Cara Memilih Raket Bulu Tangkis

Bingung cara memilih raket bulu tangkis? Ketika akan membeli perlengkapan bulu tangkis misalnya raket, maka ada hal yang tidak boleh kamu lewatkan, tentunya bukan masalah jenisnya namun pada kualitas atau spesifikasi raket yang akan dipilih nantinya.

Untuk mendukung permainan yang berkualitas dan maksimal, maka dibutuhkan spesifikasi raket yang bagus dan nyaman ketika digunakan.

Berikut ini olahraganesia akan membagikan point-point yang perlu diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis.

Cara Memilih Raket Bulu Tangkis

Raket Bulu Tangkis

Selain mempunyai teknik dasar bulu tangkis yang handal, kamu wajib memiliki raket bulu tangkis yang nyaman dan sesuai agar dapat menunjang permainan kamu dalam pertandingan.

Berikut, kami akan menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih raket bulu tangkis.

1. Pilih Berdasarkan Gaya Bermain Kamu

Ada baiknya sebelum membeli raket kamu perlu menentukan dulu mengenai karakter permainan yang sering kamu lakukan. Dengan cara memilih raket yang tepat maka teknik dan kemampuan kamu ketika bermain akan lebih maksimal.

Berikut memilih raket yang sesuai dengan gaya bermain:

Tipe Permainan Menyerang

Jika kamu mempunyai karakter permainan menyerang, ada baiknya kamu memilih raket yang tidak terlalu fleksibel agar maksimal dalam melakukan pukulan, maka pilihlah raket yang berat jenis 3U – 2U, misalnya, seperti raket yang dipakai Taufik Hidayat Yonex Arcsaber 11.

Tipe Permainan Bertahan

Jika kamu tipe karakter bermain bertahan atau mengandalkan reli dan lebih cenderung mengontrol permainan, sebaiknya kamu pilih raket yang tidak terlalu berat, mungkin kamu bisa menggunakan raket jenis 4U – 3U dengan titik keseimbangan dari ujung grip 270 – 285 cm.

Dengan spesifikasi raket tersebut kamu bisa memiliki akurasi atau respon yang cenderung cepat dalam menahan serangan lawan, contohnya seperti raket yang dipakai Peter Gade Yonex VOLTRIC 80.

Tipe Permainan Kombinasi Bertahan dan Menyerang

Nah untuk gaya permainan kombinasi antara bertahan dan menyerang ada baiknya kamu menggunakan jenis raket 3U. Raket jenis tersebut memiliki tingkat fleksibilitas sedang.Misalnya saja seperti raket Yonex Carbonex 21, atau Carbonex 8000 N.

2. Spesifikasi Raket

Telitilah tentang beberapa hal mengenai raket yang akan kamu pilih seperti berat, titik keseimbangan, kelenturan/ kekakuan, bahan, frame, diameter pegangan dan mungkin juga merk raket.

3. Berat Raket Badminton / Bulu tangkis

Raket Badminton pada umumnya dibagi menjadi beberapa ukurn berat yang ditandi dengan kode “U”, dimana semakin tingga nilai “U”, maka akan semakin ringan raket tersebut. Berikut jenis “U” pada berat raket bulu tangkis:

  • U = 95-99 gram
  • 2U = 90-94 gram
  • 3U = 85-89 gram
  • 4U = 80-84 gram
  • 5U = 75-79 gram
Raket yang memiliki ukuran berat atau raket power lebih tepat digunakan untuk mereka yang mempunyai pergelangan tangan yang kuat. Raket jenis tersebut dapat menambah momentum yang lebih ketika akan diayunkan dan juga akan menambah power saat akan melakukan smash.

Dan raket yang cenderung berat sangat sulit untuk dikontrol, ketika dalam keadaan kurang sabar atau tenang dan tidak dapat mengontrol power dalam memukul, kemungkinan bola out akan sering terjadi, ditambah sulit dalam menggenggam raket yang cenderung berat.

4. Titik Keseimbangan Raket

Untuk melihat titik keseimbangan pada raket yang akan kamu beli dengan cara menghadapkan jari telunjuk ke atas dan taruh batang raket di atas tangan kamu.

Dan juga geser batang raket sedikit demi sedikit sampai kamu mendapati raket dalam keadaan seimbang.

