Bagian Bagian Sepatu Futsal

Dalam bermain futsal pastinya kita membutuhkan perlengkapan futsal, seorang pemain membutuhkan jersey tim, kaos kaki, dekker, dan juga sepatu. Salah satunya sepatu, bagian-bagian dalam sepatu sangat penting untuk menunjang skill pemain di lapangan.

Sepatu akan membuat seorang pemain bisa melakukan tendangan yang keras atau juga menggiring bola dengan baik.

Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai bagian-bagian sepatu yang wajib kamu ketahui.

Bagian Atas Sepatu Futsal

Yang disebut bagian atas sepatu (upper) yaitu seluruh material yang menjadi penutup kaki bagian atas. Biasanya bagian atas sepatu ini melekat pada sol bawah dan tengah.

Ada banyak bahan yang biasa digunakan untuk bagian atas sepatu, diantaranya kulit asli, kulit sintetis, rajut, dan jaring.

Beberapa produsen sepatu futsal juga biasa mengkombinasikan berbagai material untuk menciptakan sebuah sepatu futsal terbaik versi mereka.

Karena setiap material pastinya mempunyai keunggulannya masing-masing. Dengan dipadukan tersebut bisa tercipta sepatu yang modis dan membantu untuk meningkatkan performa pemain di lapangan.

Bagian Bawah Sepatu Futsal

Bagian ini juga sering disebut outsole. Bagian sepatu ini menapak pada permukaan lapangan. Untuk sepatu dalam futsal, sol dari karet biasa dijadikan andalan.

Karena, bahan ini akan membuat kaki tetap bergerak lincah dan meningkatkan akselerasi ketika berlari di atas lapangan futsal yang cenderung licin.

Sol Dalam Sepatu Futsal

Pada beberapa jenis sepatu futsal, bagian insole ini bisa dilepas. Dengan demikian, bagian ini semakin mudah untuk dibersihkan.

Namun, beberapa produsen juga membuat sepatu futsal yang bagian insolenya melekat pada sepatu.

Sol dalam ini berfungsi untuk mengoreksi posisi kaki dan sebagai penopang beban tubuh pada saat kamu berdiri atau bergerak.

Jadi bagian insole yang empuk dan baik bisa menjadi salah satu kriteria sepatu futsal yang akan kamu gunakan.

Bantalan Tumit Sepatu Futsal

Bagian-bagian sepatu selanjutnya yaitu yang biasa disebut cushioning atau bantalan sepatu yang menjadi penopang bagian tumit kaki.

Walaupun mempunyai porsi yang kecil pada sepatu, bagian ini juga tidak kalah  penting. Bantalan ini berfungsi menopang tumit kamu ketika melakuakan pergerakan di lapangan.

Jika bahan atau bentuknya tidak pas di kaki, kakimu bisa mengalami cedera. Jadi bantalan tumit sepatu ini juga harus di perhatikan agar mencegah tumit kamu lecet dan cedera saat bermain futsal di lapangan.

Bagian Depan Sepatu Futsal

Pada bagian ini, mungkin akan lebih banyak fungsinya kepada model sepatu indoor yaitu sepatu yang digunakan untuk futsal.

Selain karena tempo permainan yang lebih cepat dan lapangan yang kecil. Pada permainan ini juga pemakai sepatu akan lebih banyak memakai bagian depan kaki.

Maka bagian toecap atau bagian depan sepatu ini akan sangat berguna untuk menghindari pemain dari cedera pada jari kaki.

Vamp Sepatu

Vamp sepatu merupakan area depan sepatu yang letaknya di bagian atas sepatu. Biasanya, pemain futsal melakukan tendangan pada bagian vamp ini.

Di bandingkan dengan bagian sepatu yang lain, vamp menjadi bagian yang paling sering melakukan kontak dengan bola.

Beberapa jenis sepatu, merancang bagian vamp hanya dengan jahitan biasa. Akan tetapi ada juga penambahan teknologi sesuai dengan kebijakan produsen sepatu tersebut.

