Cara Merawat Sepatu Futsal

Cara Merawat Sepatu Futsal

Dalam olahraga futsal, sepatu menjadi perlengkapan penting yang wajib dipakai oleh seorang pemain futsal. Cara merawat sepatu futsal harus kamu pahami juga, agar sepatu yang kamu pakai tidak mudah cepat rusak.

Karena biasanya, seseorang jika sudah cocok dengan sepatu yang digunakan akan sulit beradaptasi dengan sepatu barunya.

Maka dari itu cara merawat sepatu futsal ini sangat penting untuk kamu kuasai. Walaupun terlihat mudah, jika tidak dilakukan dengan benar biasanya sepatu futsal akan malah cepat rusak.

Berikut ini beberapa cara merawat sepatu futsal yang wajib kamu ketahui.

Jangan Sering Dicuci

Mencuci sepatu ketika kotor memang hal yang baik, akan tapi jangan salah terkadang sebab sering dicuci inilah sepatu menjadi cepat rusak.

Daya rekat lem pada sepatu akan mengurang karena sering terkena air.

Cuci Menggunakan Tangan

Cucilah sepatu ketika hanya benar-benar kotor dan cuci sepatu menggunakan telapak tangan, apabila tidak terlalu kotor cukup bersihkan sepatu dengan dilap saja menggunakan tangan.

Jangan Dijemur Dibawah Matahari Langsung

Pakai handuk kertas atau kain yang kering dan juga lembut untuk mengelap dan mengeringkan sepatu futsal yang sudah dicuci.

Keringkan seluruh bagian sepatu satu per satu, mulai bagian depan sepatu, bagian atas sepatu, dan juga bagian sol sepatu.

Untuk bagian dalam sepatu futsal, kamu bisa menggunakan kertas koran untuk mengeringkannya. Gumpal beberapa kertas koran, lalu masukkan gumpalan tersebut  ke dalam sepatu sampai kertas menyerap seluruh bagian yang basah hingga kering.

Gunakan Kamper

Untuk menghilangkan bau pada sepatu futsal juga bisa menggunakan silica gel atau kamper supaya sepatu wangi dan tidak bau kaki.

Jangan Asal Sumpal Sepatu

Jangan pernah asal-asalan menyumpal sepatu menggunakan koran atau kertas, karena hal tersebut akan membuat bentuk sepatu menjadi berubah.

Gunakan Shoe Tree

Menggunakan kertas secara asal-asalan bisa membuat bentuk sepatu menjadi berubah. Agar bentuk sepatu tidak berubah seperti bentuk semula, kamu bisa menggunakan shoe tree ini sebagai alternatif.

Hindari dari Kucuran Air Kran

Meletakkan sepatu di bawah kran dan membiarkan kucuran air mengucur begitu saja membersihkan kotoran-kotoran yang ada mungkin menjadi cara pertama yang ada di benakmu pada saat ingin mencuci sepatu futsal.

Tapi perlu diingat baik-baik, itu merupakan cara yang salah. Ternyata banyak orang yang belum mengetahui hal ini.

Membiarkan hal itu terjadi, sama saja kamu sedang merusak sepatu futsal milikmu. Pasalnya, tetesan air yang mengucur keras membuat material sepatu menjadi terkikis.

Bukan hanya berpotensi berubah bentuk sepatu, kemampuan sepatu untuk menopang kaki ketika menendang bola juga bisa menurun.

Jadi, hindari mencuci sepatu futsal langsung di bawah kran agar sepatu futsalmu menjadi awet dan tahan lama.

Sikat Secara Perlahan

Sebelum mencuci sepatu, kamu harus melepaskan tali sepatu dan mencucinya secara terpisah. Cara terbaik untuk membersihkan sepatu futsal yaitu mengawalinya dengan menyikat secara perlahan.

Jika sepatu futsal kotor berat, tepuk-tepuk kedua sepatu supaya kotoran terjatuh. Dengan demikian, kamu tidak perlu menyikat sepatu secara keras.

Biasanya bagian yang paling kotor ialah bagian sol dan atas sepatu. Sikat sedikit lebih lama kedua bagian tersebut supaya sepatu benar-benar bersih.

