Akademi Terbaik Sepakbola Dunia

Akademi Terbaik Sepakbola Dunia

Akademi Terbaik Sepakbola Dunia – Kalau kamu mendengar kata sepakbola, sudah pasti tidak asing lagi bukan ? Ya jelas saja, olahraga yang ditemukan pertama kali di Tiongkok ini merupakan olahraga yang paling digemari seantero dunia.

Bukan karena bentuknya atau karena ditemukan di Tiongkok, tapi sepakbola digemari karena seringkali dalam pertandingannya sepakbola menyajikan keindahan-keindahan yang tidak ada dalam olahraga lain.

Tua muda, laki-laki bahkan wanitapun sangat menyukai olahraga yang biasa disebut dengan si kulit bundar ini. Bukan rahasia umum lagi, sudah banyak wanita yang menjadi pemain sepakbola profesional, seperti Alex Morgan yang merupakan kapten Tim Nasional wanita Amerika.

Atau kalau di Indonesia yang terkenal ialah Zahra Muzdalifah, parasnya yang cantik dan skill sepakbolanya yang baik membuat para pria senang melihatnya bermain.

Sebenarnya darimana sih para pemain ini muncul ? Apa mereka tiba-tiba jago dalam mengolah si kulit bundar ? Tentu tidak. Yang pastinya mereka terlebih dahulu melalui proses yang panjang untuk menjadi pemain sepakbola. Dan ternyata ada akademi-akademi sepakbola yang menampung anak-anak atau orang yang ingin menjadi pemain sepakbola.

Nah kali ini olahraganesia akan membahas beberapa akademi terbaik sepakbola yang ada di Indonesia dan Dunia.

13 Akademi Sepakbola Terbaik Dunia

Akademi Sepakbola Dunia
brilio.net

Banyak sekali akademi-akademi sepakbola yang menghasilkan pemain hebat dalam sejarah sepak bola dunia. Hampir semua pemain profesional merintis karirnya berawal dari akademi.

Sampai saat ini akademi seperti Ajax, Manchester United, dan La Masia masih menjadi akademi dengan penghasil pemain-pemain top dunia.

Berikut ini olahraganesia akan membahas beberapa akademi sepakbola yang menghasilkan pemain-pemain top dunia.

13. Athletic Bilbao Cantera (Athletic Bilbao)

Akademi Athletic Bilbao Cantera

Saat ini sekitar 63% pemain utama dari klub Athletic Bilbao berasal dari jebolan akademi mereka sendiri.

Berkat filosofi ini sampai saat ini mereka tidah pernah degradasi dari liga utama Spanyol, La Liga, sejak klub ini berdiri pada tahun 1898.

Akademi ini pernah menjadikan beberapa pemain terbaik seperti Fernando Llorente dan Ander Herrera.

12. River Plate

Akademi Sepak Bola River Plate
Akademi Terbaik Sepakbola

Mungkin bagi kamu River Plate adalah akademi sepakbola asing yang tidak terkenal. Wajar saja, namanya kalah pamor dengan akademi La Masia milik Barcelona atau akademi milik Manchester United.

Namun siapa sangka, sampai saat ini River Plate telah menghasilkan pemain-pemain top dunia seperti, Alfredo Di Stefano, Pablo Aimar, Daniel Pasarrella, Hernan Crespo, hingga Radamel Falcao.

Di Argentina sendiri, akademi ini menjadi kiblat dan tujuan para orangtua untuk menyekolahkan anak-anaknya menjadi pemain profesional. Tak jarang akademi River Plate juga mengikuti tur-tur ke Eropa untuk mengikuti turnamen usia muda.

River Plate sendiri merupakan tim yang berdiri pada tanggal 25 Mei 1901 sebagai saingan dari tim tetangganya yaitu Boca Juniors. Hingga saat ini River Plate telah menjuarai Liga Argentina sebanyak 32 kali, 1 kali Piala Interkontinental, dan 2 Copa Libertadores.

