Latihan Fisik Futsal

Latihan Fisik Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga bola dimana setiap pemain dituntut selalu bergerak untuk menghidupkan permainan tim. Dibutuhkan stamina dan fisik yang kuat dalam bertanding futsal. Latihan fisik futsal bisa menjadi solusi bagi kamu yang mau meningkatkan fisik dalam futsal.

Fisik menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemain futsal. Skill yang baik ditambah dengan fisik dan stamina yang prima akan membantu karir seorang pemain futsal.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai latihan fisik futsal yang harus kamu pahami dan wajib kamu coba dirumah.

Pentingnya Fisik Dalam Futsal

Seperti sudah dijelaskan diatas dalam kegiatan olahraga apapun, stamina menjadi faktor yang sangat penting.

Stamina dan ketahanan fisik menjadi penunjang bagi pemain agar tetap bisa berdiri di lapangan. Namun ternyata hal tersebut seringkali dianggap sepele oleh banyak orang.

Terutama bagi para pemain dengan skill dan juga kemampuan bermain yang sangat mumpuni.

Banyak pemain yang mempunyai skill dan kemampuan individu yang baik menganggap bahwa mereka dapat bermain dengan efektif dan efisien tanpa harus membuang banyak stamina.

Padahal sebenarnya anggapan tersebut salah besar. Karena sehebat apapun skill dan teknik seorang pemain akan bisa lenyap jika staminanya menurun.

Ini disebabkan karena jika seorang pemain dalam keadaan habis staminanya, maka suplai oksigen menuju otak secara otomatis akan menurun.

Menurunnya kadar oksigen dalam otak tersebut akan secara otomatis membuat konsentrasi menjadi menurun.

Hal inilah yang membuat pemain sehebat apapun akan terlihat tidak mampu berbuat apa-apa pada saat dirinya telah kehabisan stamina.

Latihan Daya Tahan Tubuh

Latihan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan kardiovaskuler dapat dilatih dengan olahraga kardio misalnya jogging, sprint,atau bahkan maraton, dan juga olahraga lain yang dominannya memiliki nilai aerobic.

Biasakan lakukan aktivitas joging selama 40 hingga 60 menit dengan variasi kecepatan. Latihan kardio ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler dan daya tahan otot.

Jika kamu sudah terbiasa berlatih kardio seperti ini, selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu dengan kualitas gerak dan intensitas, menambah kecepatan, supaya berpengaruh pada proses peningkatan stamina kalian.

Hasil dari latihan kardio yaitu kalian akan memiliki kecepatan lari dan daya tahan tubuh yang stabil, konsisten, dan bertahan lebih lama pastinya.

Latihan Kekuatan

Latihan Kekuatan

Latihan ini bisa seperti latihan beban atau biasa disebyt weight training. Latihan beban ini sangat efektif untuk bisa meningkatkan kekuatan tubuh kamu.

Untuk meningkatkan kekuatan ini kamu bisa melakukan beberapa latihan seperti back up, pull up, push up, squatrush dan squat jump.

Setelah itu kamu bisa lanjutkan menggunakan beban yang sebenarnya. Kamu direkomendasikan untuk tidak loncat pada tempat yang permukaaannya keras, karena hal tersebut bisa membuat cedera pada bagian tulang kering atau juga bagian tungkai.

Latihan Kecepatan

Latihan Kecepatan

Kecepatan menjadi salah satu faktor yang penting dalam dunia olahraga apalagi pada olahraga seperti futsal ini.

Seorang pemain futsal dituntut untuk bisa bergerak cepat tanpa kehilangan keseimbangan, karena dalam futsal permainan di lakukan di lapangan kecil yang mengharuskan bola terus bergerak dengan cepat sehingga akan sulit direbut oleh lawan.

Untuk latihan ini kamu bisa melakukan Shuttle Run atau lari bolak balik pada jarak yang sudah ditentukan.

Tingkatkan kualitas latihan kamu dengan cara menambah rintangan dan juga beban. Sprint jarak pendek dengan intensitas yang tinggi juga bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kecepatanmu.

Latihan Kelenturan

Latihan Kelenturan

Sebagai seorang pemain futsal, kamu akan dituntut untuk lebih fleksibel agar menunjang pemain bisa bergerak lebih lincah.

Dengan latihan ini juga pemain futsal bisa mengubah arah dan berbalik badan tanpa terjadi cedera otot dan cedera sendiri.

Kalian bisa melakukan latihan kelenturan seperti mencium lutut, sikap lilin, dan gerakan kelenturan lainnya.

Menjaga Asupan Gizi

Menjaga Asupan Gizi

Supaya energi tubuh bisa optimal pada saat melakukan latihan fisik atau ketika pertandingan yang sebenarnya. Pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu akan membantu maksimal dalam peningkatan fisik.

