Pelanggaran Sepak Bola

Pelanggaran Sepak Bola

Pelanggaran Sepak bola – Sepak bola merupakan olahraga familiar dunia yang digemari oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita menyukai olahraga ini. Bukan hanya itu dewasa hingga anak-anak pun menggemari olahraga kelompok ini.

Dalam setiap pertandingan kita akan terpaku pada sebuah peraturan yang telah dibuat oleh Induk Organisasi Sepak bola Dunia atau FIFA.

Diantara peraturan-peraturan tersebut sudah diatur juga mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pemain Sepak bola yang digabungkan menjadi pelanggaran-pelanggaran dalam Sepak bola.

Berikut ini olahraganesia akan menyajikan beberapa jenis pelanggaran Sepak bola yang wajib kamu ketahui.

Jenis Pelanggaran dalam Sepak Bola

Jenis Pelanggaran dalam Sepak bola

Pelanggaran Sepak bola merupakan hal yang harus di hindari oleh semua pemain Sepak bola, karena pelanggaran Sepak bola bisa saja merugikan bagi tim yang ia bela.

Karena pemain yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi oleh pengadil lapangan atau wasit.

Berikut ini beberapa jenis pelanggaran Sepak bola yang wajib kamu ketahui.

Handsball

Sepak bola merupakan olahraga yang menggunakan kaki sebagai penggeraknya. Maka dari itu, seorang pemain kecuali kiper tidak boleh memegang bola atau bola tidak boleh mengenai tangannya.

Hal ini lah yang disebut dengan sebutan handsball, yaitu bola mengenai tangan salah satu orang pemain.

Berkata Kasar

Sepak bola merupakan olahraga yang seharusnya mempersatukan dan mendamaikan. Namun beberapa pemain terkadang nakal dan berkata dengan perkataan yang tidak patut untuk dikatakan.

Ini juga merupakan jenis pelanggaran yang akan dikenakan sanksi oleh wasit. Wasit akan memberi peringatan terlebih dahulu kepada pemain dan apabila pemain tersebut melakukan hal yang sama maka akan diberikan kartu kepada pemain tersebut.

Meludah

Meludah merupakan perbuatan yang di larang dalam bermain Sepak bola. Pemain yang melakukan perbuatan tercela ini akan di ganjar kartu kuning oleh pengadil lapangan atau wasit.

Tidak jarang pemain yang melakukan tindakan ini, beberapa terlihat oleh wasit namun beberapa juga lepas dari pengamatan dari pengadil lapangan tersebut.

Melanggar Lawan

Tentu jelas dalam bermain Sepak bola seorang pemain tidak boleh melanggar lawan baik disengaja maupun tidak disengaja.

Maka dari itu wasit akan memberikan hukuman berupa tendangan bebas kepada tim yang melakukan pelanggaran kepada lawannya.

Pelanggaran Sepak bola yang satu ini ada beberapa macam jenis, diantaranya ialah

  • Menendang lawan dengan keras.
  • Menjegal dan menjatuhkan lawan dengan kaki dari depan maupun belakang.
  • Melompati seorang pemain.
  • Menyerang lawan secara berbahaya.
  • Menyerang lawan dari belakang.
  • Mendorong lawan.
  • Melempar bola kepada lawan dengan sengaja.
  • Mengangkat kaki terlalu tinggi.

Pelanggaran Profesional

Pengertian dari pelanggaran profesional ialah salah satu jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pemain untuk kepentingan tim yang dibelanya.

Biasanya pelanggaran ini dilakukan oleh seorang pemain agar menjaga asa untuk memenangkan pertandingan.

Pelanggaran seperti ini dilaukan oleh pemain karena ia tidak bisa menjaga pemain lawan secara bersih, akhirnya hal yang kotor pun harus ia lakukan demi kepentingan tim.

Penalty Kick

penalty kick merupakan jenis hukuman yang diberikan kepada salah satu tim yang dilanggar dalam kotak penalti.

Pelanggaran yang terjadi di kotak penalti biasanya merupakan jenis pelanggaran berat dan hansdball.

Tak jarang juga pemain yang melanggar dalam kotak penalti akan diberikan kartu kuning ataupun kartu merah sebagai hukumannya.

Apa Itu Pelanggaran Taktikal ?

Tak jarang pelatih yang mengeluh atas tindakan pelanggaran taktikal ini. Karena pelanggaran taktikal ini sangat merugikan permainan tim.

Sebenarnya apa sih pelangaran taktikal itu ? Pelanggaran taktikal ialah jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pemain pada saat kehilangan bola di area lawan, dan sebelum terjadi serangan balik maka pemain tersebut melakukan pelanggaran untuk menghindari timnya dari serangan balik lawan.

Akhir Kata

Pelanggaran Sepak bola merupakan salah satu peraturan yang harus dipahami oleh seorang pemain agar pemain tersebut menghindari hal-hal yang semestinya tidak dilakukan.

Tak jarang juga pelanggaran Sepak bola ini merusak keindahan yang ada dalam Sepak bola, maka dari itu para penonton akan menyoraki pemain yang melakukan pelanggaran tersebut.

Demikian penjelasan mengenai pelanggaran Sepak bola ini kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu mengenai Sepak bola. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like