Namun jika jari telunjuk kamu lebih dekat ke frame / kepala raket maka raket ini jenis power, namun jika jari telunjuk kamu lebih dekat ke pegangan raket, maka raket ini jenis control.

5. Kelenturan / Kekakuan Batang Raket

Agar dapat mengetahui lentur atau kaku batang raket yang akan sedang dibeli caranya dengan memegang kepala raket dan pegangan raket, cobalah untuk membengkokkan dengan perlahan dan hati-hati saat kamu sedang melakukannya.

Ada lagi, kamu juga bisa melakukan twist atau puntiran. Hal ini dilakukan untuk menguji akurasi placing shutllecock, tentunya harus hati-hati dan penuh perasaan.

Beberapa hal dari raket badminton dengan batang kaku:

  • Pantulan yang kurang saat di ayunkan namun raket ini paling bagus untuk melakukan serangan cepat.
  • Kelemahan dari raket ini yaitu kamu membutuhkan ayunan yang kuat atau pergerakan yang cepat dari pergelangan tangan.

Beberapa hal dari raket badminton dengan batang fleksibel :

  • Memberikan Pantulan yang bagus saat diayunkan.
  • Raket tipe ini cocok untuk pemain yang mempunyai tipe stroke atau bertahan.
  • Raket ini sangat baik dalam mengantisipasi smash keras dari lawan.
  • Cocok untuk para pemula yang baru belajar bulu tangkis karena tidak membutuhkan banyak tenaga.
  • Kurangnya kecepatan dalam mengembalikan bola.

6. Bentuk Frame / Kepala Raket

Ada 2 tipe frame yaitu tipe frame Konvensional (Berbentuk oval) dan tipe frame isometric (Berbentuk mendekati persegi).

  • Frame Isometric memiliki spot-spot pukulan yang bagus di bantalan senar yang lebih luas. Dengan demikian, pemain mempunyai banyak kesempatan untuk menciptakan pukulan cantik dan unik.
  • Frame Konvensional memiliki spot atau titik untuk melakukan pukulan yang lebih baik dari pada frame isometric.

7. Bahan Raket

Pilihlah raket yang menggunakan bahan dasar berkualitas seperti carbon-fiber yang memiliki karakter aerodinamik dan ringan, tetapi kuat dan tidak mudah berkarat. Raket tersebut sangat nyaman untuk digunakan dan lebih tahan lama, sehingga dapat digunakan untuk beberapa tahun yang akan datang.

8. Diameter Gagang Raket – Handgrip

Raket yang memiliki diameter pegangan yang sesuai dengan ukuran tangan kamu. Mulai pertimbangkan juga jika ingin menambahkan handgrip, karena pegangan akan sedikit besar. Dengan posisi pegangan yang nyaman, maka kamu dapat bermain dengan lebih maksimal.

9. Merk Raket

Langkah selanjutnya dalam cara memilih raket bulu tangkis yaitu dengan melihat merek. Pemilihan merk raket bulu tangkis juga harus dipertimbangkan, ada beberapa merk raket yang sudah terkenal di Indonesia seperti, Yonex, Adidas, Wilson, Victor, Li Ning, Apacs, dan masih banyak lagi.

Setiap merk raket badminton menyediakan jenis raket yang berbeda-beda. Jadi ada baiknya kamu survey terlebih dahulu mengenai merk-merk raket badminton terbaik yang menyediakan jenis raket yang kamu butuhkan. Ada beberapa merk ternama seerti, Yonex, Adidas, dan Wilson tentunya dengan memberikan jaminan daya tahan yang lebih kuat dibanding raket yang tidak bermerk.

10. Harga Raket

Terakhir, sebelum memutuskan membeli kamu juga harus mempertimbangkan harga raket tersebut. Raket dengan harga yang mahal belum tentu sesuai dengan kenyamanan dan gaya bermain kamu. Sebaiknya sesuaikan budget kamu sebelum membeli raket. Jika budget tidak cukup untuk membeli raket bermerk. Maka pilihlah raket dengan harga yang lebih murah.

Demikian cara memilih raket bulu tangkis / badminton, ada baiknya membeli raket langsung datang ke tokonya, agar kamu bisa mencoba dan merasakan langsung kualitas raket tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like