Logo Sepak Bola Indonesia

Logo Sepak Bola Indonesia

Logo Sepak Bola – Logo merupakan ilustrasi dari karakteristik yang begitu khas dari setiap klub sepak bola.

Tujuannya adanya logo, agar bisa menggambarkan identitas nyata dari setiap klub sepak bola di dalamnya, maka logo sepak bola dibuat secara khusus dan desainnya pun secara bertahap, sampai menemukan kecocokan akan makna dari sejarah klub sepak bola itu sendiri.

Dalam sepak bola, logo juga digunakan oleh klub-klub di berbagai negara untuk membedakan satu klub dengan klub yang lain.

Sudah pasti klub sepak bola mempunyai makna sendiri-sendiri. Logo juga biasannya terinspirasi oleh beberapa aspek. Dari warna jersey, satwa khas, hingga tokoh-tokoh hero dari cerita fiksi.

Apapun aspeknya sudah pasti memliki makna dan filosofinya tersendiri. Sebab, tujuan adanya logo untuk bisa menggambarkan identitas setiap klub sepak bola.

Berikut logo sepak bola indonesia dan logo sepak bola Indonesia yang berlaga di Liga 1 Shope :

Logo Sepak Bola Indonesia

Logo Sepak Bola Indonesia

Semua klub sepak bola di dunia atau klub sepak bola Indonesia pastinya mempunyai logo sebagai identitas resmi klub mereka. Logo biasanya ditemukan di jersey pemain, maskot klub, sampai official merchandise klub tersebut.

Tidak mau kalah dengan klub sepak bola asing seperti Manchester United yang populer dengan identitas logo Red Devil-nya, klub klub sepak bola Indonesia juga memiliki logo yang begitu menarik untuk dibahas.

Berikut ini adalah 18 logo klub sepakbola di Indonesia yang sedang berlaga di Liga 1 Shopee beserta penjelasan makna dari klub tersebut.

Barito Putera

Logo Sepak Bola Barito Putera

Selain berjuluk Laskar Antasari ternyata Barito Putera juga mempunyai julukan lain yaitu Bakantan Hamuk. Julukan Antasari adalah pahlawan nasional dari Kalimantan Selatan. Untuk Bakantan Hamuk sendiri meruapakan binatang monyet yang memiliki hidung panjangan yang merupakan satwa khas dari Kalimantan Selatan.

Logo Barito didominasi warna kuning. Sebab ternyata sponsor utama dari Barito adalah Hasnur Group yang didirikan oleh almarhum H Abdussamad Sulaiman H.B yang beridentik warna kuning. Selain itu Sulaiman H.B. juga merupakan pendiri Barito Putera.

Bhayangkara

Logo Sepak Bola Bhayangkara

Bhayangkara United mempunyai logo yang terdiri dari lima warna yang memiliki lima unsur alam yaitu hijau, merah, kuning, putih, dan hitam.
Makannya adalah ”Semua kehidupan di atas bumi ini tidak bisa lepas dari kebutuhan akan energi yang terkandung dalam lima unsur di atas,”

Ternyata warna tersebut di terapkan sesuai dengan rambu lalu lintas.

“Lihat saja logo Bhayangkara FC cuma warna merah, kuning, hijau, hitam, dan putih.

Pemilihan warna logo tersebut tak lepas dari ide dari Korps Lalu Lintas Mabes Polri.

Setelah dilihat dan dipahami ternyata warna yang digunakan begitu cocok ketika diletakan di jersey Bhayangkara.

Menurut Eko Yudiono (Media Officer Bhayangkara) menurutnya logo yang sudah dibuat merupakan wujud perpaduan yang harmonis dari kelima unsur pembentuk kehidupan. Harapnya bisa membawa maju dan mendapatkan kejayaan di masa depan.

Madura United

Logo Sepak Bola Madura United

Corak loreng sudah melekat dengan warga Madura. Warna itu juga yang menjadi background dari logo Madura United. Bahkan sejak kemunculannya pada tahun 2015 jersey milik Madura sudah menggunakan warna coreng.

Kearifan lokal yang ada pada logonya, menunjukan gambar kepala sapi yang dipilih sebagai gambar utama dalam logo Madura United.

Ternyata Madura United tidak mau menghilangkan identitas masyarakat Madura yang lekat dengan karapan sapi.Itu juga yang menyebabkan Madura United dijuluki dengan Laskar Sape Kerrap.

Persebaya Surabaya

Logo Sepak Bola Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya meski sempat beberapa kali berganti nama, ternyata logo ikan Hiu dan Buaya tetap ada pada logo Persebaya.

Logo Buaya dan Hiu sendiri merupakan lambang atau ikon dari kota Surabaya. Seperti semua ketahui, secara umum klub klub sepak bola di Indonesia rata rata mengikuti logo pemerintah daerah, amun ada pula yang menggunakan logo buatan sendiri.

