Film Tentang Sepak bola

Film Tentang Sepak bola – Menjadi olahraga paling favorit di dunia merupakan salah satu ciri dari Sepak bola. Sehingga banyak sekali hal-hal yang menarik minat masyarakat untuk meningkatkan penghasilan pribadinya dengan Sepak bola sebagai subjeknya.

Begitu juga yang dilakukan oleh para penggiat film baik Indonesia maupun dunia. Mereka membuat film tentang Sepak bola yang menarik dengan Sepak bola sebagai tema cerita film yang dibuatnya.

Terbukti hingga saat ini ada sekitar 40-an lebih film yang di produksi baik lokal maupun mancanegara, dan hal tersebut pun semakin terbukti dengan jumlah penonton yang tidak pernah sedikit.

Berikut ini olahraganesia akan menyajikan beberapa rekomendasi film tentang Sepak bola yang wajib kamu tonton sebagai pecinta Sepak bola.

Film Tentang Sepak Bola di Indonesia

Film Tentang Sepak bola di Indonesia

Apabila kamu masih ingat dengan film Tendangan Dari Langit yang di produksi pada tahun 2011. Film itu merupakan salah satu jenis film yang bertemakan Sepak bola terbaik yang ada di Indonesia.

Ada beberapa bintang Sepak bola yang ikut beradu peran dalam film tersebut seperti, Kim Jeffrey Kurniawan dan Irfan Bachdim.

Namun selain film tersebut, masih banyak Film tentang Sepak bola yang di produksi di dalam negeri, berikut ini penjelasannya.

Garuda Di Dadaku

Film tentang Sepak bola yang pertama ialah Garuda Di Dadaku. Film yang di sutradarai oleh Ifa Isfansyah ini berhasil dirilis pada tanggal 18 Juni 2009.

Film ini menceritakan tentang anak kelas 6 SD yang mempunyai cita-cita menjadi pemain Sepak bola, akan tetapi cita-citanya tersebut dilarang oleh kakeknya yang lebih menginginkan dirinya menjadi seorang pelukis.

Saat pertama kali rilis film ini sangat luar biasa. Film tentang Sepak bola yang ini menyentuh angka 1,2 juta penonton dan menjadi film anak terbaik dalam Festival Film Indonesia.

Cahaya dari Timur

Film karya Angga Dwimas Sasongko ini diambil dari kisah nyata. Dimana Sani Tawainella yang diperankan oleh Chicco Jericho mempunyai keinginan untuk menyelamatkan anak-anak yang ada di kampungnya dari konflik agama yang ada di Ambon.

Singkat cerita anak-anak tersebut berhasil menjadi juara dan lolos untuk mewakili Maluku ke tingkat Nasional di Jakarta.

Ditengah kesulitan hidup Sani harus memilih antara keluarga dan Sepak bola. Ditambah tim yang berbeda agama tersebut terjadi perpecahan dan Sani harus bisa menyatukannya kembali.

Film ini juga mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik pada Festival Film Indonesia pada tahun 2014.

Hari ini Pasti Menang

Sebuah film yang diproduksi oleh Bogalakon Pictures ini di buat pada Maret 2012. sebuah film yang menceritakan tentang Tim Nasional Indonesia yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Cerita ini menggambarkan tentang Sepak bola Indonesia yang penuh dengan mafia-mafia kejam. Sehingga membuat sang tokoh utama Zendhy Zein yang berperan sebagai Gabriel Omar mendulang kesuksesan.

Namun Gabriel Omar harus berkarir dibawah tekanan seorang pelatih ambisius. Sehingga pada saat ayahnya meninggal barulah Gabriel Omar sadar bahwa menjadi pemain Sepak bola yang jujur adalah kunci utama.

Garuda 19

Film ini merupakan karya dari Andibachtiar Yusuf yang rilis pada 9 Oktober 2014. film yang diangkat kisah nyata perjalanan Tim Nasional Indonesia U-19 pada gelaran Piala AFF U-19 di Sidoarjo ini sukses menarik pecinta film Indonesia.

Film tersebut membawa kita kepada suasana yang ada pada saat Indra Sjafri dan anak asuhnya berjuang demi nama Indonesia di kancah Internasional.

