Perbedaan Futsal dan Sepakbola

Perbedaan Futsal dan Sepakbola

Sepakbola merupakan jenis olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun beberapa tahun terakhir masyarakat kita mengenal olahraga yang kita kenal dengan futsal. Sebenarnya apasih perbedaan futsal dan sepakbola ?

Apabila dilihat secara garis besar, futsal dan sepakbola merupakan jenis olahraga yang sama. Keduanya butuh 2 tim untuk melakukan pertandingan dan sarana yang dibutuhkan juga hampir sama.

Baik futsal maupun sepakbola juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mencetak gol. Bagi tim yang mencetak gol lebih banyak akan keluar menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut.

Namun antara futsal dan sepakbola mempunyai beberapa perbedaan. Berikut ini beberapa perbedaan futsal dan sepakbola.

Pengertian Futsal dan Sepakbola

Pengertian Futsal dan Sepakbola

Futsal merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim dan setiap tim beranggotakan 5 pemain. Futsal juga menggunakan lapangan dengan permukaan rata dan dilakukan ditempat tertutup.

Walaupun beberapa lapangan juga ada yang terbuka. Namun saat pertandingan yang bersifat resmi, biasanya futsal dimainkan di lapangan yang tertutup.

Sedangkan sepakbola merupakan jenis olahraga yang sudah lebih dulu ada dibandingkan futsal. Olahraga ini merupakan olahraga lama yang setiap zaman selalu mengalami perkembangan.

Sama seperti futsal, sepakbola juga harus dimainkan oleh dua tim. Namun perbedaannya jumlah pemain dalam satu tim sepakbola berjumlah 11 pemain.

Dan jenis lapangan yang digunakan juga berada di luar ruangan. Selain itu lapangan yang dipakai juga tidak rata, walaupun akhir-akhir ini sudah banyak lapangan sepakbola yang di desain ulang sehingga tanahnya menjadi rata.

Jenis Lapangan

Perbedaan pertama antara futsal dan sepakbola yang pertama ialah dari segi jenis lapangan.

Jenis lapangan yang dipakai pada olahraga futsal cenderung lebih rata dibandingkan lapangan sepakbola.

Selain itu, lapangan futsal juga terletak di dalam ruangan atau indoor, dan sedangkan lapangan sepakbola berada di luar lapangan atau outdoor.

Namun untuk lapangan sepakbola yang digunakan untuk pertandingan resmi tidak pernah menggunakan rumput sintetis dan biasanya menggunakan rumput asli.

Dan untuk lapangan futsal, jenis lapangannya sangat berbeda dengan sepakbola karena penggunaan vinyl atau rumput sintetis atau bisa juga lapisannya berupa semen atau beton.

Jumlah Pemain

Perbedaan kedua terletak di jumlah pemain dalam setiap tim. Apabila dalam sepakbola pemain yang ada di lapangan dalam sebuah tim berjumlah 11 pemain, maka dalam futsal hanya ada 5 pemain yang di lapangan dalam sebuah tim.

Dan posisi pemain futsal tersebut diantaranya ialah kiper, anchor, 2 flank kanan dan kiri, serta pivot.

Ukuran Lapangan

Selanjutnya ialah dari segi ukuran lapangan. Keduanya sangat terlihat perbedaannya apabila dilihat dari ukuran lapangan.

Sedangkan ukuran lapangan futsal lebih kecil dibandingkan lapangan sepakbola, dimana ukuran panjang lapangan futsal yaitu 25-42 meter dan lebar 15-25 meter.

Sedangkan lapangan sepakbola mempunyai panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter. Tentu hal ini sangat terlihat perbedaan dari keduanya.

Bola

Apabila sekilas kita lihat, bola yang digunakan antara kedua olahraga ini sama saja. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan.

Keliling bola yang dipakai dalam futsal juga lebih kecil dibanding sepakbola. Keliling bola futsal yaitu 62-64cm, sedangkan bola dalam sepakbola ialah 68-71 cm.

Berat bola yang digunakan juga mempunyai perbedaan, yaitu berat bola dalam sepakbola berada dikisaran 396-453 gram. Dan sedangkan bola futsal mempunyai berat sekitar 400-440 gram.

Tekanan antara kedua bola tersebut juga memiliki perbedaan, yakni bola pada sepakbola mempunyai tekanan 8-12psi, sedangkan bola futsal memiliki tekanan 0,4-0,6 atmosfir.

Pantulan jika dipantulkan dari ketinggian 1 meter juga keduanya memiliki perbedaan, bola futsal hanya akan memantul setinggi 55-65 cm, sedangkan bola pada sepakbola akan memantul setinggi 60 cm.

Ukuran Gawang

Walaupun bentuk gawang dari kedua olahraga ini terlihat sama, akan tetapi ukurannya yang berbeda.

Gawang pada futsal hanya memiliki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter, sedangkan sepakbola menggunakan gawang dengan tinggi 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.

Durasi Pertandingan dan Tambahan Waktu

Pada olahraga sepakbola dan futsal, pada saat bertanding pun mempunyai waktu pertandingan berbeda. Pada sepakbola, waktu pertandingan ialah 90 menit atau 45 menit x 2, sedangkan untuk futsal yaitu 40 menit saja atau 20 menit x 2.

Pada pertandingan sepakbola dengan sistem gugur juga ada tambahan waktu yaitu 2 x 15 menit jika skor dinyatakan imbang, sementara untuk futsal hanya memiliki tambahan waktu 10 menit saja atau 2 x 5 menit ketika hasil pertandingan kedua tim sampai seri.