11. Santos FC

Akademi Santos FC

Siapa yang tak kenal dengan Neymar Jr ? Pemain dengan harga termahal saat perpindahannya dari Barcelona dan Paris Saint Germain ini ternyata jebolan akademi Santos FC. Sebelum hijrah ke Eropa, Neymar lebih dulu bermain di klub yang telah membesarkan namanya yaitu Santos FC.

Selain Neymar, banyak pemain berpaspor Brazil yang berasal dari akademi Santos FC. Robinho yang pernah memperkuat Real Madrid dan AC Milan juga berasal dari Santos FC. Selain itu Felipe Anderson yang saat ini memperkuat West Ham United juga berasal dari akademi yang berdiri pada tahun 1912 ini.

10. Sporting CP Youth Academy (Sporting Lisbon)

Sporting CP Youth Academy
Akademi Terbaik Sepakbola

Akademi Sporting merupakan salah satu akademi terbaik yang ada di Portugal bahkan dunia. Manchester United dan FC Barcelona merupakan dua tim yang sudah merasakan hasil didikan dari akademi ini. Luis Figo, Luis Nani, Quaresma, Joao Moutinho, dan Eric dier merupakan pemain top dunia yang berasal dari akademi Sporting CP.

Bahkan pemain terbaik dunia FIFA 2 kali dan peraih Ballon D’or 3 kali, Cristiano Ronaldo pun merupakan alumni dari akademi terbaik di Portugal ini. Bersama Luis Figo, Cristiano Ronaldo menjadi alumni terbaik Sporting CP yang pentas di sepakbola dunia.

Bersama Benfica dan FC Porto, Sporting CP menjadi trio klub terbesar yang mengharumkan nama Portugal di kancah sepakbola dunia.

Akademi yang berdiri pada tahun 1906 ini telah menjuarai Liga Portugal sebanyak 18 kali dan juara Piala Winners sebanyak 1 kali yaitu pada tahun 1994.

9. Schalke 04

Akademi Sepak Bola Schalke 04

Banyak yang beranggapan bahwa akademi Bayern Muenchen merupakan yang terbaik di Jerman. Namun siapa sangka, akademi dengan penghasil pemain berbakat justru ada pada akademi Schalke 04. Pemain top dunia seperti Mesut Ozil merupakan pemain jebolan akademi yang berdiri pada tahun 1904 ini.

Buktinya empat pemain kunci Tim Nasional Jerman saat menjuarai piala dunia pada tahun 2014 berasal dari Akademi Schalke 04. Mereka ialah Manuel Neuer, Mesut Ozil, Julian Draxler, dan Benedikt Howedes.

Untuk tim utama sendiri, Schalke 04 sudah berhasil meraih 7 kali juara Liga Jerman, 5 Piala Jerman, 1 Piala UEFA, dan 1 Piala Super Jerman. Itu semua menjadi bukti bahwa Schalke 04 merupakan tim dengan pembinaan pemain usia muda terbaik di dunia.

8. Southampton

Akademi Southampton

Mungkin untuk prestasi tim utama, Southampton tidak begitu mentereng, jarang sekali mereka mendapatkan gelar juara. Namun Southampton Youth Academy, yang merupakan Akademi binaan Southampton telah berhasil menerbitkan pemain-pemain kelas dunia.

Akademi Southampton ini telah berhasil mencuri perhatian dunia. Bahkan klub papan atas liga Inggris pun tidak mau ketinggalan menilik bakat dari akademi ini.

Selain Gareth Bale, masih banyak pemain top dunia seperti, Alex Oxlade Chamberlain, Adam Lallana, dan Luke Shaw.

Bukan hanya itu klub utamanya pun sering sekali berhasil membuat pemain-pemain naik daun. Bek berusia 28 tahun milik Liverpool yaitu Virgil Van Dijk, merupakan salah satu pemain yang berhasil di angkat karirnya oleh Southampton.

7. Benfica

Akademi Sepak Bola Benfica
Akademi Terbaik Sepakbola

Bersama Sporting CP, akademi Benfica merupakan salah satu akademi terbaik dunia yang berasal dari Portugal. Nama-nama seperti Bernardo Silva, Joao Cancelo, Renato Sanches, Andre Gomes, dan Danilo Pereira merupakan pemain-pemain top yang berasal dari akademi ini.

