Peraturan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola – Melihat sebuah pertandingan sepakbola memang menyenangkan, apalagi kalau tim yang Anda favioritkan mampu mencetak gol indah. Tapi ternyata di balik semua itu, para pemain dan semua pihak yang terlibat harus menerapkan semua aturan ketat agar permainan berjalan on rule.

Mulai dari kriteria gol hingga jumlah pemain sepak bola yang boleh dimainkan. Yuk simak informasi lengkapnya!

Peraturan Permainan Sepak Bola

Peraturan Permainan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Aturan pertama yang harus dipatuhi oleh penyelenggara pertandingan dan tim yang akan bertanding sepakbola adalah lapangan dan perlengkapannya, dengan kriteria sebagai berikut:

Lapangan

Kriteria ukuran lapangan sepakbola yang memenuhi syarat adalah dengan ukuran:

  1. Panjang = antara 100 meter hingga 110 meter
  2. Lebar = antara 64 meter hingga 75 meter
  3. Luas area gawang = 18,35 meter x 5,5 meter
  4. Jari jari pada lingkaran tengah lapangan = 9,15 meter
  5. Luas daerah penalti = 40,39 meter x 16,5 meter
  6. Jark titik area penalti dengan garis gawang = 11 meter

Bola

Kriteria bolanya adalah:

  1. Berat = antara 396 gram hingga 453 gram
  2. Bentuk = bulat sempurna
  3. Keliling = antara 68 sentimeter hingga 71 sentimeter
  4. Bahan = kulit

Gawang

  1. Tinggi gawang : 2,44 Meter
  2. Lebar gawang : 7,32 Meter

Peraturan Sepak Bola ketika Memulai Pertandingan

Sebelum pertandingan dimulai pemain yang akan bertanding di haruskan untuk berjabat tangan dengan sesama teman, wasit dan juga lawan.

Setelah berjabat tangan, biasanya pemain akan melakukan sesi foto bersama, lalu wasit memanggil kapten masing-masing tim untuk memilih logam yang dibawa wasit.

kapten tim bisa memilih salah satu sisi logam dan wasit akan melemparkan logam tersebut ke atas, dan sisi logam yang sesuai dipilih salah satu kapten dapat memilih bola awal atau memilih tempat.

Pemimpin Tim (Captain)

Pemimpin Tim (Captain)
Peraturan Sepak Bola

Setiap tim sepak bola wajib memiliki captain tim, tujuan adanya captain yaitu, ketika dalam sebuah pertandingan terjadi suatu masalah, maka captain yang nantinya akan berdiskusi dengan wasit.

Jumlah Pemain Sepak Bola

Untuk memainkan pertandingan sebuah tim harus memiliki jumlah pemain sepakbola sebanyak 11 orang yang terdiri dari satu penjaga gawang dan 10 pemain yang tersebar berdasarkan formasi. Sebuah tim juga harus memiliki kapten yang dipilih salah satu dari 11 pemain, yang akan menjadi perwakilan tim untuk diskusi dengan wasit saat diperlukan.

Sebuah tim akan dinyatakan kalah ketika saat permainan berlangsung empat pemain kena kartu merah, atau tim yang masuk lapangan kurang dari tujuh orang. Makanya setiap tim selalu mempersiapkan pemain cadangan jika dalam pertandingan ada pemain cedera, sehingga bisa digantikan dan tidak mengurangi jumlah pemain.

Peraturan Sepak Bola Mengenai Aksesoris Yang Diperbolehkan dan Dilarang

Aksesoris Yang Diperbolehkan dan Dilarang
Peraturan Sepak Bola

Perlengkapan yang wajib dipakai pemain saat berlaga di lapangan hijau adalah seragam , sepatu khusus sepakbola, dan kaos kaku yang punya aturannya sendiri. Selain itu ada beberapa aksesoris tambahan yang boleh dan tidak boleh dipakai pemain dengan kondisi tertentu, yaitu:

Boleh Dipakai:

  1. Sarung Tangan

Aksesoris ini boleh dipakai khusus oleh penjaga gawang dengan standar yang jelas, karena tugasnya adalah menahan bola agar tidak masuk ke dalam gawang sehingga butuh pelindung tangan maksimal. Tapi pemain lain juga diperbolehkan dengan catatan ada kondisi mendesak atau faktor kesehatan yang mengharuskannya memakai sarung tangan.

  1. Penutup Kepala

Penutup kepala boleh dipakai oleh pemain dengan kondisi tertentu, misalnya pernah mengalami cedera kelapa sehingga untuk menjaga kepala agar tidak cedera lagi harus pakai pelindung.

Tidak Boleh Dipakai:

Pemain sepakbola dilarang menggunakan aksesoris seperti kalung, gelang, anting dan sejenisnya, karena dapat menjadi penyebab cedera bagi pemain lain. Pelarangan ini sudah diatur untuk semua jenis pertandingan baik domestik maupun internasional.

Wasit

Wasit adalah orang yang memegang penuh dalam sebuah pertandingan serta jiuga memberikan sebuah keputusan jika pemain telah melanggar peraturan.

Asisten wasit

Asisten wasit sering juga disebut hakim garis, tugasnya membantu wasit utama dalam mengambil keputusan tentang offside, pelanggaran dan juga bola keluar.

Peraturan Sepak Bola Mengenai Waktu

Permainan ini dilakukan selama 90 menit dibagi jadi dua babak jadi 45 x 45. Dan juga diberi waktu istirahat sekitar 15 menit.