Selanjutnya ambil kain lembut atau kamu bisa gunakan spons, basuh dengan air yang sudah dicampur deterjen atau air sabun.

Kemudian usap kain atau spons tersebut ke semua bagian sepatu sampai kotoran yang menempel benar-benar hilang.

Bersihkan Detail Sepatu

Sebelum sepatu dikemas di pabrik, ada karyawan yang memastikan sepatu bersih dan tidak ada noda sama sekali. Contohnya dengan membersihkan sisa lem, jejak tangan, dan juga bekas cetakan.

Nah, kamu juga bisa melakukan hal yang sama supaya sepatu futsalmu awet. Bersihkan sepatumu dengan detail, karena jika ada noda yang tersisa kamu bisa lebih sulit lagi untuk membersihkannya.

Jadi, penting diperhatikan setiap sudut sepatu sampai benar-benar bersih sebelum menyimpannya.

Simpan dengan Rapi

Material sepatu futsal biasanya dibuat menggunakan kulit sintetis. Nah, bahan yang seperti ini harus dengan penanganan khusus supaya terawat.

Jika sepatu sudah benar-benar kering, sebaiknya kamu harus bisa menjaga kekuatan material dengan cara memoles menggunakan bahan-bahan natural, seperti beeswax, minyak alami, aloe vera, dan sebagainya.

Langkah terakhir yaitu penyimpanan. Jangan sampai kamu menyimpan sepatu futsal dengan plastik yang tertutup.

Sepatu futsal, baik yang dibuat menggunakan kulit asli, atau juga kulit sintetis, harus disimpan di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang cukup.

Untuk menyimpan sepatu futsal, hindari tempat-tempat yang kadar kelembabannya tinggi. Tempat yang lembab menjadi musuh utama kulit sintetis karena dapat membuat kulit tersebut terkelupas.

Dan jika kulit sepatu futsal sudah terkelupas, kamu hanya menunggu waktu saja untuk melihat sepatu tersebut rusak.

Pengelupasan yang terjadi pada bagian luar sepatu tidak bisa dipulihkan. Jadi kamu harus bisa menyimpan sepatu pada tempat dengan udara yang cukup, dalam suhu ruangan, dan juga sinar matahari yang cukup.

Gunakan Suede Protector

Suede protector ini mempunyai fungsi sebagai pelindung sepatu futsal dari semua debu dan kotoran yang menempel pada sepatu futsal.

Menggunakan suede protector ini juga sangat mudah yaitu hanya dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian sepatu futsal secara merata.

Akhir Kata

Merawat sepatu futsal merupakan hal wajib yang harus kamu kuasai dan kamu lakukan. Karena sepatu futsal yang dirawat dengan baik akan membuat sepatu tersebut menjadi awet.

Sebaliknya, jika kamu tidak peduli dengan sepatu futsal milikmu kamu akan sering membeli sepatu karena sepatu yang kamu pakai cepat rusak.

Demikian penjelasan mengenai cara merawat sepatu futsal diatas, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Latihan Fisik Futsal
Baca Aja

Latihan Fisik Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga bola dimana setiap pemain dituntut selalu bergerak untuk menghidupkan permainan tim. Dibutuhkan…
Cara Menjadi Kiper Futsal
Baca Aja

Cara Menjadi Kiper Futsal

Baik dalam sepakbola maupun futsal, kiper menjadi sosok penting yang menjaga gawang agar terhindar dari kebobolan. Cara menjadi…
Baca Aja

Perlengkapan Pemain Futsal

Dalam bermain futsal, perlengkapan pemain futsal sangat mempengaruhi gaya permainan pemain tersebut. Mulai dari jersey sampai sepatu futsal…
Sejarah Futsal
Baca Aja

Sejarah Futsal

Sejarah futsal– Di era yang sudah modern ini futsal merupakan jenis olahraga yang digandrungi oleh masyarakat umum, terutama…
Formasi Futsal Terbaik
Baca Aja

Formasi Futsal Terbaik

Futsal merupakan olahraga kaki yang menjadikan strategi dan kemampuan sebagai kekuatannya. Dengan strategi dan formasi yang tepat, tim…