Bahkan pemain muda yang berhasil mencuri perhatian dunia yaitu Joao Felix pun merupakan alumni dari akademi yang berdiri pada 28 Februari 1904 ini.

Selain itu ada kiper termahal milik Tim Nasional Brazil, Ederson Moraes dan Bek tangguh milik Manchester United, Victor Lindelof yang pernah bermain di tim muda Benfica.

6. AS Monaco Academy (AS Monaco)

AS Monaco Academy

Klub asal Prancis ini bernama La Turbie yang berhasil menghasilkan beberapa sepak bola berbakat. Pelatih yang sekarang, lebih banyak memainkan pemain hasil akademinya sendri dari pada harus membeli pemain.

Hasilnya Monaco pada tahun 2016/2017 berhasil mematahkan hegemoni tim terkuat Prancis saat ini PSG.

Berikut beberapa pemain dari jebolan akedemi AS Monaco yang menjadi salah satu pemain berkelas: Thierry Henry, Claude Puel, hingga pemain muda paling “hot” saat ini, Kylian Mbappe.

5. FC Bayern Junior (Bayern Munich)

FC Bayern Junior
AkademiTerbaik Sepakbola

Bukan rahasia umum lagi bahwa Bayern Muenchen merupakan penghasil pemain top dunia. Bahkan para pemain Tim nasional Jerman kebanyakan berasal dari akademi ini.

Berdiri pada 27 Februari 1900, sampai saat ini akademi Bayern Muenchen telah berhasil menciptkan pemain-pemain kelas atas dunia.

Sebut saja Philip Lahm, Toni Kross, Thomas Muller, Bastian Schweinsteiger, dan Mats Hummels merupakan jebolan terbaik milik akademi Bayern Muenchen.

Mereka berlima jugalah yang telah membantu Tim Nasional Jerman menjuarai Piala Dunia pada tahun 2014 dan membantai tuan rumah Brazil dengan skor 7-1.

4. Manchester United Reserves and Academy (Manchester United)

Manchester United Reserves and Academy

Walaupun saat ini United sedang mencari kembali jalur kemenangannya, United pernah menjadi tim yang ditakuti oleh semua tim di dunia.

Bahkan mantan pemain The Reds Devils, Dimitar Berbatov pernah berkata, “saat saya berada di United, kami mempunyai Ronaldo, Rooney, Ferdinand, dan Sir Alex. Bahkan saat lawan baru memasuki lapangan, mereka sudah mengakui kekalahannya”.

Kutipan tersebut menjadi salah satu bukti bahwa hebatnya Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Dengan begitu, bukan berarti United tim yang instan dalam mendapatkan pemain. Mereka terlebih dahulu melakukan pembinaan terhadap pemain muda.

Pemain sekelas David Beckham merupakan alumni dari akademi ini. Bahkan United mempunyai lulusan terbaik yang ada sampai saat ini dengan sebutan Class of ’92.

Class of ’92 diisi oleh pemain muda berbakat yang kemudian menjadi bintang seperti, David Beckham, Paul Scholes, Ryan Giggs, Gary Neville, Phil Neville, dan Nicky Butt.

Untuk pemain jebolan akademi setan merah yang saat ini sedang dipuncak karirnya seperti, Paul Pogba, Marcus Rashford, Jesse Lingard, dan Brandon Williams.

3. De Toekomst (Ajax Amsterdam)

Ajax Amsterdam Academy

Ajax merupakan tim papan atas Liga Belanda yang telah berhasil menjuarai Eredivisie sebanyak 34 kali dan menjadi tim terbanyak Belanda yang meraih gelar tersebut. Selain itu Ajax juga pernah merasakan juara Liga Champions sebanyak 4 kali.

Prestasi tersebut bukan begitu saja ada dalam tim Ajax Amsterdam, didikan dan pembinaan usia muda menjadi fokus utama tim yang bertempat di Amsterdam ini.

Pemain sekelas Johan Cryuff, Marco van Basten sampai Crisitian Eriksen merupakan hasil binaan dari tim yang berdiri sejak tanggal 18 Maret 1900.

