Pengertian Penalti

Pengertian Penalti

Pengertian Penalti – Sudah kita ketahui semua, Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang menggunakan lapangan sebagai media untuk bermainnya. Lapangan Sepak bola mempunyai standar yang sudah ditentukan oleh FIFA.

Bagi pertandingan resmi sebuah lapangan Sepak bola harus mempunyai panjang antara 90 hingga 120 meter dan lebar antara 45 sampai 90 meter.

Dalam bidang lapangan Sepak bola tersebut didalamnya terdapat sebuah daerah yang biasa disebut sebagai kotak penalti. Kotak penalti merupakan daerah atau area milik penjaga gawang.

Nah pada artikel ini olahraganesia akan membahas tentang pengertian penalti. Namun bukan hanya pengertian penalti, disini juga akan kita bahas beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian penalti tersebut.

Sebelum itu simak video aksi dari Frenk Lampard

Pengertian Penalti

Pengertian Penalti

Apabila kita pahami, pengertian penalti ialah salah satu tendangan dalam Sepak bola yang dilakukan di daerah kotak penalti akibat adanya suatu pelanggaran yang terjadi. Daerah kotak penalti tersebut mempunyai panjang 16,5 meter dan lebar 40,32 meter.

Penalti juga bisa dimaksudkan sebagai hukuman bagi suatu tim yang melakukan pelanggaran keras di daerah pertahanannya.

Tendangan ini akan dilakukan oleh salah satu pemain dari tim yang dilanggar. Dan jarak tendangan penalti yang dilakukan haruslah berjarak 11 meter dari garis gawang.

Peraturan Penalti

Peraturan Penalti

Dalam menendang penalti, FIFA sudah membuat peraturan dalam melakukannya dan harus di ikuti oleh semua pemain. Berikut ini beberapa peraturan yang wajib di ketahui oleh pemain Sepak bola.

  1. Bola berada di titik penalti yaitu berjarak 11 meter dari garis gawang.
  2. Seorang yang akan menendang bola harus teridentifikasi oleh penjaga gawang dan wasit.
  3. Penjaga gawang lawan harus berada di garis gawang sebelum bola ditendang.
  4. Penjaga gawang boleh maju kedepan bersamaan dengan ditendangnya bola.
  5. Bagi pemain lain yang tidak menendang penalti harus berada minimal 9,15 meter di belakang bola.

Apabila beberapa peraturan di langgar oleh salah satu pemain maka kewenangan wasit akan mengesahkan tendangan penalti yang terjadi atau mengulangnya. Yang pasti bagi pemain yang melanggar akan di beri hukuman, biasanya berupa kartu kuning.

Penyebab Terjadinya Penalti

Penyebab Terjadinya Penalti

Tentunya tendangan penalti tidak semerta-merta terjadi begitu saja, ada beberap sebab yang membuat wasit memberikan tendangan penalti. Namun beberapa penyebab tersebut pasti terjadi didalam kotak penalti.

Berikut ini hal-hal yang kemungkinan akan menyebabkan terjadinya tendangan penalti.

Apabila tim A melakukan pelanggaran di kotak penalti, maka tim B berhak mendapatkan tendangan penalti baik itu pelanggaran berupa pelanggaran keras atau handsball. Namun ketentuan ini mutlak keputusan wasit.

Apabila skor beakhir imbang, apabila pertandingan merupakan kompetisi dengan sistem gugur.

Baca Juga: Apa Itu VAR

Sejarah Adu Penalti

Sejarah Adu Penalti

Selain pengertian penalti, sejarah adanya adu penalti juga tentunya menarik untuk kita bahas. Dimana adu penalti ini akan dilakukan apabila kedua tim sudah menyelesaikan pertandingan namun hasil masih imbang.

Sebelum tahun 1970, pertandingan Sepak bola yang berakhir seri akan ditentukan pemenangnya melalui undian koin. Tentunya hal ini hanya membutuhkan keberuntungan tanpa adanya skill yang di keluarkan.

Kemudian muncul sebuah ide atau gagasan dari salah satu wasit yang berasal dari Jerman bernama Karl Wald.

Pada tahun 1970, Wald mengusulkan adanya tendangan adu penalti apabila kedua tim menyelesaikan pertandingan dengan hasil seri. Namun pada awalnya usulan Karl Wald ini sempat diterima oleh Persatuan Sepak bola Jerman, hingga akhirnya ada yang melobi dan membuat usulan Wald diterima dan digunakan hingga saat ini.

Adu penalti pertama didunia ialah pertandingan yang mempertemukan Hull City dan Manchester United dalam lanjutan kompetisi Watney Cup atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan Piala Liga Inggris. Dan pertandingan tersebut diakhir dengan kemenangan Manchester United lewat adu penalti.

Dan final pertama yang menggunakan sistem adu penalti ialah pertandingan antara Cekoslowakia melwan Jerman Barat pada kejuaran Eropa atau yang kini bernama UEFA Euro Cup.

Jenis Penalti

Jenis Penalti

Dalam pembagiannya, penalti dibagi menjadi dua jenis yaitu penalti bola mutlak dan tidak mutlak.

Penalti bola mutlak maksudnya ialah apabila pertandingan berakhir seri dan menggunakan sistem penalti mutlak maka tendangan penalti bagi tim yang kalah diberikan kepada pemain yang telah gagal melakukan tendangan penalti, sedangkan tim lawan sudah memasukkan bola.

Sedangkan penalti tidak mutlak maksudnya ialah pemenang dari adu penalti akan disebutkan tidak mutlak jika terjadi selisih dua atau tiga angka.

Peraturan Baru Penalti

Peraturan Baru Penalti

Peraturan baru yang diresmikan FIFA pada Piala Dunia Brasil 2014 menyangkut tendangan penalti. Dimana pemain yang akan menendang tidak boleh berpura-pura menendang bola sehingga membuat penjaga gawang terkecoh dan kebingungan.

Akhir Kata

Sebenarnya bagi sebagian besar orang pengertian penalti merupakan hal yang mudah di artikan. Namun kita juga harus paham beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian penalti.

Demikian penjelasan mengenai pengertian penalti dan beberapa hal yang berkaitan dengan penalti. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua seputar dunia olahraga khususnya Sepak bola. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like