Peraturan Futsal

Peraturan Umum dalam Futsal

Futsal merupakan olahraga yang sangat diminati oleh para remaja di Indonesia, apalagi pada saat sepakbola Indonesia di sanksi oleh FIFA. Tentunya peraturan futsal menjadi hal dasar yang harus dipahami oleh setiap unsur yang terkait dengan olahraga yang satu ini.

Beberapa pihak yang terkait tersebut mulai dari pemain, pelatih, hingga pemilik sebuah klub futsal.

Namun apakah penonton juga harus memahami peraturan futsal tersebut ? Bagi penonton memahami peraturan futsal tidaklah harus, namun apabila penonton tersebut paham dengan peraturan futsal maka hal itu akan membuat pertandingan yang ditonton menjadi lebih menarik.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai peraturan futsal yang wajib kamu ketahui.

Peraturan Jumlah Pemain

Peraturan Jumlah Pemain

Futsal merupakan permainan olahraga yang menjadikan pemain sebagai penggerak permainannya. Nah jumlah pemain dalam permainan futsal ini sudah ditentukan oleh induk organisasi futsal. Jumlah pemain dalam pertandingan futsal ialah 5 pemain dalam masing-masing tim.

Namun satu tim boleh juga mempunyai pemain cadangan. Dan jumlah pemain cadangan tersebut ialah antara 6 sampai 10 orang.

Peraturan Wasit

Peraturan Wasit

Sama seperti pertandingan-pertandingan olahraga lainnya, futsal juga dipimpin oleh wasit sebagai pengadil dalam lapangan.

Dalam suatu pertandingan futsal, wasit yang memimpin pertandingan berjumlah dua pemain dan ditambah satu pemain yang bertugas sebagai pencatat waktu.

Peraturan Futsal (Pencatat Waktu)

Peraturan Futsal (Pencatat Waktu)

The Time Keeper itulah sebutan untuk wasit yang bertugas sebagai pencatat waktu. Wasit ini berada di daerah bebas pada lapangan pertandingan futsal. Berikut ini tugas the time keeper dalam peraturan futsal.

  • Menjalankan waktu pada saat pertandingan dimulai.
  • Menghentikan waktu apabila bola keluar lapangan dan terjadinya pelanggaran.
  • Memeriksa waktu Time-out yaitu 1 menit.
  • Memeriksa waktu send-of, yaitu waktu hukuman bagi pemain yang dikeluarkan.
  • Menghitung jumlah pelanggaran yang terjadi.

Waktu Dalam Pertandingan

Waktu Dalam Pertandingan

Hampir sama dengan sepakbola, futsal juga merupakan permainan yang menggunakan waktu sebagai batas akhir permainan. Tim yang mencetak gol lebih banyak pada waktu tersebut akan dijadikan pemenang.

Waktu yang sudah ditentukan dalam futsal law of game tersebut ialah 2×20 menit. Dan waktu tersebut merupakan waktu bersih, jadi pada saat waktu habis maka wasit akan langsung meniupkan peluitnya bagaiamanapun keadaannya.

Peraturan Lapangan

Peraturan Lapangan

  • Standar Nasional ukuran lapangan futsal Indonesia ialah 15 sampai 25 meter untuk lebarnya, sedangkan panjangnya ialah 25 sampai 42 meter.
  • Menurut AMF, standar lapangan futsal ialah 19 meter sampai 25 meter untuk lebarnya dan untuk panjangnya sekitar 38 meter sampai 42 meter.

Peraturan Ukuran Bola

Peraturan Ukuran Bola

Bola yang menjadi objek dalam pertandingan futsal juga harus memenuhi standar peraturan futsal. Walaupun dalam pertandingan biasa bola seperti apapun sah-sah saja dalam pertandingan sepakbola.

Namun dalam pertandingan resmi futsal yang diadakan oleh induk organisasi futsal dunia, bola yang digunakan dalam pertandingan futsal haruslah memenuhi standar yaitu lingkaran bola diantara 62 sampai 64 cm dan mempunyai berat antara 400 sampai 440 gram.

Perlengkapan Pemain Futsal

Perlengkapan Pemain Futsal

Dalam permainan futsal, perlengkapan yang harus dilengkapi oleh pemain menjadi pelindung pemain tersebut dalam pertandingan futsal.

Beberapa perlengkapan futsal tersebut harus pemain punya dan apabila pemain tersebut tidak mempunyai perlengkapan tersebut maka pemain tersebut akan dikenakan teguran oleh wasit.

Beberapa perlengkapan tersebut diantaranya ialah:

  • Sepatu futsal
  • Seragam Kaos tim
  • Kaos kaki
  • Deker atau pelindung kaki
  • Pelindung lutut (khusus kiper)
  • Pelindung siku (khusus kiper)

Cara Melakukan Tendangan Kedalam

Cara Melakukan Tendangan Kedalam

Tendangan kedalam atau dalam bahasa kerennya disebut dengan kick in merupakan upaya memasukkan bola kembali ke dalam pertandingan. Apabila dalam sepakbola dikenal dengan lemparan kedalam, maka dalam futsal ialah tendangan kedalam.