Atau pemain muda yang saat ini tengah menjadi bahan perbincangan yaitu Matthijs De Ligt dan Frenkie De Jong merupakan alumni terbaik yang pernah menimba ilmu di Ajax.

Walaupun masih berusia muda, keduanya telah berhasil menembus tim utama Belanda dan kini mereka bermain untuk tim top Eropa Juventus dan Barcelona.

Berikut Jebolan akademi Ajax yang menjadi salah satu pemain terbaik:

  • Johann Cruyff
  • Wesley Sneijder
  • Van der Vaart, Suarez
  • Van der Sar
  • Bergkamp
  • Christian Eriksen
  • Toby Alderweireld
  • Jan Vertonghen
  • Frenkie de Jong
  • Matthijs de Ligt
  • Thomas Vermaelen
  • Daley Blind
  • Donny van de Beek
  • Quincy Promes
  • Justin Kluivert
  • Ryan Babel
  • Nigel de Jong

2. La Fabrica (Real Madrid)

La Fabrica

Kata yang sangat asing mungkin bagi kamu saat mendengar kata La Fabrica. Namun siapa sangka, inilah salah satu akademi sepakbola terbaik dunia milik Real Madrid yang tidak banyak dikenal orang.

Walaupun Real Madrid dikenal dengan sebutan Los Galacticos, yang selalu mendatangkan pemain-pemain bintang, namun tim yang bermarkas di ibukota Spanyol ini mempunyai pemain binaan sendiri yang tidak bisa di anggap sebelah mata.

Sebut saja Juan Mata Garcia, gelandang serang milik Manchester United ini merupakan alumni La Fabrica pada tahun 2003 dan kemudian dirinya berhasil menembus tim Castilla pada tahun 2006. Namun Mata tidak berhasil merebut hati Fabio Capello yang pada saat itu melatih Real Madrid.

Maka dari itu dirinya hijrah menuju Valencia pada awal musim 2007-2008. Disinilah Juan Mata menjelma menjadi Playmaker berbahaya milik Spanyol. Setelah itu Mata melanjutkan karirnya di Liga Inggris bersama Chelsea dan Manchester United.

Selain Juan Mata, La Fabrica juga berhasil mencetak pemain top lainnya, seperti Esteban Cambiasso, Saul Niguez, Marcos Alonso, Juanfran, dan Kiko Casilla. Namuni ironinya, pada musim 2019/2020 tidak ada satupun jebolan La Fabrica yang masuk ke tim utama El Real.

1. La Masia (Barcelona)

 La Masia
Akademi Terbaik SepakBola

Menjadi akademi terbaik Spanyol dan dunia, La Masia telah melahirkan pemain dengan peraih Ballon D’or terbanyak yaitu Lionel Messi.

Sejak tahun 2002, akademi ini telah mendapatkan kehormatan karena dijadikan akademi terbaik dunia yang ada pada saat ini. Akademi inilah yang menjadi penunjang berhasilnya FC Barcelona di pesepakbolaan internasional.

Pemain seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandes, dan Cesc Fabregas merupakan salah satu dari banyaknya pemain top dunia yang menjadi lulusan alumni La Masia.

Letaknya yang sangat dekat dengan Markas Barcelona (Camp Nou) menjadikan para pemain binaan La Masia mudah dilirik pelatih untuk di promosikan ke tim utama Barcelona.

Akademi ini sudah ada sejak tahun 1702 dan mengalami pembaruan pada tahun 1979, sehingga pemain yang berasal dari luar Spanyol tetap bisa ikut menimba ilmu di Akademi La Masia.

Akhir Kata

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa akademi sepakbola merupakan batu loncatan para pemain untuk menjadi pemain top dunia. Diatas merupakan beberapa akademi yang selalu berhasil menciptakan pemain-pemain berbakat untuk me-regenerasi tim utamanya.

Mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan untuk masuk ke salah satu akademi diatas, dan pastinya di iringi dengan doa dan usaha supaya kamu berhasil menjadi pemain profesional top dunia.

Sekian pembahasan dari kami, semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita seputar dunia sepakbola. Salam Olahraga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like