Soerabajasche Indische Voetbal Bond (SIVB) adalah nama dari Persebaya Surabaya sebelumnya, klub kebanggan dari Bonek Mania ini didirikan pada 18 Juni 1927, namun logo Hiu dan Buaya saat itu sudah menjadi logo klub Persebaya.

Ketika tahun 1943 SIVB merubah namnya menjadi Persibaja (persatuan sepak bola Indonesia Soerabaja). Barulah pada tahun 1960 resmi Persibaja diubah menjadi Persebaya (persatuan sepak bola surabaya).

Ikan hiu dan buaya mempunyai arti berani menghadapi bahaya, warna hijau sendiri melambangkan perkembangan, kehidupan, dan memiliki efek relijius. Hal itu sesuai dengan semangat dari Persebaya yang aktif dan berkembang untuk mendapatkan prestasi lebih baik.

Persela Lamongan

Logo Sepak Bola Persela Lamongan

Persatuan sepak bola Lamongan yang lebih dikenal dengan Persela Lamongan, klub yang berdiri pada 18 April 1976 ini, baru mulai menunjukan eksistensinya di sepak bola indonesia setelah memasuki ero profesional

Logo Persela sediri dibuat dengan filosofi dan semangat mewakili perjalanan, cita cita dan identitas dari Persela.

  • Keris sebagai lambang kewaspadaan yang bermakna Lamongan mempunyai latar belakang sejarah kuno yang sangat panjang.
  • Ikan lele yang melambangkan sikap hidup dan mental yang ulet.
  • Ikan bandeng mempunyai arti Potensi komoditi bernilai ekonomis bagi Kabupaten Lamongan yang penuh harapan dimasa depan.

Persib Bandung

Logo Sepak Bola Persib Bandung

Taukah anda ternyata banyak klub dari sepak bola mempunyai dua logo resmi? Logo pertama biasanya terinspirasi dari pemerintah daerah yang kedua biasanya bersifat komersial dan modern.

Namun perlu digaris bawahi, tidak semua klub sepak bola mempunyai dua logo, contohnya adalah Persib Bandung. Sejak berdirinya Persib sekitar tahun 1933, Persib tetap setia menjadikan perisai yang bentuknya mirip jantung sebagai logo mereka.

Ternyata logo persib mempunyai filosofi tersendiri ketika pemilihan lambang dari klub kota Bandung tersebut, yaitu simbol perjuangan untuk mencapai tujuan harus menggunakan perisai untuk melindungi diri, serta menahan dari segala bentuk bahaya.

Persija Jakarta

Logo Sepak Bola Persija Jakarta

Klub yang dulu bernama Voebalbond Indonesische Jacatra (VIJ) ini ternyata pernah merubah atau mengganti logo klubnya sebanyak 2 kali.

Pada logo sebelumnya, persija jakarta menggunakan lambang dari Kotapraja Jakarta yaitu Tugu kemerdekaan.

Namun dengan digantinya nama dari Kotapraja Jakarta menjadi DKI Jakarta, otomatis logo Kotapraja ikut diganti menjadi Tugu monas yang digunakan hingga sampai saat ini.

Klub yang berjuluk Macan Kemayoran ini tidak hanya menggunakan gambar Tugu Monas saja sebagai gambar logonya, selain Tugu Monas gambar bintang yang ada pada logonya menandakan jumlah dari juara yang pernah diraih oleh Persija Jakarta selama berlagai di kompetisi Liga Indonesia.

Persik Kediri

Logo Sepak Bola Persik Kediri

Logo Persik Kediri berbentuk segi lima yang berlatar belakang merah dan hitam. Di dalam segi lima tersebut terdapat dua gapura yang mempunyai warna kuning, gapura mempunyai arti kejayaan kota Kediri sebagai kerajaan besar pada zaman dulu.

Pada dua gapura tersebut atau pada tengah-tengah gapura ada simbol bunga yang diambil dari logo PSSI, yang berarti Persik Kediri adalah anggota dari organisasi Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Di atas gapura sendiri ada tulisan Persik, sebagai nama kesebelasan klub dan tulisan Kediri dibawah gambar gapura, menunjukan kota asal klub ini.

Logo Persik Kediri di desain oleh seniman asal Kediri yang bernama Harsono, beliau dikenal sebagai seorang Guru. Hingga sampai saat ini logo tersebut masih dipakai dan belum mengalami perubahan

Persipura Jayapura

Logo Sepak Bola Persipura Jayapura

Gaper Sibi adalah pencipta dari logo tersebut, menurut beliau gambar ikan melambangkan mata pencaharian masyarakat lokal Papua.