Romeo Juliet

Lagi-lagi film karya Andibachtiar Yusuf ini menjadi primadona bagi pecinta Sepak bola dan film Indonesia.

Film karyanya ini berhasil di rilis pada 23 april 2009 dan berhasil menarik jutaan pasang mata penduduk Indonesia.

Film ini menceritakan tentang percintaan dua manusia yang mendukung dua tim berlawanan yang menjadi rival dan sering terlibat tawuran antar suporter. Rangga yang merupakan pendukung Persija mencintai gadis pendukung Persib bernama Desi.

Di akhir cerita, kisah cinta mereka tidak diterima oleh keluarga Desi dan mereka berdua memutuskan untuk kawin lari ke kota lain tanpa ada lagi sangkut paut dengan Persija dan Persib.

Film Tentang Sepak Bola di Luar Negeri

Film Tentang Sepak bola di Luar Negeri

Selain Indonesia, banyak juga film tentang Sepak bola yang ada di luar negeri khususnya Eropa dimana kiblatnya Sepak bola dunia.

Beberapa Film tentang Sepak bola dibawah ini mungkin kamu sudah tau, akan tetapi untuk lebih jelasnya lagi yuk simak beberapa film tentang Sepak bola yang ada di luar Indonesia

Forever Pure

Film ini merupakan film dokumenter UK-Israel 2016 yang di sutradai oleh Maya Zinshtein. Film ini juga di produksi oleh Geoff Arbourne dan Maya Zinshtein sendiri.

Film ini rilis di Netflix pada 6 Juli 2017 dan menjadi film News & Documentary Emmy Award terbaik pada 2018.

United

Film yang disutradai oleh James Strong ini rilis pada tanggal 24 April 2011. Film ini juga dibuat berdasarkan kisah nyata seorang pemain legendari Manchester United yaitu Busby Babes.

Busby Babes menjadi anggota tim termuda yang dapat menjuarai Liga Sepak bola, namun berakhir tragis karena kecelakaan pesawat yang terjadi sebelum laga Final Liga Champions di Muenchen.

Green Street Hooligans

Film tentang Sepak bola yang satu ini disutradai oleh Lexi Alexander dan dibintangi oleh Charlie Hunnam dan Elijah Wood. Film yang rilis 9 September 2005 ini menceritakan tentang hooliganisme Sepak bola Inggris.

Mean Machine

Mean Machine

Film karya barry Skolnick ini rilis pada 26 Desember 2001 dan dibintangi oleh Vinnie Jones yang berperan sebagai Danny Meehan dan Jason Statham yang berperan sebagai Monk.

Film ini menceritakan tentang mantan kapten Timnas Inggris yang dikirim penjara. Saat dipenjara Danny Meehan memimpin satu kelompok tahanan dan menjalankan pertandingan Sepak bola melawan sipir dan penjaga penjara lainnya.

Barca Dreams

Barca Dreams

Barca Dreams merupakan film tentang Sepak bola yang rilis pada 9 Oktober 2015. film ini di sutradai oleh Jordi Llampart.

Film ini merupakan hasil dokumenter perjalanan tim Sepak bola Barcelona dan sosok-sosok penting dalam perjalanan 115 tahun tersebut.

Zanetti

Zanetti

Zanetti merupakan film tentang Sepak bola yang menceritakan perjalanan seorang legenda hidup Inter Milan yaitu Javier Zanetti. Film yang di sutradai oleh Simone Scafidi dan Carlo Sigon ini rilis pada 27 Februari 2015.

Film ini dipersembahkan oleh Interisti kepada Legendanya tersebut. Dan film ini juga menampilkan beberapa pemain dan pelatih yang sangat berpengaruh pada saat Inter meraih Treble Winner pada musim 2009-2010.

Ronaldo

Ronaldo

Sebuah film yang menceritakan kisah hidup mega bintang Sepak bola Cristiano Ronaldo. Film ini merupakan karya sutradara Anthony Wonke dan di produksi oleh Asif Kapadia dan Paul Martin.

Bend It Like Beckham

Bend It Like Beckham

Film ini merupakan hasil karya dari seorang penulis dan sutradara bernama Gurinder Chadha dan sudah mendapatkan penghargaan ESPY untuk Best Sports Movie. Film ini rilis pada 11 April 2002.

