Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa – Apabila kita singgung hal yang berkaitan dengan Sepak bola, tentunya kita akan mengingat dua mega bintang Sepak bola dunia, yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Keduanya telah berhasil memenangkan berbagai kompetisi dan penghargaan individu baik level klub maupun negara.

Dalam beberapa tahun terakhir keduanya selalu menjadi saingan meraih Ballon D’or. Itu tidak terlepas karena keduanya telah berhasil membawa timnya menjadi tim raksasa dan juga keduanya selalu mencetak gol disetiap pertandingan yang dimainkan.

Bahkan total tersbeut sudah berhasil menjadikan mereka bersanding dengan pemain-pemain top dunia dalam urusan mencetak gol.

Berikut ini olahraganesia akan memberikan 10 daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

10. Tulio Maravilha (575 Gol)

Tulio Maravilha

Tulio Maravilha atau yang mempunyai nama asli Tulio Humberta Pereira Costa merupakan pemain Sepak bola milik Brasil. Tulio merupakan pemain yang aktif bermain mulai dari tahun 1988 sampai tahun 2019.

Pemain kelahiran 2 Juni 1969 di Goiania Brasil ini juga pernah membela beberapa klub besar Brasil seperti Corinthians, Fluminense, dan Botafogo.

Sepanjang karir Sepak bolanya Tulio telah berhasil mencetak 575 gol di semua kompetisi. Dan gol terbanyak dia cetak saat membela klub Goias yaitu 48 gol dari 88 penampilan.

Untuk Timnas Brasil sendiri, Tulio Maravilha pernah dipanggil dan menjadi andalan sekitar tahun 90-an. Dirinya pun berhasil mencetak 13 gol dari 15 penampilan.

Tulio memutuskan gantung sepatu pada tahun 2019. Klub yang terakhir dibelanya merupakan klub asal Brasil Clube Atletico Taboabo da Serra. Di klub tersebut Tulio hanya mampu mencetak 1 gol dari 4 pertandingan.

9. Uwe Seeler (575 Gol)

Uwe Seeler

Uwe Seeler merupakan peSepak bola yang lahir pada tanggal 5 November 1936 di Hamburg, Jerman. Dirinya merupakan mantan pemain Sepak bola Jerman yang dikenal dengan teknik tendangan kepala.

Dirinya merupakan pemain aktif yang bermain dari tahun 1953 sampai tahun 1972. Berbagai penghargaan pun telah ia dapatkan, salah satunya dirinya di anugerahi Great Order of Merit dari Republik Federal Jerman dan pada tahun 2004 ia dinobatkan sebagai salah satu dari 125 pemain terbaik versi FIFA.

Selama karir sepak bolanya, Uwe Seeler hanya membela satu klub yaitu Hamburger SV. Dirinya telah berhasil mencetak 575 gol, total tersebut dia cetak saat membela Hamburger SV dan Timnas Jerman Barat.

8. Ferenc Deak (576 Gol)

Ferenc Deak

Ferenc Deak merupakan peSepak bola hebat yang lahir pada tangga 16 Januari 1922 di Budapest, Hungaria. Tercatat 576 gol sudah ia cetak selama karir sepak bolanya.

Striker tajam satu ini pernah membela beberapa tim kuat Hungaria seperti, Szentlorinci AC, Budapesti Dozsa, dan ferencvaros.

Dirinya pun pernah dipercaya membela Hungaria periode tahun 1946 sampai 1949 dan berhasil mencetak 29 gol dari total 20 pertandingan. Dan Deak juga pernah mendapatkan penghargaan Hungarian Footbal Federation Player of The year..

7. Lionel Messi (717 Gol)

Lionel Messi

Lionel Messi atau yang mempunyai nama lengkap Lionel Andres Messi Cuccittini lahir di Rosario Argentina pada tanggal 24 Juni 1987.

Messi merupakan pemain aktif yang kini bermain di Barcelona FC. Dirinya juga pernah meraih gelar Ballon D’or sebanyak 5 kali.

Mengawali karir dari Barcelona Junior, Messi berhasil membawa dirinya bersanding bersama para penceak gol terbanyak sepanjang masa. Dirinya berhasil mencetak total 717 gol di semua kompetisi baik level klub maupun negara. Bahkan dirinya merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Liga.

Di level klub Messi sudah banyak merasakan gelar juara bersama Barcelona termasuk 4 gelar Piala Champions dan 8 gelar juara La Liga berhasil di persembahkan untuk Barcelona.

Namun berbeda di level klub, untuk level negara Messi jarang sekali mempersembahkan gelar untuk Argentina. Padahal dirinya pernah membawa Argentina ke final Piala Dunia pada tahun 2014 yang di selenggarakan di Brasil.

6. Gerd Muller (735 Gol)

Gerd Muller

Gerd Muller merupakan peSepak bola berkebangsaan Jerman. Dirinya mendapat julukan Der Bomber atau dalam bahasa Jerman Sang Pengebom.

Muller lahir di kota bernama Nordlingen di Jerman pada tanggal 3 November 1945. Dirinya merupakan striker andalan Jerman Barat pada tahun 1966 sampai tahun 1974 dan berhasil mencetak 68 gol dari 62 pertandingan.

Di level klub sendiri pemain dengan nama lengkap Gerhard Muller pernah membela Bayern Muenchen dan Fort Lauderdale Strikers.

Puncak karir Muller ialah pada saat dirinya bermain untuk Bayern Muenchen, dimana ia berhasil meraih empat gelar Bundesliga, Piala Champions tiga kali, empat gelar juara Liga Jerman, dan masing-masing satu kali Piala Interkontinental dan Piala Winners.