Waktu Istirahat dan Timeout

Baik sepakbola atau futsal keduanya mempunyai waktu istirahat di sela-sela babak 1 dan 2. Namun perbedaannya ialah pada jumlah menitnya, futsal mempunyai waktu istirahat 10 menit dan sepakbola mempunyai waktu istirahat 15 menit.

Pada futsal juga dikenal dengan istilah timeout, setiap tim boleh mengambil kesempatan timeout ini 1 kali setiap babaknya.

Pergantian Pemain

Pada pertandingan sepakbola, sebelum melakukan pergantian pemain harus meminta izin terlebih dahulu kepada wasit yang bertugas.

Kemudian wasit akan menghentikan pertandingan sebentar, di mana waktu ini akan digunakan pemain yang keluar dan masuk. Pemain yang di dalam lapangan harus keluar terlebih dulu dan disusul oleh pemain pengganti masuk ke lapangan.

Pada futsal memang sedikit berbeda, karena pada dasarnya tidak ada peraturan seperti sepakbola ketika akan mengganti pemain.

Inilah yang disebut futsal lebih fleksibel, karena pemain futsal bisa keluar atau masuk ke lapangan kapan saja tanpa harus memperoleh izin terlebih dulu dari wasit.

Batas Jumlah Pemain Pengganti

Dalam sepakbola, satu tim hanya bisa mengganti pemain sebanyak 3 kali dalam satu pertandingan. Sedangkan dalam futsal, tim bebas dalam hal pergantian pemain dan tidak ada batasan.

Jumlah Wasit

Pada pertandingan sepakbola resmi jumlah wasit yang berada di dalam lapangan hanya 1 orang dan akan dibantu 2 orang wasit lainnya yang menjadi hakim garis.

Tapi pada futsal, hanya ada 2 wasit saja yang bertugas sebagai pemimpin pada pertandingan dan mereka selalu berada di luar lapangan.

Aturan Kontak Fisik

Kontak fisik diantara pemain pada saat pertandingan sepakbola masih diperbolehkan jika hanya menyenggol atau melakukan sliding tackle saja.

Namun pada saat bermain futsal, kontak fisik sama sekali tidak diperbolehkan selama pertandingan berlangsung.

Aturan Setelah Bola Keluar

Bola yang keluar pada pertandingan sepak bola aturannya wajib dilakukan pelemparan kembali oleh seorang pemain lawan ke dalam lapangan.

Tata cara pelemparan bola juga sudah ada sendiri menurut aturan permainan sepakbola.

Berbeda dengan sepakbola, ketika bola keluar pada pertandingan futsal, bola harus dilakukan tendangan ke dalam oleh seorang pemain lawan.

Tata caranya juga sudah diatur oleh peraturan yang sudah dibuat oleh organisasi yang menaungi futsal.

Aturan Kartu Merah

Pemain sepakbola akan dikenakan hukuman berupa kartu merah apabila melakukan pelanggaran dan pemain ini tidak boleh digantikan oleh pemain lainnya sehingga jumlah anggota dalam tim tersebut akan berkurang hingga akhir pertandingan.

Sementara pada olahraga futsal berbeda dengan sepakbola, justru pemain yang sudah diberikan hukuman kartu merah masih bisa dan boleh untuk diganti oleh pemain cadangan setelah waktu 2 menit atau setelah tim lawan mampu mencetak gol.

Aturan Offside

Nah aturan offside ini hanya ada pada permainan sepakbola, dalam futsal istilah offside ini tidak ada karena lapangan futsal cenderung lebih kecil

Pencetakan Gol

Pada sepakbola pasti ada offside sehingga aturan ini sedikit mempersulit pemain untuk mencetak gol. Berbeda dengan sepakbola, permainan futsal yang tidak ada aturan offside akan lebih mudah untuk mencetak gol.

Itulah alasannya mengapa dalam pertandingan futsal akan terjadi banyak sekali gol.

Back Pass

Pada permainan sepakbola, aturan melakukan back pass ke kiper tidak ada batasan dan ini merupakan aturan yang pastinya berlaku secara standar.

Berbeda dengan sepakbola, pada permainan futsal backpass ke kiper hanya diperbolehkan 1 kali saja.

Waktu Mulai Pertandingan

Pada sepak bola bahwa waktu untuk memulai pertandingan sama sekali tidak ada aturannya. Namun pada permainan futsal, hanya ada waktu 4 menit untuk memulai pertandingan futsal.

Pelanggaran

Terkait pelanggaran pun lagi-lagi berbeda, pada sepakbola tidak ada batasan untuk melakukan pelanggaran, jika pemain melanggar dengan keras maka akan dikenakan hukuman berupa kartu kuning atau kartu merah.

Namun pada futsal berbeda, ada batasan pelanggaran dan itu berjumlah sampai 5 kali saja. Jika satu tim melakukan pelanggaran lebih dari 5 kali akan dikenakan hukuman berupa second penalti.

Akhir Kata

Jika kita lihat dari cara bermain dan tujuan bermain antara futsal dan sepakbola, keduanya mempunyai kesamaan yang jelas.

Namun jika kita lihat lebih detail dan memahami antara futsal dan sepakbola tentu kedua olahraga tersebut sangat berbeda.

Demikian penjelasan diatas mengenai perbedaan futsal dan sepakbola, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia olahraga khususnya futsal dan sepakbola. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Strategi Futsal
Baca Aja

Strategi Futsal

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain dan dengan beberapa pemain cadangan. Maka dari itu diperlukan…