Ketika waktu normal sudah habis dan pertandingan saat itu harus membutuhkan pemenang, maka dilakukan tambahan waktu (extra time) yaitu sekitar 2 x 15 menit. Namun jika score masih sama, maka diadakan adu penalti.

Peraturan Kick Off

Berikut ini peraturan kick off dilakukan ketika:

  • Memulai pertandingan
  • Terjadinya sebuah gol
  • Memulai babak yang kedua
  • Memulai babak extra time

Perarturan Sepak Bola Mengenai Aturan Gol

Aturan Gol
Peraturan Sepak Bola

Gol akan dinyatakan sah ketika bola masuk ke dalam gawang lawan tanpa bisa dibendung oleh penjaga gawang. Kriterianya tak boleh ada pemain offside (penendang gol tidak pada posisi di depan bek lawan), dan tidak ada pelanggaran yang dilakukan pemain baik itu hand ball (bola terkena bagian tangan pemain) atau lainnya.

Peraturan Offside dan Onside

Offside terjadi ketika teman yang sedang membawa bola mengoper kepada temannya, namun posisinya berada jauh di depan lawan.

Onside biasanya terjadi ketika pemain lawan menerapkan strategi offside namun ternyata gagal.

Peraturan Bola Keluar (Out)

Ketika bola meninggalkan sisi lapangan akan ada lemparan kedalam. Dan jika keluar di sisi gawang, akan ada tendangan sudut.

Wasit dapat memerintah pemain untuk mengeluarkan bola jika ada pemain yang cedera.

Lemparan kedalam (Throw in)

Dilakukan apabila bola keluar dari garis sisi lapangan, tim yang mengambil lemparan kedalam yaitu tim yang tidak mengeluarkan bola.

Dalam melakukan lemparan, pemain tidak boleh mengulur waktu dan melemparkannya dengan satu kaki.

Peraturan Sepak Bola Mengenai Tendangan

Peraturan Tendangan
Peraturan Sepak Bola

Ada beberapa tendangan yang boleh dilakukan oleh pemain sepakbola selama permainan berlangsung baik dengan jumlah pemain sepakbola lengkap ataupun tidak lengkap akibat adanya kartu merah yang diterima salah satu atau beberapa pemain dari kedua tim diantaranya adalah:

Tendangan Sudut

Tendangan yang dilakukan oleh pemain lawan, ketika bola ditendang pemain lewat garis gawang. Lokasi melakukan tendangan ini adalah di pojok kanan atau pojok kiri lapangan yang ditandai dengan gambar seperempat lingkaran dan sebuah bendera.

Tendangan di Depan Gawang

Ketika bola ditendang melewati garis pada gawang, sehingga penjaga gawang harus menendang kembali bola tersebut ke arah pemain di tengah lapangan. Selain kiper pemain juga boleh melakukan tendangan ini.

Tendangan Bebas

Di lakukan di luar garis hukuman (penalti) dan bola dalam keadaan diam, pemain harus berada sekitar 9,15 meter dari bola tersebut sebelum melakukan tendangan.

Tendangan Hukuman (Penalti)

Merupakan tendangan yang dilakukan pemain lawan di titik putih yang berada di depan gawang. Tendangan ini bisa dilakukan ketika terjadi pelanggaran oleh pemain di area garis penalti.

Peraturan Sepak Bola Mengenai Pergantian Pemain

Dan aturan berikutnya dalam sepak bola yaitu dapat melakukan pergantian maksimal 3 orang. Itu semua tergantung pada peraturan awal.

Peraturan Sepak Bola Mengenai Pelanggaran

Pelanggaran dalam sepak bola dapat terjadi karena tackle keras, handsball, atau mendorong lawan, menarik, dan masih banyak lagi.

Jika parah, wasit akan mengeluarkan kartu, ada dua jenis kartu yaitu, kartu kuning dan kartu merah.

Jika pemain mendapat kartu kuning, maka secara otomatis ia mendapat peringatan keras, dan jika dapat kartu kuning lagi maka akan dikeluarkan dalam permainan. Dan jika ada pemain yang menerima kartu merah, maka ia akan lengsung dikeluarkan dari permainan.

Kapan Kartu Dikeluarkan

Ada dua jenis kartu yang dimiliki wasit sebuah pertandingan sepakbola yaitu kartu kuning dan kartu merah. Penggunaannya tak sembarangan, ada aturan yang harus dipenuhi untuk menggunakan kartu sakti wasit tersebut.

  1. Kartu Kuning

Kartu kuning artinya keringatan keras dari wasit kepada pemain, akibat pelanggaran yang dilakukannya. Pelanggaran yang dilakukan diantaranya mendorong pemain lawan, tackle kaki lawan yang mengakibatkan lawan terjatuh atau cedera, termasuk di dalamnya handsball.  Dua kali seorang pemain mendapat kartu merah otomatis pemain akan dikeluarkan dari permainan.

  1. Kartu Merah

Kartu merah artinya pelanggaran fatal sudah dilakukan oleh seorang pemain, yang mengakibatkan dia harus keluar permainan dan tak boleh masuk daftar jumlah pemain sepakbola yang boleh dimainkan pada pertandingan berikutnya.

Akhir Kata

Ternyata banyak juga peraturan dalam pertandingan sepak bola kan? Jadi tak sekadar menendang bola dan berupaya memasukannya ke dalam gawang lawan. Ada kriteria gawang hingga jumlah pemain sepakbola yang harus dipenuhi masing-masing tim yang akan bertanding. Apakah Anda sudah siap untuk main sepakbola?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like