagai flank atau ala dalam futsal.

  1. Bayu Bambang Saptaji
  2. Ardiansyah Runtuboy
  3. Randy Satria
  4. Reza Yamani
  5. Di Maria
  6. Falcao

Pivot

Posisi Pivot

Ini posisi terakhir dalam futsal, yaitu pivot. Tugas utama dari seorang pivot ialah mencetak gol, dia harus pintar dalam mencari posisi dan membuka ruang.

Seorang pivot harus handal dalam mengkonversi peluang menjadi gol. Jadi setiap ada kesempatan untuk mencetak gol, seorang pivot harus bisa menjadikan kesempatan tersebut menjadi gol.

Selain itu, pivot juga bisa bertugas untuk memberikan ruang dan jalan untuk posisi lain mencetak gol. Ia bisa menjadi tembok agar pemain dengan posisi lain mudah melepaskan tembakan ke arah gawang.

Maka dari itu seorang pivot ini harus kuat dalam menguasai bola ketika di pressing lawan. Dia tidak boleh panik dan tergesa-gesa ketika mendapatkan bola. Seorang pivot harus menjaga bola yang sudah didepan agar bisa mencetak gol.

Tugas Pivot

Seorang pivot dalam futsal mempunyai tugas sebagai berikut.

  • Membuat peluang menjadi gol

Pemain ini memang berada di depan, maka dari itu pemain ini mempunyai tugas utama untuk mencetak gol.

Setiap peluang yang tercipta, seorang pivot harus bisa mengkonveriskannya menjadi gol.

  • Membuka ruang

Selain untuk mencetak gol, seorang pivot juga bertugas memberikan ruang kepada pemain lain untuk mencetak gol.

Dirinya harus pintar menempatkan posisi dan memancing pemain lawan untuk membuka ruang dan membuat pemain lain bisa melepaskan tendangan ke arah gawang.

Hal yang Harus Dimiliki Pivot

Pivot sebagai ujung tombak dalam tim harus mampu memanfaatkan peluang menjadi sebuah gol untuk tim.

Seorang pivot harus mampu mengkonversi setiap peluang menjadi gol. Maka dari itu, pivot harus mempunyai insting cetak gol yang baik.

Selain itu, seorang pivot juga harus mempunyai body balance yang kuat agar dirinya mampu berduel dengan pemain bertahan lawan.

Postur tubuh tinggi akan membantu seorang pivot dalam menjalankan tugasnya, namun hal ini bukan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seorang pivot.

Kalau kamu mempunyai postur tubuh yang tinggi dan body balance yang kuat, serta ditambah mempunyai keinginan untuk selalu mencetak gol, posisi ini sangat pas dan cocok bagi kamu.

Posisi Dengan Posisi Pivot

Beberapa pemain berikut ini merupakan pemain futsal dengan posisi sebagai pivot.

  1. Andri Kustiawan
  2. Syahidansyah Lubis
  3. Subhan Faidasa
  4. Muhammad Sanjaya
  5. Samuel Eko
  6. Ricardinho
  7. Ferrao
  8. Leandro Lino Dos Santos

Akhir Kata

Posisi pemain futsal sangatlah penting untuk dipahami, agar ketika bermain futsal kamu paham dengan tugas-tugas dari posisi yang kamu tempati.

Maka dari itu penjelasan diatas harus kamu baca dengan teliti sampai kamu paham. Tentunya setiap posisi sangat penting dalam kebutuhan tim.

Sebuah tim akan meraih kemenangan ketika pemain di setiap posisi bekerjasama dengan baik.

Demikian penjelasan mengenai posisi pemain futsal, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia futsal. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pemain Terbaik Futsal
Baca Aja

Pemain Terbaik Futsal

Semakin populernya olahraga futsal, banyak sekali penghargaan-penghargaan yang diberikan oleh para pemain futsal. Selain gelar tim, gelar-gelar individu…