Tendangan kedalam tersebut juga mempunyai beberapa prosedur atau cara dalam melakukannya. Berikut ini merupakan cara melakukan kick in dalam peraturan futsal.

  • Pemain yang akan melakukan kick in harus berada diluar lapangan, apabila kakinya masuk kedalam lapangan maka tendangan kedalam akan diganti dan diberikan kepada tim lawan.
  • Bola harus berada digaris tidak boleh masuk atau keluar dari garis.
  • Tendangan kedalam boleh langsung diarahkan ke gawang, dan apabila gol maka gol tersebut akan disahkan.

Prosedur Pergantian Pemain

Prosedur Pergantian Pemain

Jumlah pergantian dalam pertandingan futsal sebenarnya tidak mempunyai batasan. Akan tetapi, dalam pergantian pemain harus melaksanakan beberapa prosedurnya. Area pergantian pemain juga sudah dibuat di pinggir lapangan dekat dengan bench pemain.

Prosedur dalam pergantian futsal sebenarnya tidaklah sulit, akan tetapi terkadang pemain terlalu meremehkan prosedur pergantian tersebut ini, maka dari itu tidak jarang pelanggaran-pelanggaran tersebut terjadi dan menyebabkan pemain terkena kartu kuning.

Berikut ini prosedur pergantian pemain dalam futsal.

  • Pemain yang melakukan pergantian pemain, kedua pemain yang berganti harus dalam daerah pergantian pemain.
  • Pemain yang ingin masuk harus menunggu pemain yang akan keluar keluar lapangan terlebih dahulu.
  • Apabila pemain masuk terlebih dahulu akan terkena pelanggaran.
  • Dan pemain yang keluar dari daerah pergantian pemain akan terkena pelanggaran juga.

Peraturan Pemenang Dalam Pertandingan

Peraturan Pemenang Dalam Pertandingan
Gambar dari Liputan6.com

Pemenang dalam pertandingan futsal juga masuk kedalam peraturan futsal yang wajib kamu ketahui.

Secara umumnya, pertandingan futsal akan ditentukan pemenangnya setelah pertandingan 2×20 menit, tim yang mencetak gol lebih banyak akan menjadi pemenang.

Akan tetapi dalam pertandingan dengan sistem gugur, jika pertandingan 2×20 menit berakhir imbang akan dilanjutkan dengan adu penalti. Adu penalti ini dilakukan oleh 3 penendang dari setiap tim.

Dan apabila pemenang masih belum ada, maka pertandingan tersebut akan dilakukan koin tos, dimana tim yang menang dalam koin tos berhak memilih untuk menendang atau menahan tendangan.

Apabila tim yang melakukan tendangan berhasil mencetak gol, maka tim tersebutlah yang akan menang. Namun sebaliknya, apabila tim tersebut tidak berhasil mencetak gol maka tim tersebut akan kalah, dan tim lawan akan menjadi pemenang.

Akumulasi Pelanggaran

Akumulasi Pelanggaran

Pelanggaran dalam futsal sebenarnya lebih sensitif dibandingkan sepakbola. Maka dari itu pemain futsal harus berhati-hati dalam kontak dengan pemain lawan.

Setiap pelanggaran pada pertandingan futsal akan dikenakan hukum sesuai dengan tempat terjadinya pelanggaran. Apabila pelanggaran terjadi di kotak penalti, maka tim lawan akan dihadiahi tendangan penalti oleh wasit.

Dalam futsal juga pelanggaran yang terjadi dihitung dan di akumulasikan, apabila jumlahnya sudah mencapai 5 maka tim lawan akan diberikan hadiah berupa second penalti.

Peraturan Umum dalam Futsal

Peraturan Umum dalam Futsal

Dalam pertandingan futsal kita mengenal beberapa peraturan yang harus kamu pahami sebagai pemain futsal. Berikut ini peraturan futsal yang umum dan wajib kamu ketahui.

  • Kiper hanya boleh memegang bola selama 4 detik, apabila lebih maka akan diberikan tendangan bebas dengan dua sentuhan oleh tim lawan.
  • Tidak boleh mengoper bola ke kiper apabila bola belum melewati garis tengah lapangan.
  • Tim boleh mempermainkan fourplay, dimana kiper tim boleh maju ke depan untuk membantu serangan.

Akhir Kata

Penjelasan diatas merupakan penjelasan mengenai peraturan futsal yang telah diatur oleh induk organisasi futsal. Intinya peraturan-peraturan yang telah dibuat haruslah dipahami sebagai pemandu dalam pertandingan futsal.

Demikian penjelasan mengenai peraturan futsal ini kami jelaskan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai peraturan futsal tersebut. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sejarah Futsal
Baca Aja

Sejarah Futsal

Sejarah futsal– Di era yang sudah modern ini futsal merupakan jenis olahraga yang digandrungi oleh masyarakat umum, terutama…
Strategi Futsal
Baca Aja

Strategi Futsal

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain dan dengan beberapa pemain cadangan. Maka dari itu diperlukan…