Offside

Offside

Film tentang Sepak bola ini menceritakan tentang para gadis yang mencoba menonton pertandingan Sepak bola pada kualifikasi Piala Dunia, akan tetapi terhambat karena hukum yang tidak memperbolehkan wanita menonton Sepak bola.

Film yang rilis pada 26 Mei 2006 ini di sutradai oleh Jafar Panahi dan di distribusikan oleh Sony Pictures Classics.

Le K Benzema

Le K Benzema

Film yang rilis pada 2017 ini menceritakan tentang sosok pemain Sepak bola Prancis yaitu Karim Benzema.

Pada film ini juga diceritakan tentang negara asal Benzema selain Prancis hingga membahas mengenai kasus yang menimpa dirinya dan Mathieu Valbuena.

All or Nothing : Manchester City

All or Nothing Manchester City

Ini merupakan film dokumenter yang merupakan dokumen asli dari Amazon. Film ini juga merupakan jenis film marathon yang mempunyai beberapa season. Untuk season pertama film ini ialah pada tanggal 17 Agustus 2018.

Film ini menceritakan bagaimana perkembangan tim Manchester City pada saat di latih oleh Pep Guardiola. Pada musim 2017-2018 merea berhasil meraih dua trofi dari jumlah 4 trofi yang diperebutkan. Film ini merupakan karya dari sutradara bernama Manuel Huerga.

The Footbal Factory

The Footbal Factory

Teh footbal factory merupakan film tentang Sepak bola yang merupakan hasil karya dari seorang penulis bernama Nick Love. Dan film ini merupakan produksi dari Allan Niblo dan James Richardson.

Film yang rilis pada 14 Mei 2004 ini menampilkan beberapa bintang film seperti Danny Dyer, Frank Harper, dan Tamer Hassan

First Team : Juventus FC

First Team Juventus FC

Film yang satu ini merupakan jenis film bertemakan Sepak bola dan berjenis marathon. Pada film ini diketahui berjumlah 6 episode dan episode pertama tayang pada 16 Februari 2018 dan episode terakhir tayang pada 6 Juli 2018.

Montevideo, Taste of A Dream

Montevideo, Taste of A Dream

Film ini merupakan film tentang perjuangan sebuah tim Sepak bola yang ingin tampil pada kompetisi Piala Dunia edisi pertama di Uruguay pada tahun 1930.

Apache : The Life Of Carlos Tevez

Apache The Life Of Carlos Tevez

Sama seperti beberapa film diatas, Apache : The Life Carlos Tevez juga merupakan jenis film dengan tema Sepak bola yang berjenis marathon.

Dalam film ini diceritakan tentang kehidupan sang pemain berbakat milik Argentina Carlos Tevez. Pada film ini terdapat 8 episode dimana episode pertama tayang pada 16 Agustus 2019.

Purely Belter

Purely Belter

Puerly Belter merupakan jenis film drama komedi yang rilis pada tahun 2000. FIlm Purely Belter ini di sutradarai oleh Mark Herman yang menceritakan tentang du pemuda yang berusaha untuk mendapatkan uang.

Pemuda tersebut berjuang agar dapat membeli tiket musim untuk pertandingan kandang Newcastle United.

The Damned United

The Damned United

Film yang rilis pertama kali pada 27 Maret 2009 ini merupakan sebuah film drama olahraga yang di sutradarai oleh Tom Hooper. Film ini merupakan adaptasi dari novel terlaris David Peace yaitu The Damned Utd.

Shaolin Soccer

Shaolin Soccer

Shaolin Soccer merupakan film komedi Sepak bola yang dirilis pada 12 Juli 2001. film ini sangat unik karena disutradarai dan sekaligus diperankan oleh Stephen Chow.

The English Game

The English Game

The English Game merupakan miniseri drama olahraga yang dikembangkan oleh Julian Fellowes. Pada film ini diceritakan tentang asal usul Sepak bola modern yang ada di Inggris.

Film ini memiliki 6 episode, dimana episode pertama rilis pada 20 Maret 2020.