Makan makanan dengan kandungan protein, karbohidrat, dan jangan lupa air mineral yang cukup untuk meregenaris cairan tubuh yang hilang.

Makanan dengan kandungan asupan protein tinggi sangat bermanfaat untuk membantu memperbaiki serat-serat otot yang rusak karena berlatih.

Protein ini juga bisa didapatkan dari daging tanpa lemak dan kacang-kacangan yang sudah diolah seperti tahu dan tempe.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

Setelah latihan fisik futsal sudah dilakukan dan asupan gizi juga sudah dipenuhi kamu hanya tinggal mengatur waktu istirahat bagaimana yang cukup agar pemulihan kondisi fisik dan tenaga kembali pada kondisi yang prima seperti semula.

Kamu bisa membuat program istirahat yang baik dan melakukannya dengan konsisten supaya menjadi pembiasaan kedepannya.

Usahakan kamar tidur tidak menggunakan pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin, dan pakai lampu yang bercahaya redup atau matikan lampu ketika tidur agar tidur menjadi lebih santai dan meringankan stres, serta akan membuat relaks otot yang tegang.

Berenang

Berenang

Berenang menjadi olahraga yang sangat menyenangkan karena kamu tidak akan merasa berkeringat secara berlebihan.

Tujuan berenang yaitu melatih kelenturan tubuh pemain. Sebenarnya bisa juga kamu mengikuti kelas aerobic atau taebo, tapi pasti bagi sebagian besar orang akan merasa malas mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut.

Dalam berenang, semua otot tubuh kita ikut bergerak. Sama halnya seperti joging, berenang menjadi latihan fisik yang direkomendasikan bagi semua atlet pada semua cabang olahraga.

Manfaat berenang diantaranya:

  • Mengencangkan punggung, otot dada, dan juga lengan sehingga akan mempermudah kamu ketika melakukan gerakan manuver.
  • Mengencangkan otot paha sehingga bisa meningkatkan ketahanan tubuh ketika berlari.
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat oksigen bisa diserap lebih banyak.
  • Seluruh otot tubuh berkontraksi dan ikut berlatih sehingga meminimalisir cedera otot ketika melakukan gerakan secara tiba-tiba.

Lari Sprint

Lari Sprint

Melatih kemampuan kamu dengan berlari sprint bisa membantu kamu agar tidak cepat lelah, jika harus bergerak secara gesit dan cepat di lapangan.

Dalam berlatih sprint ini, kamu bisa gunakan lintasan lari yang lurus dengan jarak sekitar 30 meter. Kemudian, lakukan sprint secara bolak-balik secepat mungkin.

Usahakan agar berlari sebanyak tujuh kali dengan jeda waktu sekitar 25 detik sebelum kamu lari ke arah sebaliknya. Catat waktu kamu ketika berlari dan gunakan standar waktu tersebut dalam berlatih rutin.

Latihan Interval

Latihan Interval

Latihan interval ini sangat berguna untuk meningkatkan stamina. Karena, tubuh kamu akan dilatih agar bisa menyesuaikan intensitas aktivitas fisik yang berubah secara terus menerus.

Latihan interval memang mewajibkan kamu untuk berolahraga dengan intensitas yang berat selama beberapa menit, dan dilanjutkan dengan olahraga dengan intensitas yang ringan.

Awali dengan pemanasan terlebih dahulu selama lima belas menit. Kemudian kamu bisa memilih lari atau naik sepeda, akan tetapi harus dengan intensitas yang tinggi selama tiga menit.

Lalu lanjutkan dengan latihan naik sepeda atau berlari dengan intensitas rendah selama tiga menit. Ulangi sampai sekitar tiga kali, dan akhiri dengan pendinginan sekitar sepuluh menit.

Olahraga Kardio

Olahraga Kardio

Agar jantung kamu kuat memompa jumlah darah ke seluruh tubuh ketika bermain futsal, kamu harus rutin melakukan olahraga kardio. Kamu bisa memilih jenis olahraga kardio yang kamu sukai. Misalnya lompat tali, berenang, lari, atau bersepeda.

Akhir Kata

Seperti sudah dijelaskan diatas tadi, latihan fisik futsal sangat penting untuk kamu kuasai dan kamu lakukan dirumah.

Dengan latihan fisik ini, skill dan kemampuan olah bola yang kamu kuasai akan sangat terbantu.

Demikian penjelasan mengenai latihan fisik futsal, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sejarah Futsal
Baca Aja

Sejarah Futsal

Sejarah futsal– Di era yang sudah modern ini futsal merupakan jenis olahraga yang digandrungi oleh masyarakat umum, terutama…
Strategi Futsal
Baca Aja

Strategi Futsal

Futsal merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 5 pemain dan dengan beberapa pemain cadangan. Maka dari itu diperlukan…