Yang paling penting, vamp pada sepatu bisa membantu kamu mengontrol dan menendang bola dengan lebih maksimal.

Lebih bagus lagi apabila bagian vamp ini dibuat lebih luas dan tidak ada tali sepatu. Dengan demikian, bagian untuk menendang bola menjadi semakin luas dan kekuatan kaki untuk menendang juga bisa semakin kuat.

Lining

Lining merupakan lapisan penghubung antara bagian atas sepatu dengan kaki kita. Selain pas atau tidaknya ukuran sepatu, lining juga menjadi bagian penting karena akan membuat pemain tersebut nyaman atau tidaknya menggunakan sepatu tersebut.

Lace

Lace pada bagian-bagian sepatu futsal yaitu tali yang berfungsi sebagai penguat dan perekat antara sepatu dan kaki.

Jenis Sol

Stimulus-stimulus yang diperkenalkan oleh beberapa produsen-produsen perlengkapan futsal dan sepakbola, kita sebagai peminat mengenal beberapa istilah, seperti Control (Pengendalian), Speed (Kecepatan), dan Power (Kekuatan).

Untuk perlengkapan sepatu ini, produsen sepatu olahraga juga sudah mengembangkan berbagai macam teknologi, perhatian mereka tertuju pada kegunaan utama, bahan, warna, bentuk, dan lain sebagainya.

Mungkin terlebih dahulu akan kita jelaskan mengenai Sol bawah, seperti yang sudah dijelaskan di atas, sol sepatu ini mempunyai banyak macam.

Pada zaman dahulu kita hanya mengenal 3 macam, namun karena beberapa tahun belakangan ini mulai ramai dikenal Futsal, maka jenis Sol sepatu dibagi menjadi 4 macam, antara lain.

  • Soft Ground (SG)

Jenis sepatu ini biasa digunakan pada lapangan yang soft, sepatu ini mempunyai 2 stud belakang (pul) dan 7 stud depan, bahan outsole jenis ini biasanya dari TPU (plastik) dengan ujung stud menggunakan bahan aluminium.

  • Firm Ground (FG)

Jenis sepatu ini biasa digunakan pada lapangan dengan jenis kekerasan lapangan sedang. Jenis ini memiliki 4 stud belakang dan 9 stud depan, bahan outsole juga biasanya dari TPU (plastik).

  • Hard Ground (HG)

Jenis sepatu ini biasa digunakan pada lapangan yang keras. Sepatu jenis ini memiliki 4 stud belakang dan 11 stud depan, bahan outsole biasanya terbuat dari rubber
(karet) atau TPU (plastik) yang soft.

  • Artificial Ground (AG)

Jenis sepatu ini biasa digunakan pada lapangan sintetis. Biasanya sepatu ini mempunyai gerigi pada bagian solnya.

Bahan untuk Sepatu

Bahan sepatu menjadi hal paling dasar untuk diperhatikan ketikan akan memilih sepatu futsal. Ada empat bahan yang biasa digunakan untuk membuat sepatu futsal, yaitu karbon, kain, kulit, dan imitasi.

Bahan paling baik yaitu dari bahan dengan serat karbon karena membuat pemain merasa nyaman, ringan, dan kuat.

Bahan yang harus kamu hindari yaitu sepatu dengan bahan imitasi. Sepatu imitasi akan mudah rusak dan sangat tidak nyaman untuk digunakan.

Akhir Kata

Dalam memilih sepatu futsal kamu harus perhatikan dengan benar jenis sepatu dan bagian-bagian sepatu yang cocok dengan kakimu.

Pemilihan yang tepat akan sangat membantu kamu dalam bermain futsal dengan baik.

Demikian penjelasan mengenai bagian-bagian sepatu futsal, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai dunia olahraga khususnya futsal. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Latihan Fisik Futsal
Baca Aja

Latihan Fisik Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga bola dimana setiap pemain dituntut selalu bergerak untuk menghidupkan permainan tim. Dibutuhkan…