Gambar Rumah Karwari sendiri yaitu sebagai simbol tempat untuk berlindung, untuk tiga garis berombang menggambarkan Karwari berada di atas perairan.

Untuk tiga sisi frame yang melingkari logo sendiri yaitu menyimbolkan tiga elemen yang bersinergi untuk memayungi Persipura yaitu adat, agama dan pemerintah.

Lima tiang penyangga melambangkan sila lima dari pancasila, dan yang terakhir kapas dan padi melambangkan dari sila ketiga yaitu kesejahteraan.

Persita Tangerang

Logo Sepak Bola Persita Tangerang

Kali ini Persita Tangerang tidak lagi menggunakan logo lama yang berbentuk banteng, logo Persita kali ini lebih terlihat modern.

Makna baru logo Persita yang ada tulisan Persita pada Logonya menunjukan identitas klub dari kota Tangerang.

Perisainya sendiri melambangkan perjuangan, pertahanan dan juga perlindungan diri untuk mencapai sebuah tujuan.

Warna emas di sisi pinggir perisai yaitu menunjukan harapan klub untuk meraih prestasi terbaik, sedangkan warna ungu dalam perisai menunjukan kemewahan, kebijaksanaan, kekuatan serta ambisi.

obor diartikan yaitu api yang akan selalu menerangi langkah pemain Persita.

Dan ada juga benteng, benteng sendiri merupakan sejarah dari Kabupaten Tangerang dan sudah lama menjadi identitas daerahnya.

Sejak zaman penjajahan, Kabupaten Tangerang tetap kokoh karena benteng yang mengelilinginya.

Benteng juga merupakan gambaran pertahanan terbaik saat menghalau datangnya musuh atau lawan.

PSIS Semarang

Logo Sepak Bola PSIS Semarang

Klub yang berjuluk Mahesa Jenar memiliki logo Tugu Muda yang menjadi ikon Kota Semarang. Tugu Muda merupakan satu diantara beberapa monumen bersejarah yang terdapat di Kota Semarang.

PSM Makassar

Logo Sepak Bola PSM Makassar

PSM Makassar memiliki logo baru yang terdiri dari 3 unsur utama yaitu perisai, kapal pinisi dan bola.

Perisai dan tameng merupakan simbolis rasa kepercayaan yang begitu tinggi, keamanan, dan kesejahteraan. Perisai sendiri berbentuk V (Victory) Agar PSM selalu meraih kemenangan.

Kapal Pinisi sendiri merupakan kapal khas dari Sulawesi yang menjadi simbol kebanggaan, kegigihan, dan kerja keras. Dan yang terakhir gambar bola merupakan olahraga yang begitu dicintai oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Arema FC

Logo Sepak Bola Arema Cronus

Logo Arema FC tegolong logo terbarunya. Resmi diganti pada tahun 2017, Arema menciptakan identitas klub yang masih kaya akan filosofi namun terlihat lebih modern.

Klub yang berdiri pada tahun 11 Agustus 1987 ini memadukan dari beberapa logo terdahulunya, lambang singa dengan kaki mengepalsama dengan dari logo pertama mereka di era Galatama.Dan juga memadukannya dengan unsur api di era Liga Indonesia.

Selain terlihat modern, ternyata logo dari Arema masih memiliki serat makna yang mendalam , contohnya kobaran api merah yang melambangkan semangat, serta menggambarkan 11 unsur yang melingkari sosok Singa.

Borneo FC

Logo Sepak Bola Borneo FC

Logo Borneo adalah pesut yang yang sedang ceria. Keceriaannya adalah gambaran dari tim kebanggaan kota Samarinda.

Semangat dan keceriaan diharapkan bisa menjalar kepada Borneo FC. Tujuannya agar mampu menjadi tim asal Kalimantan yang bisa menjuarai Liga Indonesia.

Logo dari Borneo adalah pesut lumba-lumba air tawar, pesut memiliki filosofi. Ternyata pesut merupakan hewan langka yang hidup di Sungai Mahakam.

Persiraja Banda Aceh

Logo Sepak Bola Persiraja Banda Aceh

Bali United

Logo Sepak Bola Bali United

Tira-Persikabo Bogor

Logo Sepak Bola Tira-Persikabo Bogor

PSS Sleman

Logo Sepak Bola PSS Sleman

Akhir Kata

Setiap logo klub sepak bola dunia pasti memiliki arti dan tujuan masing-masing. Dalam proses pembuatannya tentu saja tidak menggunakan metode asal-asalan.

Dari 18 klub Liga 1 Shope manakah logo paling menarik menurut anda? Silahkan tulis komentar kalian dibawah ini.

Demikianlah daftar beberapa logo klub Sepak Bola Indonesia di Liga 1 Shope yang mempunyai makna tersendiri. Ikuti terus update terbaru berita seputar sepakbola di olahraganesia. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like