Di level Timnas, Muller pernah membawa Jerman Barat menjuarai Piala Dunia pada tahun 1974 setelah mengalahkan Belanda di final. Dan pada final tersebut juga dirinya berhasil mencetak gol dan menjadi pertandingan terakhir Muller bersama Jerman Barat.

5. Cristiano Ronaldo (736 Gol)

Cristiano Ronaldo

Ronaldo yang bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro merupakan pemain yang lahir di Portugal pada tanggal 5 Februari 1985.

Dirinya merupakan pemain Sepak bola yang bekerja keras dari awal karirnya hingga sekarang. Banyak trofi yang ia raih pun atas kerja keras yang ia lakukan selama ini.

Ronaldo menjadi pemain dengan pencetak gol sepanjang masa ke 5 dengan total gol 736 gol. Gol-gol tersebut ia cetak di level Klub dan Tim Nasional.

Di level klub Ronaldo mengawali karirnya di klub Portugal Sporting Lisbon. Pada tahun 2003 dirinya pun pindah ke raksasa Liga Inggris Manchester United.

Disitulah baru banyak yang melihat talenta Ronaldo dan membuat Real Madrid meminangnya pada tahun 2009. Sebelum akhirnya dia pindah ke Tim Italia Juventus hingga saat ini.

Dirinya juga sudah meraih banyak penghargaan individu seperti Ballon Do’r dan lain-lain. Serta telah memberikan banyak gelar untuk tim yang dibelanya.

4. Ferenc Puskas (746 Gol)

Ferenc Puskas

Ferenc Puskas merupakan peSepak bola Hungaria yang lahir pada tanggal 1 April 1927. Dirinya pernah bermain di klub Budapest Honved dan Real Madrid. Dan juga Puskas pernah bermain di 2 negara yakni Hungaria dan Spanyol.

Selama karirnya tersebutlah Puskas berhasil meraih banyak gelar dan mencetak banyak gol. Dirinya berhasil mencetak total 746 gol di semua ajang kompetisi.

Puskas menjadikan Timnas Hungaria sebagai tim yang mempunyai kekuatan di dunia, bahkan dirinya berhasil membawa Real Madrid menjadi juara Kejuaraan Eropa sebanyak 3 kali.

Namanya kini dijadikan nama penghargaan yaitu Puskas Award, penghargaan yang diberikan kepada pemain dunia yang mencetak gol indah.

Selain itu namanya juga dijadikan nama stadion di ibukota Hungaria, Budapest. Nama stadion tersebut ialah Stadion Puskas Ferenc.

3. Pele (767 Gol)

Pele

Edson Arantes do Nascimento atau yang kita kenal dengan nama Pele lahirnpada tanggal 23 Oktober 1940. Dirinya merupakan legenda Timnas Brasil yang berhasil membawa Brasil menjuara Piala Dunia sebanyak 3 kali yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Di level klub dirinya hanya membela 2 tim saja yaitu Santos FC dan New York Cosmos. Bersama Santos dirinya sudah banyak meraih gelar juara domestik.

Sebenarnya Pele bisa saja bermain bersama klub raksasa dunia, namun pemerintah Brasil melarangnya, menganggap Pele merupakan bagian dari harta karus yang tidak boleh bermain diluar Brasil.

Total selama karirnya Pele yang kini menjadi legenda dunia Sepak bola telah berhasil mencetak 767 gol. Sebenarnya dirinya berhasil mencetak gol lebih dari angka tersebut, namun gol-golnya tersebut tidak dihitung karena bermain pada pertandingan tidak resmi.

2. Romario (772 Gol)

Romario

Romario yang lahir dengan nama Romario de Souza Faria lahir di Rio de Janeiro pada tanggal 29 Januari 1966. Ia merupakan pemain Brasil yang pernah membela beberapa klub raksasa seperti Barcelona, Valencia, dan PSV Eindhoven.

Dirinya juga sering menjadi andalan Brasil dari tahun 1987 sampai tahun 2005 dan memberikan Brasil beberapa gelar Internasional.

Selama karirnya tersebut Romario berhasil mencetak total 772 gol baik di level klub maupun Timnas. Namun sama seperti Pele, sebenarnya Romario juga berhasil mencetak gol lebih dari angka tersebut.

Gol terbanyak Romario juga dicetak pada saat ia membela Vasco de Gama dengan torehan 326 gol dari 410 pertandingan.

1. Josef Bican (805)

Josef Bican

Josef Bican merupakan pemain berkelahiran Wina Austria pada tanggal 25 September 1913. Josef Bican menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak sepanjang masa.

Bersama tim Slavia Prague Josef Bican berhasil menorehkan gol terbanyak sepanjang karirnya yakni 395 gol pada 217 pertandingan.

Sedangkan di level Timnas, dirinya pernah membela tiga negara yaitu Austria, Czechoslovakia, dan Bohemia and Moravia. Bersama Czechoslovakia Josef Bican berhasil mencapai peringkat 4 pada Piala Dunia 1934 yang di gelar di Italia.

Akhir Kata

Beberapa pemain sebenarnya sudah mencetak lebih dari torehan gol yang ada. Namun, menurut International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) beberapa gol tidak dihitung karena pemain mencetak gol pada pertandingan tidak resmi.

Jadi perhitungan yang dibuat olahraganesia merupakan hasil perhitungan dari IFFHS.

Demikian beberapa penjelasan kami mengenai pencetak gol terbanyak sepanjang masa, semoga dapat menambah wawasan kita seputar dunia Sepak bola. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like