Goal

Goal

Film ini merupakan satu-satunya film yang mempunyai kerjasama sepenuhnya dengan FIFA. Goal merupakan film yang rilis pada tahun 2005 dan di sutradarai oleh Danny Cannon.

Zidane : A 21st Century Potrait

Zidane A 21st Century Potrait

Film tentang Sepak bola yang satu ini merupakan jenis film dokumenter Prancis pada tahun 2006. Film ini menjelaskan bagaimana gaya bermain sang legenda Prancis Zinedine Zidane.

Sunderland ‘Til I Die

Sunderland ‘Til I Die

Film ini merupakan film miniseri yang ada di Netflix, dimana film ini menceritakan tentang salah satu klub Sepak bola Inggris yaitu Sunderland. Pada film ini juga direkam dukungan-dukungan yang hadir dari para penggemar klub Sunderland tersebut.

Messi

Messi

Messi merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang kebangkitan Sepak bola Argentina karena hadirnya Lionel Messi. Film ini di sutradarai oleh Alex de la Lglesia dan rilis pada 1 Januari 2015.

Antoine Griezmann : The Making Of A Legend

Antoine Griezmann The Making Of A Legend

Film ini juga termasuk ke dalam film dokumenter, dimana kali ini menceritakan tentang kesuksesan seorang Antoine Griezmann.

Film yang tayang di Netflix ini rilis pada 21 Maret 2019.

Pele : Birth Of A Legend

Pele Birth Of A Legend

Pele merupakan film yang menceritakan tentang kehidupan seorang legenda hidup Brasil yaitu Edson Arantes do Nascimento atau yang kita kenal dengan nama Pele. Film yang rilis pada 5 Mei 2016 di Singapura ini di sutradarai oleh Jeff Zimbalist dan Michael Zimbalist.

Teh Miracle Of Bern

Teh Miracle Of Bern

Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga Jerman dan juga kemenangan Timnas Jerman Barat pada final Piala Dunia 1954 di Swiss. Film ini merupakan hasil karya dari Sonke Wortmann dan telah rilis pada 20 Mei 2003.

The Class Of ‘92

The Class Of ‘92

Film The Class of ‘92 ini menceritakan tentang generasi emas Manchester United. Class of ‘92 merupakan sebutan bagi enam pemain terbaik lulusan akademi Manchester United. Keenam pemain tersebut ialah, Nicky Butt, Ryan Giggs, Paul Scholes, Gary Neville, Phill Neville, dan David Beckham.

Diego Maradona

Diego Maradona

Diego Maradona merupakan film yang rilis pada 11 Juli 2019. film ini di sutradarai oleh Asif Kapadia dam menceritakan tentang legenda Argentina yaitu, Diego Armando Maradona.

Escape To Victory

Escape To Victory

Ini merupakan film tentang Sepak bola yang menceritakan beberapa tawanan milik sekutu yang siap bertanding Sepak bola melawan tim dari Nazi. Namun kesempatan ini digunakan oleh mereka agar bisa meloloskan diri.

Film ini rilis pada 30 Juli 1981 dan di sutradarai oleh John Huston.

Bobby Robson : More Than A Manager

Bobby Robson More Than A Manager

Film Bobby Robson ini merupakan film yang dipersembahkan untuk mantan Manajer Inggris yaitu Bobby Robson. Didalam film ini diceritakan tentang bagaimana kehidupan manajer hebat tersebut.

Film ini rilis pada tahun 2018 dan di sutradarai oleh Torquil Jones dan Gabriel Clarke.

Hermano

Hermano

Hermano merupakan film drama yang berasal dari Venezuela. Film ini diproduksi oleh Enrique Aular dan di sutradarai oleh Marcel Rasquin. Film ini pun sudah rilis paa 2 Juli 2010.

Akhir Kata

Tentunya film tentang Sepak bola ini bisa menjadi salah satu sarana yang bisa membuat untung bagi pihak yang dapat mengelolanya. Dan bagi masyarakat bisa menjadi edukasi agar menambah minat terhadap olahraga khususnya Sepak bola.

Demikian pembahasan film tentang Sepak bola ini kami sajikan, semoga dapat bermanfaat dan menjadi tempat rekomendasi film Sepak bola bagi kamu dan temanmu. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like